Cara Pendaftaran UNDIKNAS 2024/2025


undiknas.ac.id - Cara Pendaftaran UNDIKNAS 2024/2025 -  Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting, terlebih lagi sekarang banyak sekali pekerjaan yang menuntut untuk menjadi sarjana adalah pendidikan minimalnya. Sehingga banyak sekali masyarakat yang berlomba-lomba untuk meraih gelar tersebut di berbagai universitas. Salah satunya adalah di Universitas Pendidikan Nasional. 

Universitas Pendidikan Nasional ini merupakan universitas yang berada di Denpasar Bali, dari tahun 1969 sampai sekarang. Universitas ini merupakan salah satu universitas swasta dimana dulunya bernama ABA atau Akademi Keuangan dan Perbankan. Dikarenakan universitas ini merupakan universitas swasta, sehingga biaya untuk berkuliah di universitas ini cukup berbeda dengan universitas negeri lainnya. 




Di Universitas ini memiliki beberapa jurusan seperti fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas ilmu sosial dan politik, dan teknik dan informatika. Semua  jurusan ini mempunyai biaya kuliah yang berbeda. Biaya kuliahnya sendiri terdapat paket seperti dana pengembangan dan biaya per sks. Untuk dana pengembangan biasanya dibayarkan hanya sekali saja ketika masuk di tahun pertama, atau saat daftar ulang sebagai mahasiswa baru. Kemudian untuk biaya sks yang merupakan biaya kuliah ini merupakan biaya yang harus dibayarkan setiap semesternya.  Adapun dua tahapan pembayaran biaya sks ini.

  1. Tahap I dibayarkan di awal semester sebelum UTS
  2. Tahap II dibayarkan di pertengahan semester sebelum UTS


Untuk biayanya sendiri sangat bervariasi mulai dari biaya saat daftar ulang mulai dari Rp 8.000.000 sampai dengan Rp 10.000.000.  Dan untuk biaya semesternya mulai dari Rp 1.800.000 sampai dengan Rp 4.000.000.Bagaimana menurut Anda cukup tinggi tidak? Bagi Anda yang berminat untuk melakukan pendaftaran Universitas Pendidikan Nasional ini, maka Anda lebih baik mengetahui bagaimana prosedur dari pembiayaannya. Jangan sampai Anda setelah diterima namun masih belum mengerti bagaimana tata laksana untuk menerima keringanan biaya, atau pun biaya lainnya.


Besaran Potongan Biaya Kuliah Khusus

Sama halnya seprti universitas lain, Universitas Pendidikan Nasional pun mempunyai program untuk potongan biaya kuliah. Tetapi ada beberapa ketentuan seperti harus merupakan masyarakat asli Panjer dan Sidakarya, yang dilakukan dengan mengajukan surat permohonan kepada Rektor. Berikut ini adalah beberapa besaran potongan biaya kuliah yang diberikan:

  1. Masyarakat asli Panjer dan Sidakarya dengan potongan 50% dari total pembayaran
  2. Tamatan SMA/SMK Nasional potongan Rp 1.500.000 dan pembayaran awal
  3. Berprestasi di Tingkat Nasional/bali 3 tahun terakhir mempunyai potongan Rp 1.500.000 dari pembayaran awal
  4. Berprestasi 10 besar di Kelas 1 sampai kelas III potongan Rp 750.000 dari pembayaran awal
  5. Alumni yang mempunyai saudara kandung atau bahkan anak kandung mempunyai potongan sebesar Rp 250.000 dari pembayaran awal.

Dengan adanya potongan biaya kuliah ini diharapkan dapat membantu bagi masyarakat yang ingin meneruskan pendidikan, mampu belajar, tetapi hanya kekurangna dana saja.  Adapun beberapa catatan khusus bagi penerima potongan biaya tersebut, diantaranya adalah :

  1. Angsuran II dibayarkan sebelum pelaksanaan UAS dan Angsuran III dibayarkan sebelum UTS, biaya daftar kembali sudah termasuk angsuran pertama, pembayaran biaya daftar kembali bisa diangsur 3x selama 3 bulan. dan banyak sekali rancangan pembayaran yang akan dilakukan. Bagaimana Anda berminat mencoba pendaftaran Universitas Pendidikan Nasional ini?
  2. Sedangkan untuk biaya daftar ulang sudah termasuk kedalam biaya angsuran pertama

Syarat Pendaftaran Universitas Pendidikan Nasional

Universitas Pendidikan Nasional ini tentu saja menerima berbagai macam kalangan untuk mendaftar menjadi mahasiswanya. Program studi di universitas ini meliputi program sarjana dan juga program pasca sarjana. Adapun syarat untuk pendaftaran Universitas Pendidikan Nasional untuk program pasca sarjana ini adalah sebagai berikut:

  1. Lulusan program sarjana atau D4 dari berbagai jurusan dengan IPK >2,75
  2. Mengisi form pendaftaran online
  3. Membayar biaya pendaftaran dengan harga Rp 700.000 untuk MM dan MAP, atau Rp 500.000 untuk MH. Pembayaran ini dapat dilakukan di berbagai media baik itu SMS banking, transfer, internet banking, atau e-banking. Bukti transfer tersebut di tunjukan ke bagian sekretariat. Pembayaran juga dapat dilakukan langsung di sekretariat pasca sarjana  melalui Electronic Data Capture atau EDC baik debit maupun kartu kredit.
  4. Menyerahkan foto copy ijazah dan transkrip nilai yang sudah di legalisir
  5. Menyerahkan pas foto hitam putih 3x4 sebanyak 4 lembar dan pas foto berwarna 2x3 sebanyak 4 lembar.

Nah bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran Universitas Pendidikan Nasional ini Anda bisa melakukannya dengan mengikuti tahap berikut. Pertama Anda melakukan pendaftaran online, baik itu di situs resmi universitas pendidikan nasional sendiri ataupun di situs undiknas.ac.id. Kemudian Anda mengisi formulir yang telah tersedia di situs atau web tersebut, setelah itu Anda akan mendapatkan bukti registrasi online.  

Setelah mendaftar, Anda dapat melakukan pembayaran untuk biaya pendaftaran ini, seperti yang tadi telah dijelaskan bagaimana tata cara untuk melakukan pembayaran pendaftaran. Kemudian Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Setelah itu Anda siapkan segala keperluan untuk mendaftar yaitu menyiapkan 

  • bukti registrasi online, foto copy bukti pembayaran, dan berkas-berkas pendaftaran yang nantinya akan diserahkan langsung ke sekretariat universitas Pendidikan Nasional. 
  • Kemudian, Anda akan mendapatkan nomor peserta dan lokasi untuk test. 
  • Sedangkan untuk pengisian formulir juga dapat dilakukan dengan mengisi data lengkap dan benar, kemudian pilih studi yang Anda inginkan di Universitas ini. 
  • setelah itu Anda membuat password untuk masuk ke acount yang nantinya digunakan untuk cetak atau memperbaiki data. 
  • Kemudian daftar.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Pendidikan Nasional ini? Anda sudah cocok dengan beberapa pilihan jurusannya? Jika Anda sudah cocok dan ingin mencoba, Anda langsung saja melakukan Pendaftaran Universitas Pendidikan Nasional. Semoga bermanfaat.