Cara Pendaftaran Online Politeknik Negeri Kupang 2018/2019

PNK.ac.id - Cara Pendaftaran Politeknik Negeri Kupang 2018/2019 berikut Politeknik Negeri Kupang atau yang juga biasa disingkat PNK merupakan salah satu politeknik negeri yang ada di Indonesia. Sebagai politeknik negeri, maka pendaftaran Politeknik Negeri Kupang pun diselenggarakan serentak dengan berbagai politeknik negeri lainnya di Indonesia.

Ketentuan tersebut memang sudah dari beberapa waktu lalu diterapkan. Maka, Anda yang ingin mendaftar di politeknik negeri, hendaknya memilih dengan cermat mana politeknik yang ingin dimasuki. Pemilihan jurusan tentu baiknya disesuaikan dengan minat Anda. Jangan sampai memiliki moto jurusan apa saja asal di politeknik negeri. Politeknik memang diminati oleh banyak orang dan biasanya banyak pihak yang menyarankan untuk masuk ke politeknik dengan alasan lebih fokus pada keahlian sehingga mudah mendapat pekerjaan.


Cara Pendaftaran Online Politeknik Negeri Kupang 2018/2019

Namun, jangan sampai melupakan bahwa untuk menjalankan dunia perkualiahan perlu juga didasari oleh minat dan ketertarikan dari diri sendiri. Politeknik sendiri merupakan salah satu bentuk perguruan tinggi, sementara bentuk perguruan tinggi lainnya yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi. Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. Inilah perbedaan utama antara politeknik dengan bentuk perguruan tinggi lainnya.

Dengan pengkhususan kepada pendidikan vokasi, maka tak heran jika banyak orang yang memilih untuk menempuh pendidikan di bentuk perguruan tinggi ini. Untuk itu biasanya mendekati dibukanya pendaftaran politeknik, banyak dicari informasi tentang berbagai politeknik di Indonesia, termasuk tentang pendaftaran Politeknik Negeri Kupang.

Kini, jarak bukanlah penghalang untuk menempuh pendidikan. Maka, Politeknik Negeri Kupang tentu tidak terbatas hanya untuk siswa/siswi dari SMA/Sederajat yang ada di sekitar Kupang. Untuk itu, Anda yang berminat untuk masuk politeknik, tenang saja karena ada cukup banyak politeknik di Indonesia. Politeknik Negeri Kupang bisa menjadi salah satu pilihan yang untuk Anda.

Sekilas tentang Politeknik Negeri Kupang, sebelum kita membahas tentang pendaftaran Politeknik Negeri Kupang. Politeknik Negeri Kupang berdiri sejak tahun 2004. Mengawali dibentuknya dengan berada di bawah naungan Universitas Nusa Cendana Kupang. Kemudian Politeknik Negeri Kupang menjadi perguruan tinggi yang mandiri dan langsung bertanggungjawab kepada Dirjen DIKTI Departemen Pendidikan Nasional sejak dikeluarkannya SK Dirjen Dikti No. 148/O/2004, tanggal 22 November 2004.

Jurusan Politeknik Negeri Kupang

Anda yang tertarik untuk mendaftar di Politeknik Negeri Kupang akan memiliki 5 pilihan jurusan pada program pendidikan Diploma III. Apa saja jurusannya? Kelimanya yaitu :
  1. Jurusan Teknik Sipil
  2. Jurusan Teknik Mesin
  3. Jurusan Teknik Elektro
  4. Jurusan Administrasi Bisnis
  5. Jurusan Akuntansi. 
Masing-masing jurusan ini masih terdiri dari program studi dan juga konsentrasi yang bisa Anda pilih sesuai minat. Anda bisa mulai memilih dan menentukannya sebelum dibukanya pendaftaran Politeknik Negeri Kupang tahun 2018 nanti. Kemudian selain program pendidikan Diploma III, Anda juga bisa memilih program pendidikan Diploma IV. Untuk program pendidikan Diploma IV ini, Politeknik Negeri Kupang memiliki 4 pilihan jurusan yaitu :
  1. Jurusan Teknik Sipil
  2. Jurusan Adminstrasi Bisnis
  3. Jurusan Akuntansi
  4. Jurusan Pariwisata. 
Tentunya keempat jurusan ini juga masing-masing terdiri dari program studi dan konsentrasi. Mana diantara berbagai pilihan jurusan tersebut yang membuat Anda tertarik? Jika Anda sudah memiliki pilihan jurusan sejak awal, maka Anda bisa memantapkannya mulai sekarang. Kemudian jika Anda masih bingung dan ragu-ragu, maka Anda bisa mecari informasi lebih dalam tentang masing-masing jurusan tersebut.

Misalnya tentang apa yang dipelajari di dalamnya, peluang kerjanya, dan sebagainya. Atau dari pilihan program pendidikan yang tersedia di Politeknik Negeri Kupang, Anda masing bingung tentang perbedaan Diploma III dan Diploma IV? Maka, Anda juga perlu untuk memperdalam informasinya agar bisa lebih memudahkan dalam menentukan pilihan. Sambut pendaftaran Politeknik Negeri Kupang dengan pilihan yang mantap. Lalu bagaimana cara mendaftar di politeknik yang satu ini?

Jalur Pendaftaran Politeknik Negeri Kupang

Untuk melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Kupang, seperti juga di berbagai politeknik negeri di Indonesia, ada berbagai jalur masuknya seperti :
  1. PMDK
  2. UMPN
  3. Ujian Masuk Lokal 
  4. Jalur bidikmisi. 

Adanya berbagai jalur tersebut semakin memberikan peluang bagi para pendaftar Politeknik Negeri Kupang. Untuk pendaftaran biasanya dilakukan serentak antara seluruh politeknik negeri yang ada di Indonesia. Biasanya pembukaan penraftaran tersebut dimulai bulan Februari. Maka, jika menghitung dari sekarang, waktunya tersisa sekitar 4 bulan. Dengan waktu tersebut, Anda bisa memanfaatkannya dengan baik untuk mencari informasi lebih banyak tentang Politeknik Negeri Kupang juga politeknik negeri lainnya di Indonesia. Pendaftaran ini dilakukan secara online dan juga offline.

Nah, soal biaya kuliah di Politeknik Negeri Kupang, tak usah terlalu khawatir. Seperti juga berbagai politeknik negeri lainnya di Indonesia, biayanya relatif murah. Inilah yang menjadi banyak pertimbangan pendaftar tentunya selain bahwa politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi. Untuk biaya kuliah di Politeknik Negeri Kupang telah mengikuti pola Uang Kuliah Tunggal atau UKT. UKT terdiri 6 level dengan penentuan level didasarkan pada kemampuan ekonomi orangtua calon mahasiswa. Contoh nominal UKT di Politeknik Negeri Kupang yaitu pada :
  1. jurusan Akuntansi UKT untuk level 1 yaitu sebesar Rp 500.000,-. 
  2. Kemudian untuk levei 2 yaitu sebesar Rp 1.000.000,-. 
  3. Sementara untuk level 3 yaitu sebesar Rp 1.180.000,- hingga level 6.

Nantinya, saat pendaftaran, para calon mahasiswa diminta untuk mengisi formulir dan salah satunya adalah tentang gaji orangtua, tanggungan keluarga, tanggungan rumah, dan sebagainya. Maka, telitilah saat mengisi data tersebut karena akan digunakan oleh perguruan tinggi untuk menghitung UKT untuk masing-masing calon mahasiswa. Kini, jangan ragu lagi untuk mengikuti pendaftaran Politeknik Negeri Kupang. Selamat berjuang, semoga sukses!
GET IT ON Google Play