Cara Pendaftaran Online UM Magelang 2018/2019

Pmb.Ummgl.ac.id - Cara Pendaftaran Online UM Magelang 2018/2019 Mekanisme Pendaftaran Hingga Daftar Ulang Universitas Muhammadiyah Magelang Universitas Muhammadiyah Magelang adalah kampus swasta yang berdiri sejak 31 Agustus 1964. Kampus yang berlokasi di Jalan Meyjend Bambang Soegeng, Mertoyudan, Kabupaten Magelang ini memiliki moto unggul dalam ilmu, islami dalam perilaku. 

Sejak awal berdiri hingga sekarang kampus ini sudah memiliki 6 fakultas antara lain Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Hukum, Fakultas Agama, dan Fakultas Ilmu Kesehatan yang terdiri dari program pendidikan jenjang sarjana dan diploma. Didukung dengan banyaknya fasilitas dan pelayanan, Universitas Muhammadiyah Magelang dapat Anda jadikan tujuan pendidikan Anda selanjutnya.

Cara Pendaftaran Online UM Magelang 2018/2019


Bagi Anda yang berminat untuk mendaftar di Universitas Muhammadiyah Magelang ada syarat-syarat yang perlu Anda lengkapi agar Anda dapat diterima, antara lain:

  1. Menyerahkan berkas fotokopi ijazah SMA/MAN sederajat yang telah diligalisir sebanyak 1 lembar
  2. Mengumpulkan surat keterangan lulus dari pihak sekolah asal bagi Anda yang belum memiliki ijazah atau SKHU
  3. Mengumpulkan pas poto dengan ukuran 3x4 terbaru (boleh berwarna atau hitam putih)
  4. Membayar biaya pendaftaran sebanyak Rp 200.000,-
  5. Melaksanakan tes pada waktu yang telah ditentukan
  6. Melakukan tes lanjutan berupa tes  bagi calon mahasiswa yang mendaftar Program Studi Bimbingan Konseling (S1), Program Studi Guru SD (S1), dan Program Studi Pendidikan Guru PAUD (S1)  untuk pilihan program studi pertama
  7. Melakukan tes lanjutan berupa tes kesehatan bagi calon mahasiswa yang mendaftar Program Studi Ilmu Keperawatan (S1), Progra Studi Keperawatan (D3), Program Studi Farmasi (S1), dan Program Studi Farmasi (S1) untuk pilihan program studi pertama
  8. Bagi calon mahasiswa asing wajib memiliki surat izin dan sertifikat kursus atau pelatihan Bahasa Indonesia dari Kemenristekdikti Republik Indonesia


Prosedur Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Magelang

Biaya yang dikenakan untuk pendaftaran dapat Anda bayarkan secara langsung di lokasi pendaftaran atau mungkin melalui bank yang telah ditentukan dari pihak universitas. Sedangkan untuk prosedur pendaftaran calon mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Magelang, Anda dapat mengikuti beberapa petunjuk di bawah ini:

  1. Anda dapat langsung datang ke tempat pendaftaran yang ada di Jl. Mayjend Bambang Soegeng tepatnya berada di gedung khusus yang melayani mahasiswa baru di Kampus II.
  2. Carilah petugas yang mengurusi informasi seputar penerimaan pendaftaran mahasiswa baru
  3. Setelah melakukannya, Anda dapat menyerahkan berkas sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditentukan kepada petugas
  4. Anda dapat membayar biaya pendaftaran kepada petugas saat itu juga
  5. Petugas akan mengecek data dan memverifikasi berkas yang Anda serahkan. Untuk mempercepat proses verifikasi, Anda harus memastikan bahwa berkas yang Anda kumpulkan benar dan tidak ada yang terlewat. Sehingga tidak ada acara pengurusan berkas ulang. Jika tidak beruntung Anda dapat langsung ditolak.
  6. Setelah berkas benar, petugas akan mencetak bukti pendaftaran untuk Anda. Pastikan petugas telah menempelkan poto Anda dengan benar pada bukti dan form pendaftaran tersebut.
  7. Mengikuti ketentuan selesksi


Untuk informasi tambahan, setelah data Anda diverifikasi, selain mendapatkan bukti pendaftaran, seharusnya Anda juga menerima bukti pembayaran, bukti lulus untuk mengikuti tes CBT untuk pilihan program studi yang memberikan syarat tes lanjutan, bukti bahwa berkas Anda sudah diterima, dan bukti daftar ulang bagi program studi yang tidak memberikan syarat tes lanjutan.

Ada 3 cara untuk masuk ke Universitas Muhammadiyah Magelang. Pertama, menggunakan CBT (Computer Based Test). CBT merupakan tes yang dilakukan dengan menggunakan komputer. Sistem sepenuhnya dilakukan oleh komputer, mulai dari pengacakan soal hingga penilaian. Sehingga, lulus atau tidaknya Anda dapat langsung ditentukan dalam hari itu juga. Tes CBT langsung dilakukan setiap hari (aktif kerja) di kantor penerimaan mahasiswa baru. 

Kedua, dengan menggunakan tes tulis. Tes ini dilaksanakan untuk calon mahasiswa yang sebelumnya gagal pada tes CBT. Untuk pelaksanaan tes tulis sendiri dilaksanakan menurut jadwal yang ditentukan oleh panitia. Cara yang ketiga adalah tanpa tes atau non tes. Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memenuhi kriteria termasuk 10 besar rapot di semester 5 minimal dengan nilai 8,0 bagi lulusan SMA/MA 2 tahun terakhir dan minimal dengan nilai 8,5 bagi lulusan SMK 2 tahun terakhir. Jalur non tes ini juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki prestasi di bidang seni dan olahraga minimal di tingkat kabupaten atau kota.

Setelah dinyatakan lulus pada semua tes, Anda akan diberikan notifikasi untuk melakukan daftar ulang. Prosedur daftar ulang tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Anda harus membayar angsuran pertama kuliah di Bank Syariah atau Bank Jateng sesuai dengan ketentuan.
  2. Anda harus mencetak kartu mahasiswa dengan datang ke pelayanan mahasiswa baru untuk melakukan pemotretan
  3. Melakukan update data secara online sebelum mengumpulkan berkas daftar ulang melalui web resmi registrasi mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Magelang
  4. Mengumpulkan berkas daftar ulang ke bagian biro akademik sesuai ketentuan yang telah diumumkan

Demikian informasi mengenai prosedur pendaftaran di Universitas Muhammadiyah Magelang. Hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mendaftar adalah mencatat baik-baik tanggal penting, baik waktu pendaftaran, waktu tes, maupun deadline pengumpulan berkas. Jika penerimaan dilakukan melalui tes, Anda harus menyiapkan diri sebaik mungkin dan jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada. Agar tidak ketinggalan info, Anda harus rajin mengecek pengumuman yang ada. Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat web resmi Universitas Muhammadiyah Magelang yaitu www.ummgl.ac.id.
GET IT ON Google Play