Cara Pendaftaran Online Kampus USD 2018/2019

USD.ac.id - Jalur dan Cara Pendaftaran Online (USD) Universitas Sanata Dharma 2018/2019 Setelah menyeleseikan pendidikan Menengah Atas, tentu kebanyakan orang ingin melanjutkannya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu di Perguruan Tinggi. Jika Anda saat ini tengah menimbang-nimbang perguruang tinggi mana yang sekiranya akan menjadi tempat Anda menimba ilmu, maka kali ini kita akan membahas salah satunya yaitu pendaftaran Universitas Sanata Dharma. 

Di Indonesia ada banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Berbagai perguruan tinggi tersebut tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Uiversitas Sanata Dharma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Yogyakarta. Tepatnya berada di Jalan Mrican Baru, Catur Tunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Universitas Sanata Dharma merupakan sebuah universitas Katolik yang berdiri sejak tahun 1955. Perguruan tinggi yang satu ini termasuk perguruan tinggi tertua di Indonesia.

Cara Pendaftaran Online USD 2018/2019


Selain menyandang status sebagai salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia, Universitas Sanata Dharma juga termasuk perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Kualitasnya sudah ditunjukkan sejak masa awal berdiri yaitu tahun 1950an. Dahulunya Universitas ini berbentuk sekolah tinggi, yaitu merupakan Sekolah Pendidikan Guru pertama yang ada di Yogyakarta. Kemudian perkembanganya yang pesat menjadikannya berubah bentuk dari sekolah tinggi menjadi universitas pada tahun 1993, tepatnya tanggal 20 April 1993. 

Kualitasnya memang sudah nampak sejak awal berdiri. Hingga saat ini universitas yang satu ini masih terus menjadi perguruan tinggi favorit, khususnya bagi para calon guru. Maka tak heran jika banyak yang mencari informasi tentang pendaftaran Universitas Sanata Dharma. Jika Anda adalah salah satu calon pendaftar yang ingin menjadi mahasiswa di universitas yang satu ini, maka bersiaplah jauh-jauh hari sebelum pendaftaran. Pastikan Anda memiliki peluang yang besar untuk bisa diterima di universitas favorit ini.

Jika Anda masih duduk di bangku kelas X atau XI dan sudah mulai menimbang-nimbang perguruan tinggi mana yang akan Anda jadikan tempat menimba ilmu selanjutnya maka akan semakin baik. Dengan begitu, Anda bisa melakukan persiapan dengan lebih matang, khususnya dalam segi nilai raport dan prestasi. Prestasi dalam bidang apapun tentu akan dapat membantu Anda untuk memasuki universitas favorit juga universitas impian Anda. Nah, langkah bagus untuk mulai mencari info tentang pendaftaran Universitas Sanata Dharma. 

Tentunya sebagai orang yang memiliki impian untuk terjun di dunia pendidikan atau keguruan, Universitas Sanata Dharma ini merupakan pilihan universitas yang terbaik. Selain itu, lokasinya juga ada di daerah yang cukup menyenangkan untuk dijadikan tempat menempuh pendidikan. Tentu kita sudah tahu banyak tentang Yogyakarta. Salah satu daerah yang terkenal dengan berbagai perguruan tingginya hingga memiliki julukan kota pelajar. Yogyakarta akan sangat nyaman untuk menjadi tempat Anda menempuh pendidikan. Maka, baik Anda yang berasal dari Yogyakarta maupun berbagai daerah lainnya, bisa mantap untuk memilih Universitas Sanata Dharma menjadi kampus masa depan Anda.


Jalur Pendaftara Universitas Sanata Dharma

Nah, untuk Anda yang berminat menjadi calon mahasiswa Univeritas Sanata Dharma, ada beberapa jalur pendaftaran yang tersedia. Masa pendaftaran Universitas Sanata Dharma biasanya dibuka sekitar bulan september. Adapun jalur pendaftaran yang tersedia diantaranya jalur non tes dan jalur tes. Jalur non tes terdiri dari jalur prestasi dan jalur ujian nasional. Nah, bagi Anda yang masih duduk di bangku kelas X maupun kelas XI, masih ada kesempatan untuk memperbesar peluang diterima melalui jalur prestasi. 

Maka dari itulah akan semakin baik jika Anda masih memiliki banyak waktu sebelum memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Anda bisa meningkatkan nilai dan mencapai berbagai prestasi agar bisa dengan mudah masuk melalui jalur non tes. Namun, bagi Anda yang sudah duduk di bangku kelas XII juga tentu masih berkesempatan untuk masuk melalui jalur pendaftaran non tes jika merasa memiliki nilai raport dan pretasi yang baik di bidang apapun. 

Selain itu, Anda yang tengah duduk di bangku kelas XII juga masih berkesempatan untuk diterima melalui jalur non tes dengan mendapatkan nilai UN yang baik nantinya. Karena salah satu jalur pendaftaran non tes adalah jalur ujian nasional. Jalur ini akan melihat nilai ujian nasional dari para pendaftarnya.

Persiapkanlah diri Anda untuk menghadapi pendaftaran Universitas Sanata Dharma apapun jalurnya. Jika masih belum bisa masuk melalui jalur non tes, masi ada jalur tes. Nah, Anda bisa juga mempersiapkan diri untuk menghadapi jalur pendaftaran yang satu ini. Selain mempersiapkan diri dengan mencapai nilai dan prestasi yang baik, juga mempersiapkan diri untuk menghadapi tes masuk Universitas Sanata Dharma, ketahui pula apa saja bagaimana cara pendaftarannya. Untuk semua jalur pendaftaran yaitu baik jalur prestasi UNAS, maupun tes, scara pendaftarannya sama saja.

  1. Membayar biaya pendaftaran biasanya sebesar Rp150.000,00 yang bisa dibayarkan melalui teller Bank BRI, kemudian Anda akan mendapatkan bukti pembayaran yang berisi kode pembayaran. Kode ini akan digunakan saat login ke sistem PMB Universitas Sanata Dharma.
  2. Langkah kedua yaitu melakukan pendaftaran online melalui www.pmb.usd.ac.id. Lakukan login dengan kode pembayaran yang sudah didapatkan, kemudian isi formulir dan unggah syarat-syarat pendaftarannya.
  3. Setelah selesai melakukan pendaftaran online, maka Anda akan mendapatkan soft copy bukti pendaftaran online. Anda bisa mencetak dan menyimpan bukti pendaftaran tersebut.

Nah, selanjutnya jika Anda mendaftar melalui jalur tes, maka proses selanjutnya adalah melaksanakan tes tertulis dengan jadwal dan tempat yang nantinya ditentukan. Terakhir, akan diumumkan hasil seleksi yang dilakukan secara online. Itulah berbagai jalur pendaftaran dan bagaimana cara pendaftaran Universitas Sanata Dharma. Persiapka diri Anda mulai sekarang untuk bisa masuk di Universitas Sanata Dharma, universitas favorit dan imian Anda.
GET IT ON Google Play