Cara Pendaftaran Online STF Driyarkara 2024/2025


Driyarkara.ac.id - Cara Pendaftaran Online STF Driyarkara 2024/2025 - Profil Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara. Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini adalah salah satu universitas swasta ternama di Jakarta tepatnya berada di jalan Cempaka Putih, Daerah Istimewa Yogyakarta. rogram studi yang ditawarkan pun sangatlah bervariasi yaitu prodi ilmu filasafat, prodi ilmu teologi, prodi magister ilmu filsafat, dan prodi doktor ilmu filsafat.

Universitas ini didirikan pada tahun 1969 dan sering disingkat sebagai STFD dan sengaja didirikan oleh beberapa tokoh filsafat yang ada di universitas Indonesia dan universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Universitas ini berada di bawah sebuah yayasan bernama yayasan pendidikan Driyarkara dan awalnya berada di ruang tamu Susteran Ursulin.




Empat program studi yang ditawarkan tersebut masing-masing memiliki akreditasi sempurna yaitu akreditasi A, namun khusus untuk jenjang doktor ilmu filsafat memiliki akreditasi B. Sesuai dengan namanya, sekolah tinggi ini memang lebih menyoroti pada bidang filsafat dan membuka kesempatan seluas-luasnya untuk calon mahasiswa baru yang ingin mempelajari segala hal yang berkaitan dengan filsafat.

Pengajar yang profesional berjumlah 50 pengajar yang sudah lulus jenjang magister dan doktor serta profesor tentunya membuat sekolah tinggi filsafat Driyarkara menjadi salah satu tempat yang sangat cocok untuk menimba ilmu. Calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di sekolah tinggi ini bisa mendaftarkan diri di bulan Juni sampai dengan bulan Juli pada setiap tahunnya sehingga mulai dari sekarang Anda harus mempersiapkan diri untuk bergabung dengan sekolah tinggi filsafat seperti Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini.

Berbagai informasi menarik bisa diakses secara langsung melalui laman resmi dengan biaya pendaftaran sebesar Rp 150.000,00 yang harus dibayarkan sebelum mengikuti berbagai rangkaian seleksi yang ada. Untuk mendaftarkan diri, beberapa berkas yang juga harus dipersiapkan sebenarnya sama seperti berkas-berkas lain yang harus disediakan untuk mendaftarkan diri sebagai mahasiswa baru di beberapa universitas dan sekolah tinggi. Beberapa berkas tersebut meliputi:
  1. Berkas SKHUN atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional. Persiapkan fotokopi SKHUN yang sudah dilegalisir oleh sekolah. selain itu, Anda juga bisa melakukan scan agar bisa menyimpan file dalam bentuk soft copy.
  2. Berkas ijazah atau STTB yang difotokopi dan sudah dilegalidir dan ditanda tangani oleh kepala sekolah. Selain itu, persiapkan soft file yang mungkin akan sangat dibutuhkan sewaktu-waktu.
  3. Persiapkan pas foto sejumlah 3 lembar dengan ukuran 3 x 4 dengan latar belakang bebas namun menggunakan pakaian yang rapi dan sopan.
  4. Persiapkan beberapa berkas lain yang mungkin dibutuhkan seperti foto kopi nilai raport dari semester 4 sampai dengan 6 yang sudah dilegalisir oleh pihak sekolah.

Cita-cita STFD adalah menajdi sumber dari pemikiran-pemikiran dan cikal bakal lahirnya pertanggung jawaban yang benar-benar dapat di perhitungkan. Sekolah tinggi ini didirikan oleh Profesor Doktor Nicolaus Driyarkata yang pada saat itu menjabat sebagai guru besar ahli filsafat di Universitas Indonesia dan Universitas Sanata Dharma. Perguruan tinggi swasta yang dibangun pada t Februari 1969 ini berdiri dengan tiga pihak yang memprakarsai yaitu Fransiskan (OFM), Serikat Yesus, dan Keuskupan Agung Jakarta.

Pada awalnya, kuliah dilakukan dengan sangat sederhana yaitu berada di ruang tamu sebuah rumah susteran yang ada di Jakarta tepatnya di jalan Jembatan Serong daerah Rawasari. Berbagai kulikulum filsafat sudah diberlakukan dan bahkan berbagai upaya yang sudah dilakukan membuahkan hasil yaitu mendapatkan akreditasi A dari BAN. Berikut ini akan dijalaskan secara rinci mengenai berbagai program studi yang ditawarkan dan konsentrasi yang ada.


1. Ilmu Teologi

Ilmu teologi didasarkan pada kurikulum Nasional Telogi yang tentunya sudah dilengkapi dengan berbagai ilmu lainnya yang nantinya mahasiswa akan dengan sangat mudah memahami dan mendalami berbagai permasalahan kehidupan dan bagaimana cara untuk menanganinya dengan baik dan benar. Permasalahan yang ada mencakup permasalahan yang muncul selama teologi tersebut berkembang, perkembangan ilmu filsafat, dan keilmuan lainnya yang bisa dikaitkan dengan ilmu-ilmu manusia.


2. Ilmu filasafat

Sesuai dengan namanya, program studi ilmu filsafat ini memperkenalkan mengenai berbagai pengertian yang bisa dijadikan sebagai dasar pemikiran manusia dean berbagai aliran yang ada di filsafat terfokus pada aliran utama, perhatian kepada manusia, perhatian kepada ilmu manusia, perhatian kepada kehidupan sosial, perhatian pada kehidupan berbudaya dan tentunya disesuaikan dengan konteks yang ada di Indonesia agar nantinya tidak terjadi perpecahan yang bisa merusak persatuan dan kesatuan bangsa.


3. Magister ilmu filsafat untuk jenjang S2

Program pendidikan magister ini dimulai pada tahun 2996 atas Surat Keputusan dari Depdiknas. Bahkan berbagai prestasi yang berhasil didapatkan oleh Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara ini menjadikan kampus tersebut sebagai satu satunya sekolah tinggi swasta yang menyelenggarakan program studi khusus untuk magister dengan konsentrasi ilmu filsafat. Akreditasi untuk program studi ini adalah A.


4. Doktor Ilmu Filsafat untuk Jenjang S3

Program doktor ini dimulai pertama kali pada tahun 2006 dan tepatnya pada tahun 2007 di tempatkan di gedung STF Driyarkara dan memiliki akreditasi A. Untuk Anda yang menginginkan untuk bisa menempuh jenjang S3 ilmu filsafat tentunya STFD menjadi salah satu pilihan yang benar dan dengan mudah dapat membantu Anda mewujudkan cita-cita menjadi ahli filsafat.

Berbagai informasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru dapat dengan mudah Anda akses di lama resmi karena akan ada informasi terbaru mengenai informasi penerimaan mahasiswa baru, jalur yang dibuka, waktu dan tempat ujian, teknis pendaftaran dan lain sebagainya.