Langkah Cara Mendaftar SNMPTN 2018/2019

SNMPTN.ac.id - Informasi dan Langkah Cara Mendaftar SNMPTN 2018/2019 simak Pendaftaran SNMPTN Memasuki tahun yang baru, banyak hal ikut berganti dan mengharuskan kita melakukan persiapan, salah satunya ialah ketika memasuki tahun ajaran baru. Tahun ajaran baru dapat berupa kenaikan kelas atau juga melangkah ke jenjang lebih tinggi seperti melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi. 

Sebagian besar para calon mahasiswa baru yang bersiap memilih universitas atau perguruan tinggi idaman tentunya akan melakukan sejumlah persiapan. Mulai dari persiapan mengikuti ujian nasional, hingga penyaringan mahasiswa perguruan tinggi. Bagi Anda yang berencana dan memilih melanjutkan pendidikan di PTN (Perguruan Tinggi Negeri), langkah awal yang dapat diambil adalah mengikuti cara mendaftar SNMPTN.



SNMPTN atau singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan tahap penyeleksian untuk dapat masuk seluruh PTN di Indonesia. Biasanya penyeleksian ini diselenggarakan pada awal tahun sekitar Bulan Januari hingga awal Bulan Maret. Jadwal penyelenggaraan SNMPTN berbeda setiap waktu, tergantung pada jadwal kurikulum, Anda bisa cek jadwalnya melalui sekolah atau juga website resmi SNMPTN. 

Apa saja yang harus dilakukan dan langkah dalam mendaftarkan diri mengikuti SNMPTN? Pertama, Anda harus memahami dulu bahwa SNMPTN berbeda dengan SBMPTN. SNMPTN ialah tahap penyeleksian yang penilaiannya dilihat berdasarkan nilai rapor, nilai hasil ujian nasional, prestasi akademis, akreditasi sekolah, dan lain-lain. Jadi, Anda tidak perlu mengikuti tes ujian tertulis seperti SBMPTN.


Berikut cara mendaftar SNMPTN yang bisa Anda ikuti:

1. Langkah awal ialah pastikan sekolah Anda termasuk dalam sekolah yang memiliki NPSN (Nomer Pokok Sekolah Nasional). Anda juga wajib merupakan pelajar/siswa resmi yang memiliki NISN (Nomer Induk Siswa Nasional).

2. Mengikuti syarat dan ketentuan yang telah diberlakukan oleh PTN bersangkutan atau pilihan Anda.

3. Memiliki prestasi unggul, memiliki nilai rata-rata rapor Semester 1 sampai Semester 5 dengan masa belajar 3 tahun (untuk siswa SMA/MA/SMK/Sederajat) atau rapor Semester 1 sampai Semester 7 dengan masa belajar 4 tahun (untuk siswa SMK tertentu) memenuhi standar, serta rekam jejak prestasi akademis dalam PDSS.

4. Mengisi PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) dengan lengkap dan benar.

5. Memenuhi persyaratan pendaftaran SNMPTN yaitu: Siswa berprestasi, masuk dalam peringkat terbaik di sekolah, bersekolah di sekolah dengan akreditasi baik. Masing-masing sekolah memiliki peluang berbeda berdasarkan akreditasi sekolah.
  • Akreditasi A, dengan 50% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi B, dengan 30% terbaik di sekolahnya.
  • Akreditasi C, dengan 10% terbaik di sekolahnya.
  • Belum terakreditasi, dengan 5% terbaik di sekolahnya.
Pemeriksaan dan penempatan peserta SNMPTN yang disesuaikan dengan akreditasi sekolah dan peringkat terbaik dilakukan oleh Panitia Pusat (Resmi) berdasarkan data PDSS.
  • Mempunyai Nomer Induk Siswa Nasional (NISN) dan telah terdaftar pada PDSS.
  • Memiliki nilai rapor lengkap dari Semester 1 hingga Semester 5 atau Semester 1 hingga Semester 7.
  • Memenuhi persyaratan PTN pilihan.
6. Siswa selaku peserta mendaftar melalui sekolah atau pihak sekolah yang telah ditugaskan pada website resmi SNMPTN di http://pdss.snmptn.ac.id untuk  mendapatkan password resmi peserta.

7. Melakukan verifikasi bersama pihak sekolah yang ditugaskan dengan mengisi daftar prestasi dan rekam jejak akademis dengan benar serta tepat. Sebab semua data yang telah diisi dan didaftarkan dianggap benar ketika masa verifikasi berakhir.

8. Lengkapi proses pendaftaran di http://www.web.snmptn.ac.id dengan mengisi data diri berupa Biodata Peserta, Pilihan Perguruan Tinggi Negeri, Pilihan Program Studi, dan mengunggah pasfoto terbaru resmi, serta dokumen tambahan seperti dokumen prestasi jika memiliki.

9. Khusus Anda sebagai peserta SNMPTN dengan jurusan atau prestasi olahraga dan seni, wajib mengunggah portfolio berupa bukti keterampilan secara sah.

10. Mencetak kartu resmi yaitu Kartu Bukti Pendaftaran SNMPTN.


Informasi Tambahan Seputar SNMPTN

Anda yang ingin mendaftar sebagai peserta SNMPTN tidak perlu mengeluarkan biaya apa pun atau gratis. Berapa jumlah PTN dan Program studi yang boleh dicantumkan sebagai pilihan? Setiap peserta maksimal memilih 2 PTN pilihan dan 2 Program Studi pilihan dengan syarat salah satu PTN wajib berada di satu daerah yang sama dengan sekolah asal (apabila memasukan 2 pilihan PTN). Pilihan peserta terhadap PTN dan Program Studi bersifat relavan, ditentukan oleh masing-masing PTN, serta urutan pilihannya pun berdasarkan prioritas. 

Anda bisa mendapatkan informasi seputar kuota penerimaan mahasiswa baru dan program studi setiap PTN di http://www.snmptn.ac.id. Lalu, apa perbedaan dari SNMPTN dengan SBMPTN? Anda yang telah lulus tahap penyeleksian SNMPTN, tidak perlu lagi mengikuti penyeleksian SBMPTN. SBMPTN merupakan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang biasanya diselenggarkan sekitar Bulan Mei hingga Juni. SBMPTN bisa menjadi pilihan kedua jika Anda tidak lulus pada tahan penyeleksian SNMPTN.


Tips Mengikuti SNMPTN

Tentu saja dalam hal persaingan, penyeleksian SNMPTN begitu keras dan ketat. Karena Anda bersaing dengan seluruh peserta dari semua daerah di Indonesia. Selain itu peluangnya pun berbeda-beda setiap sekolah, disertai dengan persyaratan standar yang dipasang setiap PTN juga beragam. Ini dia sedikit tips agar memiliki peluang lebih besar lulus SNMPTN.
  • Persiapkan dari sejak awal. Bahkan kalau bisa sejak Anda baru masuk ke bangku SMA. Genjot prestasi dan nilai akademis setinggi mungkin. Kalau Anda memang ingin menonjolkan prestasi non-akademis, pastikan prestasi tersebut masuk dalam prestasi yang diperhitungkan.
  • Memahami ketentuan dasar SNMPTN dan jadwal penyeleksiannya.
  • Fokus dengan PTN dan Program Studi Pilihan. Anda harus sudah paham dan tahu mengenai PTN dan Program Studi yang akan Anda pilih.
  • Aktif bertanya pada pihak sekolah.
Itu dia ulasan tentang informasi dan bagaimana cara mendaftar SNMPTN setiap tahunnya. Semoga Informasi yang telah kami berikan bisa bermanfaat, Proses pendaftaran akan berlangsung melalui online sesuai dengan uraian diatas semoga bisa menjadi petunjuk terima kasih pastikan anda terus update review pendaftaran lainnya.