Cara Pendaftaran Online ISI 2018/2019

ISI.ac.id - Cara Pendaftaran Online ISI Yogyakarta 2018/2019 Cara Melakukan Pendaftaran Institut Seni Idonesia Yogyakarta Pada kesempatan kali ini kita akan membahas terkait dengan cara pendaftaran ISI Yogyakarta, bagi siapa saja yang berminat mengikuti pendaftaran kampus ini kami kira informasi ini akan sangat berguna untuk anda oleh sebab itu simak informasi seperti berikut ini kita akan mulai dari yang pertama.

Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah sebuah lembaga pendidikan swasta yang menyediakan berbagai pilihan jurusan seni dengan program, baik setingkat D3, S1, dan juga Pasca Sarjana. Adapun program studi yang ditawarkan adalah Pendidikan Musik, Seni Rupa Murni, Desain Interior, Penciptaan Musik, Seni Kriya, Desain Produk, Sendratasik, Desain Komunikasi Visual, Seni Tari, Seni Musik, dan Teater.

Cara Pendaftaran Online ISI 2018/2019


FAKULTAS SENI RUPA
  1. Jurusan Seni Murni  merupakan program Studi S1 Seni Rupa Murni yang mengacu pada profil sebagai Seniman, (Pematung, Perupa Intermedia, Pelukis, Pegrafis), Kurator, Peneliti, dan Kritikus di bidang Seni Rupa Murni.
  2. Jurusan Seni Kriya merupakan program studi S1 Kriya Seni yang mengacu pada profil sebagai Desainer Kriya, Peneliti Kriya, Kriyawan, Konsultan Kriya, dan Instruktur Kriya. Untuk Program Studi D3 Batik dan Fashion yang mengacu pada profil sebagai Perancang busana dan batik.
  3. Jurusan Desain yang merupakan program studi S1 Desain Interior, Program Study  S1 Desain Komunikasi Visual, Program Studi S1 Desain Produk.
  4. Jurusan Tata Kelola Seni yang merupakan program studi S1 dengan profil sebagai Kurator Seni (Seni Rupa, Seni Pertunjukan, dan Seni Media Rekam) dan sebagai Manajer Seni.


FAKULTAS SENI MEDIA REKAM
  1. Jurusan Fotografi yang merupakan Program Studi S1 Televisi dengan profil sebagai Produser film dan TV, Sutradara Film dan TV, Penulis Skenario Film dan naskah TV, sinematografer, videographer, Penata Artistik Film dan TV, Penata Suara, Penyunting Gambar.
  2. Bagi Program Studi D3 Animasi profilnya adalah sebagai Animasi Game dan Film Animasi.

Serta seluruh jurusan di Fakultas Seni Pertunjukan yang bisa langsung dilihat di website resmi ISI. Untuk sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta terbuka bagi semua lulusan SMA/SMK atau yang sederajat  yang dilaksanakan secara mandiri di kampus ISI Yogyakarta melalui 2 jalur pilihan, yakni jalur umum seleksi penerimaan mahasiswa baru ISI Yogyakarta yang diselenggarakan secara mandiri berupa tes ujian seleksi di luar jalur SNMPTN atau SBMPTN. 

Yang kedua bisa juga melalui jalur khusus seperti mendaftar beasiswa BIDIKMISI, ini merupakan bantuan berupa dana pendidikan yang diberikan oleh pemerintah RI kepada para calon mahasiswa yang tergolong tidak mampu secara finansial namun memiliki potensi serta prestasi akademik. Selain itu ada juga jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan)  dimana program ini dikhususkan bagi para lulusan SMA/SMK yang baru lulus dengan beberapa ketentuan syarat seperti 25%.

Masuk dalam ranking tertinggi di kelas pada semester III, IV, V yang juga dibuktikan dengan surat keterangan dari Kepala Sekolah. Selain itu harus memiliki sertifikat prestasi diberbagai bidang pada tingkat Kabupaten, Propinsi, dan Nasional dalam kurun 3 tahun terakhir,  khususnya dibidang seni sesuai dengan program studi pilihan.

Adapun ketentuan-ketentuan umum sebagai persyaratan Pendaftaran Institut Seni Indonesia Yogakarta adalah:
  1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA, atau sederajat pada tahun 2016 dan sebelumnya, harus memiliki Ijazah dan SKHUN serta Ijazah dan nilai hasil ujian bagi lulusan paket C.
  2. Selanjutnya harus memiliki  Surat Keterangan Lulus Pendidikan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  3. Dan yang terakhir, mengikuti placement tes serta wawancara berdasarkan program studi yang dipilih.

Selain itu ada juga ketentuan-ketentuan khusus sebagai persyaratan yang diwajibkan bagi calon mahasiswa baru berupatingkat kesahatan yang harus dimiliki oleh para calon mahasiswa baru berdasarkan minat studinya, agar kedepannya tidak akan menjadi hambatan selama proses perkuliahan.

  1. Bagi seluruh fakultas studi kecuali pada jurusan Seni Musik, Penciptaan Musik, Pedidikan Musik, Penyajian Musik, Etnomusikologi dan seni karawitan adalah memiliki keterangan tidak buta warna dari Dokter Spesialis.
  2. Bagi Fakultas Sei Pertunjukan tidak boleh memiliki penyakit paru-paru dan THT.
  3. Bagi seluruh program studi Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Media Rekam ialah tidak cacat fisik, gagap dan gagu, yang nantinya akan mengganggu proses studi.

Dalam pendaftaran Institut Seni Indonesia Yogyakarta untuk menjadi mahasiswa di ISI Yogyakarta, ada 2 prosedur pendaftaran yang bisa kita ikuti, yakni melalui jalur pendaftaran SBMPTN dan melalui seleksi mandiri yang akan dilaksanakan pada jadwal yang sudah ditentukan dan akan diumumkan melalui website resmi ISI Yogyakarta. 

Bagi peserta pendaftaran calon mahasiswa baru yang berdomisili di luar pulau Jawa, dapat mengirimkan berkas verifikasi dan validasi data melalui jasa pengiriman barang dengan ketentuan tidak melewati batas waktu yang sudah ditentukan. Adapun biaya pendaftaran Institut Seni Indonesia Yogyakarta adalah sebagai berikut:

  1. Nominal biaya pendaftaran yang harus dibayarkan oleh peserta adalah sebesar Rp 200.000,00,-. hal ini berlaku untuk sekali pendaftaran.
  2. Biaya pendaftaran dapat ditrasfer langsung melalui semua counter Bank BNI, baik itu melalui teller di Bank, melalui internet banking maupun melalui ATM.
  3. Biaya yang telah ditransfer tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Adapun hal-hal yang harus dipersiapkan untuk materi ujian seleksi adalah sebagai berikut:

1. Fakultas Seni Rupa dan Fakultas Seni Pertunjukan
  • Tes praktik uji keterampilan berdasarkan program studi yang dipilih
  • Tes wawancara

2. Fakultas Seni Media Rekam
  • Tes tertulis tentang seberapa luas wawasan tentang Televisi dan Fotografi
  • Tes keterampilan Program Studi D3 Animasi.
  • Tes wawancara dan disertai dengan portofolio atau hasil karya yang sesuai dengan program studi yang dipilih antara Animasi, Fotografi, dan Televisi.

Itulah ulasan proses pendaftara di ISI Yogyakarta. Informasi pendaftaran ISI silahkan kunjungi situs isi.ac.id anda tingga melengkapi berkas dan melakukan pendaftaran secara online sesuai dengan ketentuan yang berlaku, jika terdapat pertanyaan seputar pendaftaran dapat di informasi melalui situs resmi dan contak panitia semoga bisa memberikan manfaat terima kasih.
GET IT ON Google Play