Cara Pendaftaran Online UNMAS.ac.id 2018/2019

Spmb.Unmas.ac.id - Cara Pendaftaran Online (UNMAS) Universitas Maharaswati Denpasar  2018/2019 Lengkap Universitas Mahasaraswati Denpasar merupakan perguruan tinggi swasta yang ada di tanah air. UNMAS, begitu biasanya nama universitas ini disingkat, pada awalnya merupakan IKIP Saraswati yang didirikan 8 Desember 1963. Perguruan tinggi ini sudah berdiri cukup lama dan cukup dikenal di kancah pendidikan tinggi dengan menghasilkan banyak mahasiswa yang berprestasi.

Tidak heran jika banyak yang mencari informasi mengenai pendaftaran di universitas ini. Terutama bagi mereka yang memiliki domisili di pulau Bali atau ingin menuntut ilmu di pulau ini. Universitas yang dulunya merupakan IKIP ini pernah beberapa tahun tidak aktif, tepatnya saat tragedi gerakan 30S PKI menggemparkan tanah air. Tahun 1965 IKIP Saraswati tidak aktif dan kemudian kembali aktif pada tahun 1979.

Cara Pendaftaran Online SPMB UNMAS 2018/2019


Awalnya universitas ini hanya memiliki jurusan sejarah atau antropologi dan jurusan Bahasa Inggris. Setelah diaktifkan kembali, perguruan tinggi ini menambah fakultas seni dan sastra yang jurusannya terdiri dari bahasa dan sastra Indonesia. Tahun 1981, IKIP Saraswati mempunyai bermacam-macam fakultas. Fakultas yang bertambah adalah fakultas keguruan. Tahun 1982 lah IKIP ini menjadi Universitas Mahasaraswati Denpasar.

Fakultas yang dikelola pun banyak hingga bertambah menjadi 6 fakultas dengan 16 program studi di bawah naungan yayasan Saraswati, Dengan visinya yang ingin menjadi perguruan tinggi bermutu dan berbudaya, UNMAS ini dikelola oleh yayasan PRS atau perguruan rakyat Saraswati.


Mekanisme dan Biaya Pendaftaran

Ada banyak jalur pendaftaran yang tersedia untuk dapat masuk ke universitas. Berbagai jalur tersebut terbuka lebar bagi siapa saja yang dapat lolos kualifikasi. Untuk pendaftaran mahasiswa baru, Universitas Mahasaraswati Denpasar membuka 3 jalur pendaftaran, yaitu JPPA, JPANA, dan JR. Adapun ketentuan pendaftaran dari tiga jalur tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Pendaftaran jalur potensi akademik

Bagi Anda yang memiliki nilai akademik yang baik, jalur ini cukup menguntungkan bagi Anda. Hal ini karena Anda dapat diterima di universitas tersebut dengan lebih awal. Anda akan jauh lebih santai dalam menghadapi ujian nasional karena sudah mengantongi tiket masuk universitas lebih dulu. JPPA ini disediakan untuk pendaftaran semua program studi kecuali fakultas kedokteran gigi. Syaratnya adalah siswa kelas XII yang mempunyai kemampuan akademik terbaik melalui nilai rapor. Biasanya pendaftaran jalur ini dibuka pada bulan Maret. Jadi sangat penting untuk menjaga nilai rapor tetap stabil selama masa SMA.


2. Pendaftaran jalur prestasi akademik dan non akademik

Bagi Anda yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik tetapi juga memiliki prestasi di luar akademik, jalur ini patut Anda coba. JPANA merupakan jalur pendaftaran yang ditujukan bagi siswa kelas XII yang mempunyai nilai akademik bagus dan berprestasi di luar akademik. Adapun prestasi diluar akademik yang dimaksud misalnya di berbagai cabang olahraga, seni, budaya, dan sebagainya. 

Kemampuan pengembangan diri ini sangat penting dilakukan oleh siswa SMA dan dapat menjadi bekal yang sangat baik saat kuliah kelak. Prestasi-prestasi tersebut dapat menunjang dalam kemudahan memasuki universitas ini. Bagi Anda yang tertarik untuk mendaftar di jalur ini, jangan lupa catat kisaran bukan pendaftarannya. Jalur ini dibuka sekitar bulan April, tepatnya setelah jalur JPPA ditutup.


3. Jalur reguler

Bagi Anda ini mendaftar tanpa melalui kedua jalur di atas atau tidak memenuhi kualifikasi di atas, Anda dapat masuk melalui jalur reguler. Untuk pendaftaran jalur reguler tidak ada ketentuan khusus, hanya syarat lulusan SMA sederajat. Hal ini memungkinkan semua orang dapat mendaftar dengan memenuhi persyaratan yang ada. Pendaftaran jalur reguler biasanya diadakan dalam dua gelombang. Gelombang I pendaftaran reguler sekitar Mei hingga Juni. Sedangkan gelombang selanjutnya dibuka bulan Juli sampai Agustus. Seleksi dilaksanakan dengan ketat. Penerimaan mahasiswa juga dilaksanakan dengan menyesuaikan daya tampung tiap program studi.

Mengenai tata cara pendaftaran di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Anda bisa menyimak langkah berikut.
  1. Sign up di website resmi UNMAS menggunakan alamat email, akun facebook, atau pun akun google+.
  2. Lakukan verifikasi akun yang digunakan untuk mendaftar.
  3. Buka link pendaftaran dan isi formulir pendaftaran tersebut, dengan data yang benar dan lengkap agar bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  4. Membayar biaya pendaftaran dan konfirmasi pembayaran jika sudah dilakukan untuk kemudian bisa mencetak kartu peserta.
  5. Mengikuti ujian tertulis sesuai jadwal dan ketentuan yang ada di kartu peserta bagi pendaftar yang mendaftar dengan jalur reguler.
  6. Mengikuti tes wawancara yang wajib untuk semua jalur pendaftaran.
  7. Menunggu pengumuman hasil tes pendaftaran.
  8. Melakukan registrasi ulang bagi peserta yang dinyatakan lolos.

Biaya pendaftaran untuk masuk ke UNMAS sendiri ada ketentuannya sebagai berikut.
  1. Besarnya biaya pendaftaran adalah Rp 300.000,,- dan khusus pendaftaran gelombang II jalur reguler biayanya adalah sebesar Rp 350.000,-.
  2. Biaya pendaftaran hanya bisa dibayar di BNI, baik via teller, ATM, internet atau pun SMS banking.
  3. Pembayaran harus sesuai jadwal yang ditentukan.
  4. Simpan kode pembayaran untuk konfirmasi pembayaran.

Itulah ketentuan-ketentuan untuk pendaftaran mahasiswa Universitas Mahasaraswati Denpasar yang mungkin bisa menjadi referensi untuk Anda yang tertarik menjadi mahasiswa UNMAS. Beragam pilihan program studi maupun universitas mungkin akan membingungkan Anda. Memilih universitas yang dekat dengan rumah mungkin dapat Anda jadikan bahan pertimbangan. Hal ini karena akan jauh lebih hemat. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya kos dan sebagainya. Untuk Anda yang berdomisili di kawasan Denpasar, tidak ada salahnya memilih UNMAS sebagai pilihan kuliah Anda.
GET IT ON Google Play