Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Ristekdikti.go.id Januari - September 2018/2019

Bidikmisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id - Cara Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Ristekdikti.go.id  2018/2019 Januari - September - Selalu ada yang menarik apabila kita membahas mengenai beasiswa terutama untuk beasiswa bidik misi, seringkali bidik misi disebut sebagai beasiswa sejuta umat karena setiap tahun tidak tanggung-tanggung ada ratusan ribu peserta yang ikut berpartisipasi mendaftar, meski yang lulus berbanding terbalik, hanya sebagian kecil saja yang memenuhi syarat dan lulus.

Perlu diingat bahwa beasiswa bidik misi merupakan salah satu beasiswa untuk siswa berprestasi dari keluarga kurang mampu, hal ini dapat dibuktikan dari gaji orang tua, atau tagihan pln perbulan, Kemenristekdikti akan melakukan verifikasi ketat bagi siapa saja yang ikut mendaftar bidik misi termasuk survei secara langsung kandidat calon peserta untuk memastikan data yang di ajukan benar apa adanya.



Sayangnya masih banyak yang belum memahami secara pasti seperti apa Bidik Misi, terutama bagi siswa dan guru yang ada di pedesaan, padahal salah satu target beasiswa bidik misi dapat menembus batas ke pedesaan untuk mencari para peserta yang dianggap layak. Banyak guru yang menganggap bahwa beasiswa bidik misi bukan sepenuhnya beasiswa kurang mampu bahkan sebagian menggap beasiswa ini hanya sebagai beasiswa prestasi.

Hasilnya dari siswa yang kurang mampu ingin mendaftar tidak jadi karena takut apabila sudah masuk ternyata beasiswa bidik misi hanya memberi uang bayaran saja dan tidak menjamin uang perbulan. inilah terkadang yang menjadi kesalahan karena sesungguhnya tidak seperti itu. Kami pertegas bahwa beasiswa bidik misi merupakan beasiswa yang ditujukan bagi siswa yang memiliki prestasi namun tidak ada biaya untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri.

Melalui beasiswa ini pemerintah akan memberikan bantuan berupa biaya hidup, uang buku, sampai dengan biaya UKT, bisa dibilang beasiswa Bidik misi sebagai salah satu beasiswa yang memberikan fasilitas full beasiswa. Hanya saja masih terdapat beberapa fakta yang menarik dilapangan sebab tidak semua penerima beasiswa bidik misi mendapatkan beasiswa 100 persen, mengapa demikian ?.

Kita ambil contoh beberapa tahun kebelakang ada beberapa siswa yang berhasil lulus beasiswa bidik misi di salah satu IAIN dan UIN yang ada di Indonesia hanya saja ia menerima beasiswa bidik misi 6 bulan sekali besaran biaya yang dikeluarkan hanya cukup membayar UKT, sementara siswa yang lain berhasil lulus di Universitas Negeri di Indonesia mendapatkan beasiswa ini full selama perbulan.

Hanya saja pihak kampus membatasi penarikan dana beasiswa dari rekening maksimal dibawah satu juta setiap hari tidak boleh lebih. Mengapa beasiswa sama namun berbeda seperti, semua itu dikembalikan pada sistem seleksi yang diikuti kemudian kembali kepada kampus masing-masing dimana setiap kampus memiliki ketentuan yang ada. 

Beasiswa bidik misi bersifat netral dapat diikuti oleh semua jalur masuk baik negeri maupun swasta, hanya saja untuk sistem seleksi khusus perguruan tinggi keagamaan islam negeri tidak semua bisa mengusul beasiswa bidik misi, hanya UIN dan IAIN yang tertera pada PTN dan seleksi seperti SNMPTN dan SBMPTN saja yang bisa di daftar beasiswa bidik misi.

Sisanya STAIN IAIN dan UIN mengikuti aturan dari kementerian agama bisa dibilang terpisah jadi apabila ingin mengusulkan beasiswa khusus kampus agama islam bisa dari beasiswa Kemenag, hanya saja kali ini fokus kita pada pembahasan beasiswa bidik misi, seperti yang telah disinggung diatas bahwa beasiswa bidik misi bersifat netral, ada beberapa jalur masuk yang terverifikasi dapat diikuti jalur beasiswa bidik misi diantaranya.


Jalur SNMPTN

Jalur SNMPTN menjadi yang pertama diadakan, seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri ini merupakan salah satu jalur PTN yang menggukan sistem undangan, yang membedakan antara SNMPTN reguler dan SNMPTN bidik misi adalah verifikasi PIN dan KAP, Proses pendaftaran untuk beasiswa bidik misi tahap awal dilakukan oleh sekolah melalui situs https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id kandidat calon penerima beasiswa dipilih langsung oleh sekolah.

Setelah melalui proses yang sangat panjang baru kemudian siswa diberikan PIN dan KAP Bidik Misi digunakan sebagai verifikasi saat mendaftar SNMPTN melalui situs https://web.snmptn.ac.id/. Syarat kedua agar bisa berjalan lancar harus masuk dalam pilihan sekolah kita tidak bisa mendaftar sendiri, seandainya bisa mengusulkan sendiri perlu proses yang cukup panjang.


Jalur PMDK PN.

PMDK PN memang tidak sepopuler SNMPTN yang perlu diketahui jalur masuk ini memiliki pola yang sama dengan jalur SNMPTN hanya saja di khususkan untuk Politeknik Negeri, bagi mereka yang ingin mengambil pendidikan jenjang D1-D4 dapat mengikuti seleksi ini PMDK sendiri merupakan seleksi undangan politkenik negeri yang ada di Indonesia, seperti yang telah dibahas bahwa jalur ini bisa diikuti oleh siswa yang dipilih langsung oleh sekolah. Pendaftaran PMDK dilaksanakan melalui situs resmi http://pmdk.politeknik.or.id/.


Jalur SBMPTN.

SBMPTN adalah jalur tertulis seleksi perguruan tinggi negeri, kelebihan dari jalur ini adalah peserta tidak perlu harus menggu sebab bisa mendaftar secara mandiri, termasuk saat mendaftar beasiswa bidik misi, walaupun harus tetap berkordinasi dengan sekolah, jalur masuk ini lebih memberikan kebebasan dan pelaung terutama untuk peserta yang tidak bisa mengikuti jalur undangan, selain itu peserta bidik misi yang gagal jalur undangan bisa ikut kembali jalur ini, pendaftaran dilaksanakan melakui situs sbmptn.ac.id. Pelaksanaan pendaftaran dilakukan setelah pengumuman SNMPTN dilakukan.


Jalur Mandiri PTN

Jika kalian ternyata belum ada rejeki lulus Bidik Misi dari jalur nasional jangan berkecil hati harena ternyata Bidik Misi bisa diikuti oleh peserta melalui jalur Mandiri PTN, biasanya dikenal dengan istilah USM, PMB, ataupun Ujian Mandiri PTN, hanya saja tidak semua jalur mandiri PTN yang ada di Indonesia membuka beasiswa bidik misi, hanya sebagian besar saja, seperti contoh UI, IPB, UNPAD dan lainnya, sementara untuk Jalur Mandiri PTN seperti UNSRI belum semuanya membuka Bidik Misi begitu juga kampus lainnya. Untuk mendaftar kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah kampus tujuan anda terdaftar beasiswa bidik misi atau tidak. silahkan kunjungi situs resmi masing-masing PTN untuk proses pendaftaran lebih lanjut.


Jalur UMPN

UMPN merupakan jalur seleksi tertulis yang bisa diikuti apabila anda ingin kuliah di salah satu politeknik negeri yang ada di Indonesia mekanisme seleksi jalur ini mirip dengan SBMPTN perbedaan adalah pilihan kampusnya saja, jalur ini terverifikasi seleksi Bidik Misi jadi jika kalian yang ingin mendapatkan beasiswa Bidik Misi bisa ikut jalur ini, pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi masing-masing Politeknik Negeri di Indonesia.


Jalur Mandiri PTS.

Kabar baiknya adalah Beasiswa Bidik Misi tidak hanya diperuntukan bagi kampus negeri saja tetapi kampus swasta ternama juga ada, melalui jalur masuk mandiri PTS kalian bisa mendaftar bidik misi, terlebih dahulu kalian harus mendaftar bidik misi kemudian memilih salah satu PTS yang terdaftar Bidik Misi selanjutnya mendaftar seperti biasanya, kabar buruknya adalah tidak semua PTS terdaftar sebagai peserta Bidik Misi, hanya beberapa kampus PTS ternama saja. Untuk proses pendaftaran silahkan kunjungi masing-masing situs resmi.


Itulah beberapa jalur masuk yang bisa kalian ikuti apabila kalian ingin mendapatkan beasiswa bidik mis, hanya saja untuk bisa mendapatkan beasiswa ini harus melalui proses yang panjang dan seleksi ketat karena pemerintah tidak ingin beasiswa yang menghabiskan banyak uang negera tidak tepat sasaran, sebab masih banyak dari kasus tahun sebelumnya yang memalsukan data demi mendapatkan beasiswa ini.

Beasiswa ini diperuntukan untuk yang kurang mampu namun memiliki prestasi, jangan sampai kita yang hidup berkecukupan ikut beasiswa ini, kita dapat mengukur diri sendiri apakah kita layak dan memenuhi syarat sebagai penerima atau tidak, semua lebih kepada kesadaran diri. Karena tidak semua orang beruntung. Sebaliknya apabila kalian merasa bahwa beasiswa ini adalah jalan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi maka perlu dikejar.

Selain dari beasiswa bidik misi saat ini perguruan tinggi di Indonesia pro terhadap kurang mampu, melalui pola UKT ada tahapan downgrade UKT dimana jika tidak mampu akan dikenakan biaya UKT bahkan hanya 500 rb perbulan, jadi ada banyak cara untuk bisa tetap kuliah meski tidak mendapatkan beasiswa yang terpenting sekarang ini, ada kemauan. Jika kalian merasa bahwa Beasiswa Bidik Misi adalah solusi yang tepat mulailah untuk mendaftar sekarang berikut cara lengkap untuk mendaftar Beasiswa Bidik Misi.


Pendaftaran Sekolah

Ada kabar baik tahun ini pendaftaran beasiswa bidik misi dimulai dari bulan Januari sampai dengan bulan September bisa dibilang akan berlangsung hampir sepanjang tahun, itu berarti sekolah memiliki kesempatan yang besar untuk merekomendasikan siswa yang layak dengan waktu yang lebih lama, bahkan jika semua peserta yang memenuhi syarat mendaftar bidik misi, bisa disebar dari semua jalur masuk yang tersedia, tidak hanya menumpuk ada satu jalur masuk saja.

Proses pendaftaran awal merupakan wewenang sekolah terutama untuk jalur masuk SNMPTN dan PMDK PN sisanya seperti SBMPTN, UMPN, Mandiri PTN dan Mandiri PTS bersifat netral, bisa dilakukan oleh siswa sendiri atau dibantu sekolah. Namun sejauh pengalaman kami ikuti membantu siswa mendaftar Bidik Misi, sebaiknya dibantu oleh sekolah pengusulan beasiswa bidik misi ini tergolong sulit karena ada banyak sekali berkas yang harus disiapkan untuk mengusulkan calon penerima beasiswa bidik Misi.

Itu belum termasuk apabila nanti lulus bidik misi, seperti data lengkap keluarga sampai dengan kondisi ekonomi, tempat tinggal dan semua hal berkaitan dengan kehidupan siswa yang akan menerima beasiswa harus di entri, sebaiknya jika ada siswa yang mendaftar sendiri diberikan pendampingan, dikwatirkan akan ada data yang salah, Ini merupakan kesempatan besar bagi sekolah untuk merekomendasikan siswa sebanyak-banyaknya namun masih dalam katagori memenuhi syarat. Semenara bagi siswa harus menunggu atau melakukan kordinasi ke sekolah masing-masing sampai PIN dan KAP keluar.


Pendaftaran Siswa.

Apabila proses awal sudah dilalui biasanya jika tidak mengalami perubahan hasil pendaftaran Beasiswa Bidik Misi akan ditandai dengan bukti pendaftaran disertai nomor pendaftaran dan PIN dan KAP nantinya siswa harus mendaftar secara sendiri atau dibantu sekolah setelah mendapatkan bukti tersebut, yang membedakan adalah saat mengisi biodata pendaftaran seperti jalur SNMPTN, SBMPTN, PMDK PN, UMPN, Jalur Mandiri PTN, Jalur Mandiri PTS, verifikasi pendaftaran sebagai peserta Bidik Misi, sisanya seperti normal pada umumnya,  Kemudian finalisasi dan cetak bukti pendaftaran.


Bagi siswa yang ikut jalur Undangan harap menunggu sampai pengumuman dilakukan namun jika ikut jalur tertulis harus melalui tahapan pendaftaran dan pembayaran biaya pendaftaran sampai dengan seleksi tertulis harus diikuti semua, barulahnya apabila hasil sudah keluar berarti tinggal melengkapi berkas dan melakukan pendaftaran ulang sampai pada proses ini kalian sudah selesai.


Dari berapa informasi yang sudah di jelaskan dapat didisimpulkan bahwa ada beberapa website penting yang digunakan untuk mendaftar seperti website resmi Pendaftaran bagi Sekolah dan Siswa Bidik Misi adalah https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/ sementara untuk SNMPTN melalui PDSS.snmptn.ac.id dan web.snmptn.ac.id untuk SBMPTN silahkan kunjungi SBMPTN.ac.id dan Pendaftaran.SBMPTN.ac.id sementara untuk untuk PMDK PN dapat diakses melalui PMDK.Politeknik.or.id dan untuk UMPN Jalur Mandiri PTN dan jalur Mandiri PTS dapat mengunjungi situs resmi dari masing-masing kampus.

Terima kasih harap baca dengan cermat dan bila perlu catat hal yang penting, tahun ini merupakan kesempatan pertama dan mungkin terakhir untuk merekomendasikan siswa agar bisa mendapatkan beasiswa bidik misi semoga sukses dan berhasil sampai jumpa di postingan lainnya terima kasih selamat mencoba.