Cara Pendaftaran Online UKDW 2018/2019

Ukdw.ac.id - Urutan Tata Cara Pendaftaran Universitas Kristen Duta Wacana, Yogyakarta 2018/2019 Pendidikan saat ini semakin dianggap penting oleh masyarakat. Semkain hari teknologi semakin canggih dan ilmu pengetahuan semakin banyak. Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta adalah salah satu universitas yang memiliki visi dan misi penting dalam dunia pendidikan. 

Beralamat di jalan Dr. Wahidin Husodo nomor 5-25, Yogyakarta.Memiliki 6 fakultas yaitu Fakultas Teologi, Fakultas Bisnis, Fakultas Teknologi Informasi, Fakultas Bioteknologi, fakultas Kedokteran dan Fakultas Arsitektur dan Desain serta Pendidikan bahasa Inggris. Untuk menunjang kegiatan mahasiswa, terdapat beberapa unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang telah diresmikan yaitu UKM paduan suara mahasiswa “Duta Voice”, UKM Gappala dan UKM basket.



Lalu, bagaimana cara pendaftaran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta? Bagaimana mekanisme pembayarannya dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pendaftaran tersebut? Pendaftaran dapat melalui 2 jalur yaitu jalur prestasi akademik (tanpa tes) namun tidak berlaku untuk Kedokteran dan Teologi, dan jalur reguler (tertulis). 

Waktu pendaftaran jalur prestasi akademik telah dibuka sejak 4 September 2017 hingga 31 Mei 2018. Jalur prestasi akademik ini haya berlaku untuk lulusan SMA, SMK dan MA. Jalur reguler dibuka mulai 4 Mei 2018-10 Agustus 2018. Ada ketentuan khusus untuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Teologi. 

Pada fakultas kedokteran terdapat 4 gelombang yaitu gelombang 1 waktu 9-10 Februari 2018, gelombang 2 waktu 4-5 Mei 2018, gelombang 3 1-2 Juni 2018 dan gelombang 4 27-28 Juli 2018.Pendaftaran selambat-lambatnya 2 hari sebelum ujian berlangsung. Fakultas Teologi terdapat 3 gelombang yaitu gelombang 1 pada 18-19 Mei 2018, gelombang 2 pada 29-30 Juni 2018 dan gelombang 3 20-21 Juli 2018. Pendaftaran paling lambat 1 hari sebelum ujian.

Biaya pendaftaran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta berbeda-beda. Biaya pendaftaran Fakultas Teologi sebesar Rp.500.000,- dan untuk Fakultas Teknologi Informasi, Arsitektur dan Desain, Bioteknologi, Bisnis, dan program studi Pendidikan Bahasa Inggris sebesar Rp.200.000,-. biaya pendaftaran dapat dibayarakan ke rekening Universitas Kristen Duta Wacana (BNI : 39228954). Fakultas Kedokteran biaya pendaftaran sebesar Rp 1.250.000,- dan dapat dibayarkan di rekening UKDW (BNI : 191229054).


Syarat-syarat Pendaftaran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta sebagai berikut:

  1. Untuk lulusan angkatan 2018 membawa fotokopi legalisis rapor kelas 10-11 dan untuk lulusan sebelum angkatan 2018 membawa fotokopi legalisir rapor kelas 10-12.
  2. Fotokopi ijazah yang dilegalisir ataupun Surat Keterangan lulus dan SKHUN.
  3. Foto berwarna terbaru ukuran 3x4sebanyak 3 lembar.
  4. Melampirkan surat keterangan bebas buta warna bagi yang mendaftar di Fakultas Kedokteran, prodi Teknik Arsitektur, Biologi, Pendidikan Dokter dan Desain dan bersifat WAJIB.
  5. Khusus untuk pendaftar Fakultas Kedokteran melampirkan form periksa kesehatan serta fotokopi KTP orangtua/wali.
  6. Khusus pendaftar Fakultas Teologi diwajibkan untuk melampirkan surat rekomendasi dari gereja asal/sinode dan surat baptis/sidi.
  7. Pendaftar Fakultas Kedokteran diharuskan berasal dari jurusan IPA.
  8. Pendaftar Fakultas Teologi, Kedokteran serta pendaftar jalur tertulis diwajibkan mengambil katu ujian 1 hari sebelum ijian dilaksanakan.

Bagi yang berhalangan untuk melakukan ujian tertulis langsung, dapat melakukan ujian secara online dengan syarat wajib login terlebih dahulu. Nomor pendaftaran dan password telah Anda dapatkan pada saat pendaftaran, namun bagi yang belum mendapatkan nomor pendaftaran untuk login dapat mendaftarkan diri pada menu “daftar” dan ikuti langkah selanjutnya. Proses pendaftaran dilakukan secara online melalui situs ukdw.ac.id.

Setelah itu, Anda mendapatkan nomor pendaftaran online yang dapat Anda gunakan untuk login ujian online. Dengan nomor dan password tersebut Anda dapat menggunakan untuk mengisi data pendaftaran Anda. setelah semua selesai jangan lupa untuk melogout. Anda dapat login kembali dengan nomor dan password tersebut apabila ingin melengkapi data yang Anda unggah.

Pendaftaran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada jalur prestasi akademik memiliki syarat-syarat yang harus dilengkapi yaitu:

  • Masih atau sedang duduk pada kelas 12 SMA/sederajat.
  • Memiliki nilai rata-rata kognitif minimal 75 atau nilai B.
  • Fotokopi legalisir rapor kelas 10-11.
  • Berasal dari siswa SMA/sederajat jurusan IPA/IPS dan bukan siswa homeschooling.
  • Maksimal pilihan 2 program studi.
  • Melampirkan foto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 3 lembar yang terbaru.

Pendaftaran dapat dilakukan di sekolah dengan bantuan pihak sekolah. Pembayaran dibayarkan kepada sekolah serta penyerahan berkas-berkas diserahkan kepada sekolah. Dapat pula dilakukan langsung ke Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dengan membawa berkas-berkas yang diperlukan di Kantor Admisi dan Promosi pada jam kerja yaitu Senin-Jumat pukul 08.00-15.00. 

Anda diwajibkan untuk mengisi form pendaftaran dan membayar biaya pendafatran sesuai dengan Fakultas yang Anda inginkan. Lalu setelah semua selesai dapat Anda serahkan kembali pada Kantor Admisi dan Promosi. Pendaftaran juga dapat Anda lakukan sendiri dengan lewat email. Pertama, Anda download formulir dan kemudian diisi data diri Anda. berkas persyaratan diunggah dalam bentuk scan  yang kemudian dilampirkan. 

Biaya pendaftaran ditransfer ke rekening UKDW sejumlah ketentuan masing-masing Fakultas. Bila telah selesai, kirim ke alamat email Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Univeristas Kristen Duta Wacana juga memiliki sejumlah jalur beasiswa yang nantinya dapat Anda manfaatkan untuk mendapatkan beasiswa nantinya. 

Besarnya beasiswa yang diberikan sesuai dengan ketentuan pihak yang memberikan beasiswa karena nominal dan syarat yang diajukan berbeda. Anda dapat memilih sesuai dengan kondisi dan persyaratan yang dapat Anda lengkapi. Demikian beberapa informasi mengenai pendaftaran Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta. Untuk informasi lebih lanjut dapat Anda buka di website resmi UKDW ataupun dapat datang langsung ke kampus UKDW bagian informasi.