3 Jalur Pendaftaran Beasiswa KIP KULIAH 2024/2025


3 Jalur Pendaftaran Beasiswa KIP KULIAH 2024/2025 - Selalu ada yang menarik apabila kita membahas mengenai beasiswa terutama untuk beasiswa kip kuliah seringkali kip kuliah disebut sebagai beasiswa sejuta umat karena setiap tahun tidak tanggung-tanggung ada ratusan ribu peserta yang ikut berpartisipasi mendaftar, meski yang lulus berbanding terbalik, hanya sebagian kecil saja yang memenuhi syarat dan lulus.

Perlu diingat bahwa beasiswa kip kuliah merupakan salah satu beasiswa untuk siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, hal ini dapat dibuktikan dari gaji orang tua, atau tagihan pln perbulan, Kemenristekdikti akan melakukan verifikasi ketat bagi siapa saja yang ikut mendaftar kip kuliah termasuk survei secara langsung kandidat calon peserta untuk memastikan data yang di ajukan benar apa adanya.





Sayangnya masih banyak yang belum memahami secara pasti seperti apa kip kuliah, terutama bagi siswa dan guru yang ada di pedesaan, padahal salah satu target beasiswa kip kuliah dapat menembus batas ke pedesaan untuk mencari para peserta yang dianggap layak. Banyak guru yang menganggap bahwa beasiswa kip kuliah bukan sepenuhnya beasiswa kurang mampu bahkan sebagian menggap beasiswa ini hanya sebagai beasiswa prestasi.

Hasilnya dari siswa yang kurang mampu ingin mendaftar tidak jadi karena takut apabila sudah masuk ternyata beasiswa kip kuliah hanya memberi uang bayaran saja dan tidak menjamin uang perbulan. inilah terkadang yang menjadi kesalahan karena sesungguhnya tidak seperti itu. Kami pertegas bahwa beasiswa kip kuliah merupakan beasiswa yang ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi namun tidak ada biaya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri.

Melalui beasiswa ini pemerintah akan memberikan bantuan berupa biaya hidup, uang buku, sampai dengan biaya UKT, bisa dibilang beasiswa kip kuliah sebagai salah satu beasiswa yang memberikan fasilitas full beasiswa. Hanya saja masih terdapat beberapa fakta yang menarik dilapangan sebab tidak semua penerima beasiswa kip kuliah mendapatkan beasiswa 100 persen, mengapa demikian ?.

Kita ambil contoh beberapa tahun kebelakang ada beberapa siswa yang berhasil lulus beasiswa kip kuliah di salah satu IAIN dan UIN yang ada di Indonesia hanya saja ia menerima beasiswa kip kuliah 6 bulan sekali besaran biaya yang dikeluarkan hanya cukup membayar UKT, sementara siswa yang lain berhasil lulus di Universitas Negeri di Indonesia mendapatkan beasiswa ini full selama perbulan.

Hanya saja pihak kampus membatasi penarikan dana beasiswa dari rekening maksimal dibawah satu juta setiap hari tidak boleh lebih. Mengapa beasiswa sama namun berbeda seperti, semua itu dikembalikan pada sistem seleksi yang diikuti kemudian kembali kepada kampus masing-masing dimana setiap kampus memiliki ketentuan yang ada. 

Beasiswa kip kuliah bersifat netral dapat diikuti oleh semua jalur masuk baik negeri maupun swasta, hanya saja untuk sistem seleksi khusus perguruan tinggi keagamaan islam negeri tidak semua bisa mengusul beasiswa kip kuliah, hanya UIN dan IAIN yang tertera pada PTN dan seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN saja yang bisa di daftar beasiswa kip kuliah.

Sisanya STAIN IAIN dan UIN mengikuti aturan dari kementerian agama bisa dibilang terpisah jadi apabila ingin mengusulkan beasiswa khusus kampus agama islam bisa dari beasiswa Kemenag, hanya saja kali ini fokus kita pada pembahasan beasiswa kip kuliah, seperti yang telah disinggung diatas bahwa beasiswa kipkuliah bersifat netral, ada beberapa jalur masuk yang terverifikasi dapat diikuti jalur beasiswa kip kuliah diantaranya.


Jalur SNBP

Jalur SNBP menjadi yang pertama diadakan, seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri ini merupakan salah satu jalur PTN yang menggukan sistem undangan, yang membedakan antara SNBP reguler dan SNBP kip kuliah adalah verifikasi otomatis, Proses pendaftaran untuk beasiswa kip kuliah tahap awal dilakukan oleh sekolah melalui situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ kandidat calon penerima beasiswa dipilih langsung oleh sekolah.

Setelah melalui proses yang sangat panjang baru kemudian siswa akan tersingkronisasi kip kuliah digunakan sebagai verifikasi saat mendaftar SNBP https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Syarat kedua agar bisa berjalan lancar harus masuk dalam pilihan sekolah kita tidak bisa mendaftar sendiri, seandainya bisa mengusulkan sendiri perlu proses yang cukup panjang.
  1. Mendaftar ke situs resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ 
  2. Memiliki kartu KIP.
  3. Memilih jalur SNMPTN sebagai seleksi KIP Kuliah.
  4. Mendaftar akun SNBP
  5. Melengkapi data dan selesaikan proses pendaftaran.
  6. Melakukan verifikasi sebagai peserta Beasiswa KIP Kuliah

Jalur SNBT.

SNBT adalah jalur tertulis seleksi perguruan tinggi negeri, kelebihan dari jalur ini adalah peserta tidak perlu harus menggu sebab bisa mendaftar secara mandiri, termasuk saat mendaftar beasiswa kip kuliah, walaupun harus tetap berkordinasi dengan sekolah, jalur masuk ini lebih memberikan kebebasan dan pelaung terutama untuk peserta yang tidak bisa mengikuti jalur undangan, selain itu peserta kip kuliah yang gagal jalur undangan bisa ikut kembali jalur ini, pendaftaran dilaksanakan melakui situs https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/. Pelaksanaan pendaftaran dilakukan setelah pengumuman SNBP dilakukan.
  1. Mendaftar melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. Setiap peserta wajib memiliki KIP.
  3. Memilih jenis seleksi SBMPTN pada KIP Kuliah.
  4. Mendaftar di situs SNBP
  5. Verifkasi sebagai peserta Beasiswa KIP Kuliah di situs SNBP


Jalur Mandiri PTS.

Kabar baiknya adalah Beasiswa kip kuliah tidak hanya diperuntukan bagi kampus negeri saja tetapi kampus swasta ternama juga ada, melalui jalur masuk mandiri PTS kalian bisa mendaftar kip kuliah, terlebih dahulu kalian harus mendaftar kip kuliah kemudian memilih salah satu PTS yang terdaftar kip kuliah selanjutnya mendaftar seperti biasanya, kabar buruknya adalah tidak semua PTS terdaftar sebagai peserta kip kuliah, hanya beberapa kampus PTS ternama saja. Untuk proses pendaftaran silahkan kunjungi masing-masing situs resmi.
  1. Untuk proses pendaftaran beasiswa KIP kuliah di PTS berbeda dengan kebanyakan jalur masuk sebelumnya.
  2. Proses pendaftaran dan seleksi KIP Kuliah tidak serentak, banyak PTS yang membuat tes sendiri untuk menyaring mahasiswa yang berhak mendapatkan KIP Kuliah.
  3. Namun ada juga PTS yang mewajibkan melakukan pendaftaran https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ dan memilih jenis seleksi prestasi di PTS yang bersangkutan. 
  4. Jika Akreditasi PTS A biasanya proses pendaftaran KIP Kuliah sama seperti biasa mendaftar KIP Kuliah kemudian Mendaftar Jalur Masuk PTS.
  5. Untuk kampus yang lainnya biasanya mewajibkan peserta untuk menjadi mahasiswa terlebih dahulu di PTS, selanjutnya baru mengikuti tes beasiswa KIP Kuliah secara terpisah.
  6. Sebelum mendaftar ke PTS sebaiknya langsung tanyakan ke kampus yang bersangkutan supaya proses pendaftaran KIP Kuliah tidak salah.

Itulah beberapa jalur masuk yang bisa kalian ikuti apabila kalian ingin mendapatkan beasiswa kip kuliah, hanya saja untuk bisa mendapatkan beasiswa ini harus melalui proses yang panjang dan seleksi ketat karena pemerintah tidak ingin beasiswa yang menghabiskan banyak uang negera tidak tepat sasaran, sebab masih banyak dari kasus tahun sebelumnya yang memalsukan data demi mendapatkan beasiswa ini.

Beasiswa ini diperuntukan untuk yang kurang mampu namun memiliki prestasi, jangan sampai kita yang hidup berkecukupan ikut beasiswa ini, kita dapat mengukur diri sendiri apakah kita layak dan memenuhi syarat sebagai penerima atau tidak, semua lebih kepada kesadaran diri. Karena tidak semua orang beruntung. Sebaliknya apabila kalian merasa bahwa beasiswa ini adalah jalan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi maka perlu dikejar.

Selain dari beasiswa kip kuliah saat ini perguruan tinggi di Indonesia pro terhadap kurang mampu, melalui pola UKT ada tahapan downgrade UKT dimana jika tidak mampu akan dikenakan biaya UKT bahkan hanya 500 rb perbulan, jadi ada banyak cara untuk bisa tetap kuliah meski tidak mendapatkan beasiswa yang terpenting sekarang ini, ada kemauan. Jika kalian merasa bahwa Beasiswa kip kuliah adalah solusi yang tepat mulailah untuk mendaftar sekarang berikut cara lengkap untuk mendaftar Beasiswa kip kuliah.


Terima kasih harap baca dengan cermat dan bila perlu catat hal yang penting, tahun ini merupakan kesempatan pertama dan mungkin terakhir untuk merekomendasikan siswa agar bisa mendapatkan beasiswa kip kuliah semoga sukses dan berhasil sampai jumpa di postingan lainnya terima kasih selamat mencoba.