Cara Pendaftaran Online PA PK Umum Mabes TNI 2018/2019

Rekrutmen-tni.mil.id - Cara Pendaftaran Online PA PK Umum Mabes TNI 2018/2019 Secara Lengkap Bagi sebagian besar orang, menjadi seorang prajurit TNI merupakan hal yang sulit apalagi jika tidak memiliki koneksi. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar karena jika pendaftar mengikuti tata cara dan memenuhi persyaratan pendaftaran PA PK Umum Mabes TNI sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Sehingga maka kemungkinan diterimanya akan menjadi lebih besar. Dibawah ini akan diulas mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika mendaftar sebagai calon TNI.

Ada beberapa hal yang bisa kita simak untuk mendaftar sebagai anggota TNI, jika dilihat secara umum ada banyak sekali jalur seleksi TNI mulai dari AD, AU, sampai dengan AL dimana dari masing-masing angkatan udara tersebut memiliki kriteria tersendiri dalam seleksi, seperti contoh pada pembahasan kali ini kita akan fokus membehas mengenai PA KP Umum Mabes TNI, jika berminat mengikuti seleksi ini silahkan ikuti beberapa langkah seperti dibawah ini.

Cara Pendaftaran Online PA PK Umum Mabes TNI


Posisi Yang Dibutuhkan Dalam Lembaga TNI

1. Taruna/Karbol TNI

Taruna TNI saat ini sedang banya dibutuhkan, karena sebagian besar prajurit sudah memasuki usia yang bisa dibilang tidak muda lagi. Calon anggota baru dibuthkan untuk mengisi tempat sebagai Satuan Tempur terutama dibagian Satuan Operasi dan Satuan Dinas/Jawatan.


2. Perwira Prajurit Karier

Calon anggota yang diprioritaskan untuk mengisi bagian PAPK yaitu pendaftar yang memiliki latar pendidikan D3 dan S1 untuk memenuhi kebutuhan Satuan Perwira Tempur. Kemudian, jurusan yang diambil ketika menempuh pendidikan sarjana diutamakan jurusan ilmu sosial dan teknik. Tapi tidak menutup kemungkinan bagi lulusan eksak untuk dapat diterima sebagai calon anggota.


Syarat pendaftaran PA PK Umum Mabes TNI/Karbol


1. Berkewarganegaraan Indonesia

Calon anggota harus menyandang status sebagai warga negara Indonesia, yang ditunjukan dengan kepemilikian KTP yang sah. Jika ada calon anggota yang memiliki dwikewarganegaraan, maka ia harus menanggalkan status kewarganegaraan yang lainnya sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku.


2. Tidak Rangkap Jabatan

Calon anggota PA PK , Karbol, atau Taruna yang mendaftar tidak sedang terikat jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil misalnya polisi, anggota TNI, dan jabatan-jabatan kenegaraan lainnya baik dalam bidang pertahanan maupun bidang lain. Diutamakan calon pendaftar yaitu siswa yang baru menyelesaikan studi (fresh graduate)


3. Setia Kepada Pancasila dan UUD 1945

Ketika mendaftar, pastikan bahwa calon siswa taruna bukan seorang pengkhianat negara dan memiliki kelakuan yang baik sesuai dengan falsafah negara yaitu Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara RI 1945. Kemudian, calon pendaftar harus terbebas dari catatan kriminal dan tidak sedang menjalani hukuman yang diberikan oleh pihak yang berwajib karena terbukti melakukan tindak pidana kejahatan.


4. Belum Menikah

Saat melakukan pendaftaran PA PK Umum Mabes TNI, status perkawinan yang dimiliki dan tertera dalam KTP harus berupa belum kawin. Kemudian, ia harus menerima konsekuensi jika dinyatakan diterima sebagai calon anggota PA PK TNI. Konsekuensinya yaitu harus bersedia untuk tidak menikah selama menjadi siswa taruna.


5. Ikatan Dinas

Bagi Siswa yang diterima, harus bersedia menjalankan tugas yang diberikan negara sesuai dengan ikatan dinas yang mulai berlaku sejak hari pelantikan. Ikatan Dinas Pertama (IDP) berlaku sekurang-kurangnya 10 tahun dan harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Indonesia.



6. Memenuhi Syarat Tinggi Badan


Persyaratan tinggi badan bukanlah hal yang asing jika dimasukan sebagai syarat untuk menjadi seorang anggota penjaga keamanan negara. Syarat tinggi badan yang ditetapkan untuk menjadi PA PK yaitu 163 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan.


7. Persetujuan Orang Tua/Wali

Ketika mendaftarkan diri menjadi seorang prajurit TNI, dokumen yang diajukan harus dilengkapi dengan persetujuan tertulis dari orangtua/wali yang menyatakan bahwa menyetujui siswa yang bersangkutan untuk menjadi salah satu anggota PA PK TNI. Pernyataan tersebut dibubuhi tandatangan orangtua/wali dari siswa yang bersangkutan dan bermaterai cukup.

Selain persyaratan diatas, masih ada persyaratan lain yang bersifat khusus sesuai dengan jabatan yang akan diduduki, dan persyaratan tersebut wajib dipenuhi oleh calon anggota ketika melakukan pendaftaran PA PK Umum Mabes TNI. Persyaratan khusus untuk menjadi Perwira Prajurit Karier adalah sebagai berikut.


Persyaratan Khusus PA PK Mabes TNI

1. Program Pendidikan Strata 1 (S1)

Bagi calon Perwira TNI yang memiliki ijazah S1, ada beberapa persyaratan bersifat kumulatif yang harus dipenuhi, seperti:

  • Telah menempuh minimal 110 sks dengan IPK minimal 2.25, dibuktikan dengan transkrip nilai yang telah di legalisir oleh pihak fakultas atau universitas.
  • Maksimal usia pendaftar yaitu 26 tahun, namun ada beberapa ketentuan lain yaitu: Berusia maksimal 23 tahun jika telah menempuh 110 hingga 130 sks.
  • Berusia maksimal 24 tahun jika sudah menempuh 131 hingga 150 sks.
  • Berusia maksimal 25 tahun jika selesai menempuh diatas 150 sks.


2. Program Pendidikan Diploma III (D3)

Pendaftaran PA PK Mabes TNI terbuka untuk umum sehingga tidak tertutup bagi orang yang memiliki ijazah Diploma III untuk bisa menjadi seorang perwira asalkan bisa memenuhi persyaratan dibawah ini.

  • Memiliki ijazah D3 dengan sekurang-kurangnya telah menempuh 30 sks dengan Indeks Prestasi Kumulatif sebesar 2.50.
  • Batas usia saat mendaftarkan diri menjadi calon PA PK TNI yaitu maksimal 23 tahun dengan beberapa ketentuan sebagai berikut.
  • Tidak melebihi batas usia 22 tahun jika telah menempuh 80 sampai dengan 90 sks.
  • Tidak melebihi batas usia 23 tahun telah menempuh diatas 100 sks.


Tahap Seleksi Pendaftaran PA PK Umum Mabes TNI

Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang unggul, maka panitia penerimaan calon anggota TNI melakukan beberapa tahap seleksi. Biasanya dari sekian ribu pendaftar, hanya beberapa orang saja yang mampu melewati rangkaian tes dengan baik. Apa saja seleksi yang dilakukan oleh Panitia.


Pendaftaran Online

  • Pendaftaran online melalui website resmi dengan link rekrutmen-tni.mi.id/pendaftaran-tamtama
  • Mengisi formulir yang tersedia sesuai dengan data yang ada
  • Pilih golongan TNI mana yang ingin ditempati, disana ada opsi berupa TNI AL, TNI AD, dan TNI AU
  • Jika sudah yakin dengan isi formulir, klik OK pada halaman website.


Daftar Ulang

Berkas yang wajib dibawa saat melakukan registrasi ulang:

  • Print out lembar pernyataan lulus seleksi online
  • Dokumen data diri seperti KTP dan Kartu Keluarga
  • Ijazah riwayat sekolah dari mulai pendidikan dasar hingga perguruan tinggi
  • Transkrip nilai yang sudah di legalisir
  • Surat persetujuan dari orang tua bermaterai cukup
  • Surat keterangan sehat jasmani dan rohani
  • Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK)
  • Surat keterangan bebas NAPZA
  • Pas foto berwarna dan hitam putih ukuran 3x4 dan 4x6
  • Ada baiknya jika masing-masing persyaratan di fotokopi lebih dari tiga lembar untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan.


Syarat pendaftaran PA PK Umum Mabes TNI yang telah dipaparkan diatas semuanya bersifat kumulatif. Hal ini berarti, semua persyaratan yang diajukan oleh panitia penerimaan calon PA PK harus terpenuhi.  Jika tidak maka ancamannya gugur dan mengulang tahun depan. Semoga bermanfaat.
GET IT ON Google Play