Cara Pendaftaran Online ITENAS.ac.id 2018/2019

ITENAS.ac.id - Cara Pendaftaran Online (ITENAS) Institut Teknologi Nasional Bandung 2017/2018. Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung adalah salah satu pergurutan tinggi swasta di Bandung yang diresmikan di akhir tahun ’72. Kala itu R. Mansoer Wiratmadja pun ditetapkan sebagai rektor yang pertama untuk sekolah tersebut. Nama ITENAS ditetapkan pada 1984, setelah sebelumnya bernama ATENAS.

Di mana pada tahun tersebut otomatis mengubah status ITENAS, dari yang tadinya Akademi meningkat levelnya menjadi Institut. ITENAS berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Maksud didirikannya Yayasan ini adalah untuk melakukan kegiatan segala hal dalam bidang pendidikan dengan arti luas, termasuk di dalamnya Perguruan Tinggi.

Cara Pendaftaran Online ITENAS 2018/2019


Atas dasar pendirian Yayasan tersebutlah berdiri Akademi Teknologi Nasional (ATENAS) Bandung dan diresmikan pada tanggal 14 Desember 1972. Awalnya, kampus terdiri dari 4 jurusan, yaitu Arsitektur, Elektro, Mesin, dan Sipil. Kemudian barulah pada tahun 1984, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ATENAS mengalami peningkatan status menjadi Institut Teknologi Nasional (ITENAS) Bandung dan mengangkat Ir. R. Mansoer Wiratmadja sebagai rektor pertama di awal tahun 1984.

Kampus ITENAS berdiri di jalan PKH Mustofa No. 23, Kota Bandung. Hingga kini, ITENAS memiliki 3 fakultas, yang terdiri dari Fakultas Teknologi Industri (FTI), Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP), dan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). ITENAS memiliki 13 jurusan dan 300 orang tenaga pengajar yang merupakan lulusan dari dalam dan luar negeri. Tidak hanya program sarjana strata satu, ITENAS juga memiliki program studi magister, yang meliputi bidang teknik mesin, teknik industri, dan teknik sipil.

Tidak kalah dengan kampus-kampus unggulan Bandung lainnya, ITENAS memiliki fasilitas penunjang akademik dan non akademik yang mumpuni. Selain ruang kuliah, ITENAS juga dilengkapi dengan fasilitas, toko buku, perpustakaan, cafeteria, kantor pos, bank, klinik, seperti hotspot, studio pendidikan dasar, studio tugas akhir komunikasi visual, studio perancangan komunikasi visual, perpustakaan terpusat berakses internet, anjungan informasi mandiri, laboratorium komuputer, laboratoriuum bahasa, laboratorium fotografi, audio visual, galeri desain produk, bengkel desain produk, dan masih ada 50 laboratoriun serta 15 studio yang tersbar di 13 jurusan lainnya.

Terdapat pula fasilitas lengkap lainnya, seperti masjid, sarana olahraga (seperti; Voli, Extreme Sort, Basket, Tenis, dan Klinik), sarana kesenian (seperti; kesenian Sunda, Minang, Band, Teater, dan Paduan Suara), Student Center, Gedung serbaguna, dan koperaasi mahasiswa dan karyawan. Sayangnya, kelengkapan fasilitas ini tidak dilengkapi dengan lift.

ITENAS juga tidak hanya unggul dalam sisi akademik saja, namun juga sangat suportif terhadap berbagai macam kegiatan mahasiswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan tersedianya 23 Unik Kegiatan Mahasiswa yang terdiri dari UKM Seni, UKM Olahraga, Agama, dan minat bakat lainnya. Selain itu, mahasiswa/i ITENAS juga dapat turut aktif dalam himpunan mahasiswa yang terdiri dari 13 himpunan mahasiswa. Jumlah tersebut sesuai dengan banyaknya jumlah jurusan yang ada di kampus ITENAS.


Biaya Pendaftaran ITENAS

Jika Anda tertarik untuk mengenyam pendidikan tinggi di fakultas yang terbukti keunggulannya tersebut, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung, dengan membuka website http://simpmb.itenas.ac.id/includes/spmb. Setiap tahun ajar baru, ITENAS selalu membuka kesempatan besar bagi para lulusan SMK/SMA/MA bangsa untuk mendaftar masuk ITENAS. Terdapat tiga jalur pendaftaran yang ditetepkan oleh ITENAS, yaitu One Day Test, Ujian Saringan Masuk (USM), serta Penelusuran MInat dan Kemampuan (PMDK). Tentunya pendaftaran yang dilakukan membutuhkan biaya pendaftaran, seperti berikut:


1. One day test, biaya:
  • Jika memilih satu pilihan jurusan sebesar Rp. 225.000,-
  • Jika memilih dua pilihan jurusan sebesar Rp. 257.000,-


2. Ujian Saringan Masuk (USM), biaya:
  • Jika memilih satu pilihan jurusan sebesar Rp. 200.000,-
  • Jika memilih dua pilihan jurusan sebesar Rp. 250.000,-

3. Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK)
  • Bebas biaya pendaftaran
  • Pemotongan uang kuliah semester 1 sebesar Rp. 2.000.000,- untuk periode 1 dan Rp. 2.000.000,- untuk periode 2

Pembayaran biaya pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu melalui loket pembayaran (teller) secara langsung dan melalui ATM, dengan mekanisme pembayarannya sebagai berikut:


Melalui loket pembayaran (teller):

Calon mahasiswa hanya perlu menyebutkan jumlah pembayaran biaya pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandungdengan kode 9132. Kemudian, Anda akan ditanyakan mengenai nomor ujian Anda. Sebutkanlah nomor ujian Anda sesuai dengan yang Anda dapatkan.


Melalui ATM BNI

Selain melakukan pembayaran melalui loket pembayaran di bank, Anda bisa melakukan pembayaran biaya pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung melalui ATM BNI langsung, caranya:
  1. Masukkan pin ATM Anda
  2. Pilih Menu Pembayaran
  3. Pilih Menu Pembayaran Universitas
  4. Pilih Student Payment (SPC)
  5. Setelah muncul menu selanjutnya, masukkan kode ITENAS 9132
  6. Masukkan kode voucher Anda setelah kode universitas. Contoh, kode voucher Anda 201609999 menjadi 9132201609999

Jika Anda ingin mengikuti ujian masuk ITENAS dengan jalur One Day Test atau USM, berikut ini cara pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung jalur One Day Test/USM:
  1. Lakukan pemesanan voucher
  2. Cetak bukti pemesanan voucher
  3. Lakukanlah pembayaran melalui loket atau ATM BNI untuk mendapatkan pin
  4. Gunakan pin yang diberikan oleh pihak bank untuk registrasi
  5. Setelah registrasi, isi formulir biodata online
  6. Unggah foto dengan maksimal ukuran 100Kb dan berwarna
  7. Download dokumen pendukung (Surat Pernyataan DPP)
  8. Menyyerahkan surat pernyataan DPP wajib dan sukarela yang telah diisi
  9. Cetak  kartu USM/SPMB

Dari beberapa informasi yang sudah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran ITENAS mengikuti ketentuan yang sudah ditetapkan oleh panitia, apabila anda yang ingin mendaftar tentu harus mengikuti step by step yang sudah ditentukan, bagi yang ingin mengikuti pendaftaran silahkan kunjungi situs resmi ITENAS sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia penerimaan ITENAS terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play