Cara Pendaftaran Maranatha.edu 2024/2025


Pmb.Maranatha.edu - Cara Pendaftaran Maranatha.edu 2024/2025 - Bandung Bandung adalah salah satu kota impian untuk merantau demi menempuh pendidikan tinggi. Ada berbagai universitas ternama di sana. Salah satunya adalah Universitas Kristen Maranatha, Bandung. Universitas yang satu ini merupakan universitas swasta yang sudah berdiri sejak tahun 1965. 

Misi yang dibawa oleh universitas ini adalah “mengembangkan cendekiawan yang andal, suasana kondusif, dan nilai-nilai hidup kristiani sebagai upaya pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi”. Tertarik untuk mengikuti pendaftaran Universitas Kristen Maranatha, Bandung yang memiliki misi terpercaya ini? Maka, silahkan ikuti terus artikel kali ini karena artikel ini akan membahas tentang hal tersebut.



Info tentang pendaftaran berbagai universitas tentunya dicari oleh para siswa/siswi yang tengah duduk di bangku sekolah kelas 12 SMA/sederajat. Bukan hanya oleh para siswa/siswi, namun termasuk juga para keluarga maupun kerabatnya. Untuk mengikuti pendaftaran perguruan tinggi memang perlu dipersiapkan dengan matang. Oleh karena itu, jika kota impian Anda adalah Bandung, maka salah satu info yang harus diikuti adalah tentang pendaftaran Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

Pendaftaran Universitas Kristen Maranatha, Bandung dibuka dalam 3 jalur yaitu jalur prestasi, jalur undangan, dan jalur reguler. Diantara ketiga jalur tersebut, silahkan Anda lihat jalur mana yang mungkin bisa Anda ikuti. Lalu apa perbedaan ketiga jalur tersebut? Pertama adalah jalur prestasi. Seleksi pada jalur pendaftaran pertama ini dilakukan dengan melihat prestasi akademik maupun nonakademik calon mahasiswa. 

Artinya, Anda yang merasa memiliki prestasi baik akademik maupun nonakademik bisa mencoba mendaftar melalui jalur ini. Jangan sia-siakan untuk mencoba mengikuti jalur pendaftaran yang satu ini jika memang Anda berprestasi karena akan ada berbagai keuntungan yang akan didapatkan. Anda yang mendaftar melalui jalur ini tak perlu mengerjakan tes tertulis karena seleksi dilakukan dengan melihat prestasi masing-masing calon pendaftar. 

Kemudian Anda juga tak perlu membayar biaya pendaftaran. Bahkan bisa mendapatkan potongan biaya pendidikan hingga 100%. Jalur pendaftaran Universitas Kristen Maranatha, Bandung yang kedua adalah jalur undangan. Jalur kedua ini dikhususkan untuk calon pendaftar dari SMA/sederajat yang merupakan sekolah mitra dan lembaga gereja yang telah menjalin kerjasama dengan Universitas Kristen Maranatha. 

Hampir sama dengan keuntungan jalur prestasi, Anda yang memenuhi syarat untuk mendaftar melalui jalur ini maka tidak perlu mengerjakan tes tertulis dan tidak perlu membayar biaya pendaftaran. Silahkan cek apakah sekolah Anda merupakan mitra dari Universitas Kristen Maranatha. Jika iya, maka jangan sia-siakan kesempatan tersebut.

Jalur pendaftaran Universitas Kristen Maranatha, Bandung yang ketiga adalah jalur reguler. Dari namanya tentu sudah cukup terjelaskan seperti apa jalur yang satu ini bukan? Ya, jalur ketiga ini merupakan jalur umum yang proses seleksinya dilakukan melalui tes tertulis. Untuk mengikuti tes tertulis, Anda harus membayar biaya pendaftarannya terlebih dahulu. Kemudian setelah itu Anda harus mengikuti jadwal tesnya. 

Tes masuk untuk pendaftar semua jurusan adalah tes Potensi Akademik (TPA), maka Anda bisa mulai mempersiapkan diri dengan mencari dan mengerjakan contoh-contoh soalnya baik melalui internet maupun buku-buku yang telah beredar di berbagai toko buku. Tes ini nantinya akan dilakukan dengan menggunakan sistem CBT atau Computer Based Test. Jika TPA diberlakukan untuk semua jurusan, maka ada beberapa fakultas yang menerapkan jenis ter khusus lainnya. 

Diantaranya yaitu tes biologi manusia dan tes bakat & kepribadian untuk calon mahasiswa fakultas kedokeran, tes ketrampilan untuk calon mahasiswa fakultas kedokteran gigi, dan tes psikologi (psikotes) untuk calon mahasiswa fakultas psikologi. Ujian terltulis atau ujian masuk untuk jalur ini akan dilaksanakan dalam jangka waktu atau periode tertentu yang bertempat kampus Universitas Kristen Maranatha, Bandung.


Proses Pendaftaran Universitas Kristen  Maranatha, Bandung
  1. Bagaimana mekanisme pendaftaran Universitas Kristen  Maranatha, Bandung? Pertama-tama, calon mahasiswa harus melakukan registrasi online. 
  2. Registrasi online dilakukan di https://pmb.maranatha.edu. Silahkan isi username dan password, kemudian langkah kedua adalah mengisi formulir dengan data yang benar. 
  3. Download dan cetak dokumen pendaftaran kemudian lakukan pembayaran pendaftaran di bank. 
  4. Selanjutnya langkah ketiga yaitu menyerahkan dokumen yang disyaratkan bagi pendaftar Universitas Kristen Maranatha, Bandung kepada bagian admisi Universitas Kristen Maranatha, Bandung sebelum tenggat waktu yang ditentukan. 
  5. Langkah keempat yaitu mengikuti tes seleksi  sesuai dengan kriteris fakultas yang dipilih. 
  6. Jika Anda mendaftar selain di fakultas yang mensyaratkan tes khusus maka Anda hanya perlu mengikuti TPA. 
  7. Namun, jika Anda mendaftar di fakultas seperti Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Psikologi, maka Anda harus mengikuti tes khususnya. 
  8. Anda akan mendapatkan jadwal tesnya melalui email. 
  9. Jadi, rutinlah mengecek email Anda. Setelah tes seleksi, maka Anda tinggal menunggu pengumumannya. 
  10. Jika Anda berhasil lolos seleksi, maka lakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang telah di tentukan dengan menyerahkan dokumen daftar ulang yang diperlukan dan membayar biaya pendidikan.
  11. Apa saja dokumen yang diperlukan saat daftar ulang setelah lolos pendaftaran Universitas Kristen Maranatha, Bandung? yaitu data pribadi sebanyak 2 lembar. 
  12. Pernyataan mahasiswa Univrsitas Kristen Maranatha sebanyak 1 rangkap (berisi  lembaran pernyataan). 
  13. Fotokopi ijazah dan STK/SKHUN yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah asal sebanyak 2 lembar. 
  14. Fotokopi akta kelahiran sebanyak 2 lembar. 
  15. Pasfoto berukuran 3x4 sebanyak 2 lembar bebas apakah berwarna atau hitam putih. Keenam, surat ijin belajar khsuus untuk calon mahasiswa berkewarganegaraan asing. Ketujuh, surat pernyataan ijazah bagi calon mahasiswa lulusan luar negeri. Kedelapan, surat keterangan ganti nama khusus untuk calon.mahasiswa yang mengganti namanya. 

Sekian informasi tentang pendaftaran Universitas Kristem Maranatha, Bandung kali ini. Semoga berbagai informasi di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin mendaftar di universitas swasta di Bandung yang satu ini. Selamat berjuang dan semoga Anda mendapatkan universitas impian terbaik.