Cara Pendaftaran Jalur Mandiri ISBI Tanah Papua 2024/2025


Isbi-tanahpapua.ac.id - Cara Pendaftaran Jalur Mandiri ISBI Tanah Papua 2024/2025 - Menjelang tahun ajaran baru, masa kenaikan kelas dan melangkah ke jenjang lebih tinggi menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian siswa. Seperti para siswa yang pada tahun ini bersiap melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Sebagian besar para calon mahasiswa baru akan memilih universitas atau perguruan tinggi.

Maka dari itu wajib melakukan persiapan khusus. Mulai dari melakukan persiapan untuk ujian nasional, hingga mengikuti penyaringan atau penyeleksian mahasiswa baru di perguruan tinggi pilihan. SNMPTN misalnya, jalur penyeleksian ini menjadi jalur paling pertama diambil oleh siswa. Selain ikut dalam pendaftaran ISBI Tanah Papua dan perguruan tinggi populer lainnya, para siswa juga wajib melengkapi dan memenuhi syarat serta ketentuan yang berlaku. Baik pada penyeleksian SNMPTN, juga syarat dan ketentuan khusus dari pihak ISBI Tanah Papua.



Namun, bagi Anda yang ingin menjadi mahasiswa dari ISBI Papua, Anda tidak perlu mengikuti penyeleksian SNMPTN atau juga SBMPTN. Berbeda dengan penerimaan mahasiswa baru dengan jenis perguruan tinggi setara lain, pendaftaran ISBI Tanah Papua dapat Anda ikuti dengan mengunduh langsung formulir pendaftaran di situs resmi kampus. Berikut informasi lebih lengkap seputar penerimaan mahasiswa baru di ISBI Papua diserta informasi mengenai profil kampus secara singkat.


Profil Institut Seni Budaya Indonesia Tanah Papua

Perguruan tinggi ISBI atau Institut Seni Budaya Indonesia merupakan perguruan tinggi yang sudah berdiri sejak 8 Maret 2012. ISBI menjadi perguruan tinggi dengan program studi bidang seni dan budaya yang berdiri atas keputusan Menteri Kebudayaan dinaungi oleh Institut Seni Indonesia Denpasar (ISI Denpasar).

ISBI Tanah Papua ialah satu perguruan tinggi tergolong baru yang dibangun pasa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Satu dari dua belas perguruan tinggi baru pada saat itu. Kampus ISBI berlokasi di Jalan Raya Sentani KM 17,8, Expo Waena, Jayapura, Papua. Dengan tujuan utama mengembangkan dan memberdayakan potensi seni juga budaya masyarakat Papua, perguruan tinggi ini terus berdiri dengan sejumlah program studi dan jurusan.


Program Studi dan Jurusan ISBI Tanah Papua

Walau tergolong baru, perguruan tinggi Institut Seni Budaya Indonesia menawarkan program studi dan jurusan cukup banyak. Program studi dan jurusan tersebut terdiri dari:
  • Studi Seni Musik
  • Studi Seni Rupa Murni
  • Studi Kriya Seni
  • Studi Seni Tari
  • Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Semua program studi dan jurusan didukung dengan fasilitas serta layanan lengkap yang menunjang pembelajaran. Fasilitas tersebut di antaranya perpustakaan, laboratorium komputer, laboratorium seni tari, laboratorium seni musik, laboratorium kriya seni, laboratorium seni rupa murni, dana lain-lain.

Persyaratan

Seperti yang sudah disebutkan bahwa bagi para calon mahasiswa dan peserta tidak perlu mengikuti SNMPTN dan SBMPTN untuk mendaftarkan diri ke ISBI Tanah Papua, perguruan tinggi satu ini memiliki syarat dan ketentuan berbeda. Syarat pendaftaran ISBI Tanah Papua tertera di bawah ini:
  1. Calon mahasiswa atau peserta merupakan warga negara Republik Indonesia (WNI).
  2. Telah memiliki ijazah SMA/SMK/sederajat dan Surat Kelulusan (SKHU).
  3. Melampirkan 1 lembar fotokopi ijazah dan 1 lembar surat kelulusan yang telah dilegalisir resmi. Surat kelulusan di sini ialah surat keterangan lulus khususnya bagi yang sudah menempuh UAS/UAN.
  4. Melampirkan 2 lembar pas foto ukuran 3x4 dan 2 lembar pas foto ukuran 2x3.
  5. Melampirkan surat keterangan kesehatan dari Rumah Sakit berupa surat keterangan tidak buta warna bagi para calon mahasiswa dengan jurusan Seni Rupa dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Sementara bagi para calon mahasiswa dengan jurusan Seni Musik harus melampirkan surat keterangan kesehatan tidak tuli.

Jalur Mandiri ISBI Tanah Papua

Bila Anda ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Tanah Papua, Anda bisa mencoba seleksi jalur mandirinya yang dikelola langsung oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ISBI Tanah Papua. Syarat dan langkah-langkah pendaftarannya adalah sebagai berikut.
  1. Peserta lulusan SMA/ MA/ SMK/ MAK/ Sederajat yang bisa mendaftar kuliah di ISBI Tanah Papua adalah peserta yang sudah memiliki Ijazah atau SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional) atau SKL (Surat Keterangan Lulus) bagi peserta yang baru lulus dan belum memiliki Ijazah
  1. Pendaftaran dilakukan secara daring atau online melalui laman resmi portal pendaftaran Peneriman Mahasiswa Baru (PMB) Jalur Mandiri ISBI Tanah Papua di http://pmb.isbi-tanahpapua.ac.id 
  2. Setelah masuk ke dalam laman portal pendaftaran, klik tombol biru “Daftar” yang berada pada kanan atas laman
  3. Anda akan diarahkan pada laman PMB ISBI Tanah Papua yang memuat Formulir Pendaftaran 
  4. Isi formulir atau borang pendaftaran Anda dengan benar dan lengkap
  5. Selain mengisi formulir secara daring/ online, Anda juga bisa datang ke Gedung UPTD Taman Budaya, Kampus ISBI Tanah Papua di Jalan Raya Sentani KM 17,8, Expo Waena, Jayapura, untuk mengisi formulir pendaftaran di sana secara langsung. Harap menyerahkan formulir dan berkas-berkas pendaftaran lain yang diminta pada jam kerja serta sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan pihak panitia
  6. Setelah mengisi formulir, Anda akan mendapatkan Nomor Pendaftaran pada laman website tersebut. Cetak atau print Nomor Pendaftaran yang dimaksud. Sementara itu, bagi Anda yang langsung datang ke Kampus ISBI Tanah Papua, Anda juga akan mendapatkan Nomor Pendaftaran yang dimaksud dari Panitia Pendaftaran. Simpan baik-baik
Pembayaran
  1.  Membayar biaya pendaftaran masuk ke Bank yang telah ditentukan oleh Panitia PMB ISBI Tanah Papua yakni Bank BNI. 
  2. Jangan lupa untuk membawa hasil cetak Nomor Pendaftaran yang Anda dapatkan sebelumnya
 Login Kembali
  1. Masuk kembali ke laman resmi Seleksi Jalur Mandiri PMB ISBI Tanah Papua di http://pmb.isbi-tanahpapua.ac.id/pmb/  
  2. Masukkan username dan password pada kolom-kolom yang tampil pada laman. Username dan Password ini tercantum pada hasil cetak Nomor Pendaftaran Anda 
  3. Klik tombol “Login”untuk masuk ke akun pendaftaran Anda
  4. Lengkapi data-data yang diminta sistem pada portal pendaftaran
  5. Unggah pasfoto berwarna terbaru Anda 
  6. Unggah fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisir bagi yang sudah lulus. Atau SKHUN atau SKL bagi yang baru lulus dan belum memiliki Ijazah sebanyak satu lembar
  7. Pilih program studi yang Anda inginkan di ISBI Tanah Papua. Sebagai informasi, ada lima prodi untuk Strata 1 di ISBI Papua yakni Prodi Seni Musik, Prodi Seni Tari, Prodi Seni Rupa Murni, Prodi Seni Kriya serta Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV)
  8. Unggah Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit termasuk Surat Keterangan Tidak Buta Warna bagi peserta yang memilih Program Studi Seni Rupa
  9. Unggah Surat Keterangan Tidak Tuli dari Rumah Sakit bagi peserta yang mendaftar Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV)

Cetak Kartu dan Ikuti Ujian

  1. Setelah melengkapi semua data pendaftaran Anda, laman akan menampilkan Kartu Ujian. Cetak Kartu Ujian tersebut
  2. Ikuti ujian Seleksi Mandiri ISBI Tanah Papua yang jadwalnya sudah tertera pada Kartu Ujian yang Anda cetak  
  3. Jenis tes Jalur Mandiri yang akan diadakan diantaranya adalah tes wawancara dan portofolio. Bagi Anda yang sudah pernah mengikuti pelatihan atau perlombaan, harap membawa sertifikat atau bukti pelatihan atau perlombaan yang pernah Anda ikuti sebelumnya.
  4. Waktu dan tanggal tes-nya bisa dilihat langsung pada https://pmb.isbi-tanahpapua.ac.id/home/jadwal 
Pengumuman
  1. Cek pengumuman kelulusan Anda pada laman web resmi Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri ISBI Tanah Papua di https://isbi-tanahpapua.ac.id


Pada jadwal untuk pendaftaran ISBI Tanah Papua terbaru sudah mulai dibuka awal tahun hingga pertengahan tahun. Anda yang memilih jurusan khusus yaitu DKV, lebih baik pahami bahwa Anda harus menyiapkan perangkat komputer sendiri yang menunjang pembelajaran kuliah. Anda akan diberi formulir khusus (ada pada formulir pendaftaran) sebagai pernyataan ketersediaan menyediakan perangkat komputer sendiri. Jangan lupa juga baca lebih detail pada formulir pendaftaran.

Memutuskan berkuliah di ISBI Tanah Papua atau pun perguruan tinggi dengan program studi sejenis menjadi suatu hal yang penuh tantangan. Apalagi bila Anda baru saja yakin kalau memiliki bakat atau pun passion terhadap seni. Mulai dari seni rupa, seni tari, seni musik, dan lain-lain. Pemilihan kampus atau perguruan tinggi sebagai tempat menimbal ilmu adalah tugas yang harus diselesaikan dengan tepat.

Dilengkapi dengan memenuhi bakat dan passion. Anda bisa cek nilai akreditasi maisng-masing jurusan atau program studi setiap perguruan tinggi. Begitu juga dengan ISBI. Semoga ulasan singkat seputar pendaftaran ISBI Tanah Papua di atas bermanfaat.