Cara Pendaftaran Online CATA TNI AD, AU, AL 2018/2019

Rekrutmen-tni.mil.id - Cara Pendaftaran Online CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU Tahun 2018/2019  merupakan waktu penyelenggaraan rekrutmen besar-besaran yang dilakukan oleh Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) yang salah satunya merupakan rekrutmen Calon Tamtama (CATA) TNI AD, TNI AL, dan TNI AD. Pada umumnya, rangkaian tes, persyaratan, dan pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU hampir sama.

Informasi selengkapnya mengenai rekrutmen ini dapat di lihat pada website resmi masing-masing golongan. Melalui informasi ini kita akan membahas secara mendalam bagaimana cara mengikuti CATA AL-AU- ataupun AD untuk lebih jelas berikut beberapa uraian terkait dengan Cara Pendaftaran untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Cara Pendaftaran Online CATA TNI AD, AU, AL 


Link Yang Bisa Dikunjungi Untuk Pendaftaran CATA

  1. Untuk pendaftaran CATA TNI Angkatan Darat kunjungi link ad.rekrutmen-tni.mil.id untuk mengetahui segala informasi tentang pendaftaran
  2. Pendaftaran CATA TNI Angkatan Laut anda bisa klik link al.rekrutmen-tni.mil.id
  3. Jika anda ingin mendaftar sebagai CATA TNI Angkatan Udara bisa mengunjungi link au.rekrutmen-tni.mil.id

Syarat Pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU

Masing-masing golongan TNI hampir memiliki syarat-syarat pendaftaran yang sama, antara lain:
  1. Laki-laki yang tidak terikat dengan hubungan dinas lain seperti Polri, Prajurit, PNS, dan sebagainya.
  2. Berpendidikan minimal SMP atau yang dipersamakan.
  3. Memiliki tinggi badan minimal 163 cm yang proporsional dengan berat badan.
  4. Belum menikah dan harus bersedia untuk tidak menikah selama menjalani proses pendidikan pertama hingga sekurang-kurangnya 2 tahun setelah dinyatakan lulus dari pendidikan.
  5. Bersedia untuk menjalani ikatan dinas paling tidak 10 tahun sejak dilantik menjadi prajurit TNI dan siap untuk ditempatkan diseluruh wilayah Indonesia, terutama daerah rawan konflik.
  6. Bersedia mengikuti rangkaian pemeriksaan, pengujian, dan seleksi yang diadakan oleh panitia penerimaan siswa baru
  7. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal berusia 22 tahun saat dibukanya pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU.
  8. Tidak memiliki catatan kriminal dan terlibat dengan kasus hukum yang terdaftar dalam kepolisian.
  9. Tidak kehilangan hak untuk menjadi seorang prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkrah).
  10. Mendapat persetujuan dari orang tua jika CATA belum memasuki usia 21 tahun. Dituangkan dalam surat pernyataan yang dibubuhi tanda tangan dan bermaterai.

Ada baiknya ketika sebelum mendaftar menyiapkan berbagai keperluan yang menjadi syarat, dimulai dari kesiapan mental hingga ketangguhan fisik.


Tata Cara Pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU
  1. Melakukan pendaftaran online dengan cara mengunjungi salah satu link yang telah disebutkan diatas.
  2. Pendaftaran dilakukan sesuai dengan batas waktu yang telah ditetapkan oleh panitia.
  3. Jika calon pendaftar belum memahami cara Pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU maka bisa langsung mendatangi sekertariat penerimaan CATA TNI terdekat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.
  4. Pilih menu pendaftaran CATA TNI.
  5. Login dengan menggunakan username berupa email dan masukan password.
  6. Isi data diri dan semua lembar isian yang telah disediakan oleh panitia dengan data yang sesuai dengan dokumen.
  7. Cetak formulir pendaftaran yang telah diisi untuk kemudian dijadikan sebagai bukti telah melakukan pendaftaran
  8. Jika hasil pengumuman penerimaan CATA TNI sudah keluar, maka persiapkan diri anda untuk mengikuti tahap seleksi selanjutnya yaitu registrasi fisik.

Siapkan beberapa dokumen yang diminta sebagai persyaratan untuk menjadi Calon Tamtama. Dokumen tersebut antara lain:
  • Lembar formulir online  yang telah dicetak.
  • Pas foto berwarna dan hitam putih ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing berjumlah minimal 6 buah.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk pendaftar dan orang tua
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Fotokopi Ijazah dari mulai pendidikan dasar hingga pendidikan akhir
  • Surat Keterangan Catatan Kriminal atau surat kelakuan baik dari pihak kepolisian
  • Surat keterangan bebas NAPZA
  • Surat keterangan sehat dari instansi kesehatan

Semua persyaratan harus di legalisir oleh instansi yang bersangkutan untuk memastikan kebenaran data yang dijadikan sebagai syarat pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU.


Rangkaian Tes Yang Dilakukan Oleh Panitia

Ketika calon siswa Tamtama telah dinyatakan lolos melewati tahap seleksi administrasi yang dilakukan oleh panitia, maka selanjutnya akan dilakukan beberapa rangkaian tes yang telah ditetapkan Standar Operasional Prosedurnya untuk menguji ketangguhan CATA.


1. Tes Akademik

Tes pertama yang dilakukan setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi yaitu tes tulis. Tes ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh CATA TNI AD, CATA AL, dan CATA AU. Mereka akan di beri beberapa soal tentang pengetahuan dasar meliputi kemampuan berbahasa Indonesia, pengetahuan seputar wawasan nusantara, dan tentunya TPA untuk mengukur IQ Calon Tamtama.


2. Tes Ketangguhan Fisik

Tes ini dilakukan setelah siswa dinyatakan lolos melewati tes akademik. Seorang prajurit harus memiliki fisik yang kuat dan pengetahuan yang luas. Untuk mengukurnya, maka diadakan beberapa rangkaian tes seperti lari jarak jauh, atletik, bahkan ada tes yang berupa simulasi perang.


Fasilitas Yang Diterima Oleh CATA Yang Lolos

Ketika siswa pendaftar berhasil melewati rangkaian tes yang dilakukan oleh panitia dan dinyatakan lolos, maka ada beberapa fasilitas yang bisa dinikmati oleh Calon Prajurit Tamtama diantaranya:

  • Pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh lembaga TNI.
  • Mendapatkan mes (tempat tinggal) yang ditempati bersama dengan CATA lain, maksimal 6 orang per ruangan.
  • Mendapatkan konsumsi 3x sehari dengan menu 4 sehat 5 sempurna
  • Mendapatkan fasilitas pembentukan badan agar menjadi lebih proporsional
  • Semua fasilitas diatas terbebas dari segala biaya.


Pembatasan Hak Yang Yang Diterima Oleh CATA

Ketika seseorang memutuskan untuk melakukan pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU, ia pasti sudah paham dengan segala konsekuensinya. Salah satunya yaitu pembatasan hak yang dilakukan oleh instruktur pelatih dan Lembaga TNI seperti:

  1. Dilarang membawa alat komunikasi dalam bentuk apapun.
  2. Dilarang membawa makanan dan minuman dari luar.
  3. Dilarang pulang ke rumah ketika masih dalam waktu pendidikan, kecuali jika ada hal yang benar-benar mendesak misalnya orang tua sakit atau meninggal dunia.
  4. Harus bersedia mengikuti rangkaian pendidikan meskipun terkadang dilakukan diluar jam normal. Contohnya latihan perang yang dilakukan pada jam 2 dini hari.

Nah, itulah beberapa rangkaian, syarat, dan tata cara pendaftaran CATA TNI AD, CATA AL, CATA AU yang diselenggarakan oleh Lembaga TNI pada tahun 2017. Ada baiknya jika sebelum mendaftar menanyakan terlebih dahulu kepada kerabat atau teman yang telah menjadi Prajurit TNI sehingga segala persyaratan sudah disiapkan dengan lebih matang.
GET IT ON Google Play