4 Cara Mendaftar Online SNBP TA 2025/2026


4 Cara Mendaftar Online SNBP TA 2025/2026 - Memasuki tahun yang baru, banyak hal ikut berganti dan mengharuskan kita melakukan persiapan, salah satunya ialah ketika memasuki tahun ajaran baru. Tahun ajaran baru dapat berupa kenaikan kelas atau juga melangkah ke jenjang lebih tinggi seperti melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi. 

Sebagian besar para calon mahasiswa baru yang bersiap memilih universitas atau perguruan tinggi idaman tentunya akan melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari persiapan mengikuti ujian nasional, hingga penyaringan mahasiswa perguruan tinggi. Bagi Anda yang berencana dan memilih melanjutkan pendidikan di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), langkah awal yang dapat diambil adalah mengikuti cara mendaftar.
 


Seleksi Nasional Berbasis Prestasi merupakan tahap penyeleksian untuk dapat masuk seluruh PTN di Indonesia. Biasanya penyeleksian ini diselenggarakan pada awal tahun sekitar Bulan Januari hingga awal Bulan Maret. Jadwal penyelenggaraan berbeda setiap waktu, tergantung pada jadwal kurikulum, Anda bisa cek jadwalnya melalui sekolah atau juga website resmi SNBP. 

Siswa selaku peserta mendaftar melalui sekolah atau pihak sekolah yang telah ditugaskan pada website resmi SNBP di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ untuk  mendapatkan password resmi peserta.
 
 
Registrasi akun
  • Kunjungi situs resmi https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Klik menu Daftar Disini
  • Isi Form Online
  • Pilih menu SNBP
  • Verifikasi dan Finalisasi
Pendaftaran 
  • Lengkapi proses pendaftaran di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ dengan mengisi data diri berupa Biodata Peserta, 
  • Pilihan Perguruan Tinggi Negeri, 
  • Pilihan Program Studi, 
  • mengunggah pasfoto terbaru resmi, serta dokumen tambahan seperti dokumen prestasi jika memiliki.
  • Khusus Anda sebagai peserta SNBP dengan jurusan atau prestasi olahraga dan seni, wajib mengunggah portfolio berupa bukti keterampilan secara sah.
Cetak Kartu
  • Mencetak kartu resmi yaitu Kartu Bukti Pendaftaran.

Pengumuman

  • Hasil akhir kelulusan akan diumumkan melalui situs resmi https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/
  • Masukan nomor peserta dan tanggal lahir klik lihat hasil. 


Informasi Tambahan Seputar

Anda yang ingin mendaftar sebagai peserta tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun atau gratis. Berapa jumlah PTN dan Program studi yang boleh dicantumkan sebagai pilihan? Setiap peserta maksimal memilih 2 PTN pilihan dan 2 Program Studi pilihan dengan syarat salah satu PTN wajib berada di satu daerah yang sama dengan sekolah asal (apabila memasukan 2 pilihan PTN). Pilihan peserta terhadap PTN dan Program Studi bersifat relavan, ditentukan oleh masing-masing PTN, serta urutan pilihannya pun berdasarkan prioritas. 

Anda bisa mendapatkan informasi seputar kuota penerimaan mahasiswa baru dan program studi setiap PTN di https://snbp.bppp.kemdikbud.go.id/. Lalu, apa perbedaan dari SNBP dengan SNBT? Anda yang telah lulus tahap penyeleksian SNBP, tidak perlu lagi mengikuti penyeleksian SNBT. Merupakan Seleksi Nasional Berbasis Tes. SNBT bisa menjadi pilihan kedua jika Anda tidak lulus pada tahan penyeleksian.


Tips Mengikuti SNBP

Tentu saja dalam hal persaingan, penyeleksian begitu keras dan ketat. Karena Anda bersaing dengan seluruh peserta dari semua daerah di Indonesia. Selain itu peluangnya pun berbeda-beda setiap sekolah, disertai dengan persyaratan standar yang dipasang setiap PTN juga beragam. Ini dia sedikit tips agar memiliki peluang lebih besar lulus.
  • Persiapkan dari sejak awal. Bahkan kalau bisa sejak Anda baru masuk ke bangku SMA. Genjot prestasi dan nilai akademis setinggi mungkin. Kalau Anda memang ingin menonjolkan prestasi non-akademis, pastikan prestasi tersebut masuk dalam prestasi yang diperhitungkan.
  • Memahami ketentuan  dan jadwal penyeleksiannya.
  • Fokus dengan PTN dan Program Studi Pilihan. Anda harus sudah paham dan tahu mengenai PTN dan Program Studi yang akan Anda pilih.
  • Aktif bertanya pada pihak sekolah.
Itu dia ulasan tentang informasi dan bagaimana cara mendaftar setiap tahunnya. Semoga Informasi yang telah kami berikan bisa bermanfaat, Proses pendaftaran akan berlangsung melalui online sesuai dengan uraian diatas semoga bisa menjadi petunjuk terima kasih pastikan anda terus update review pendaftaran lainnya.