Cara Pendaftaran Online UNTAG 2018/2019

Pmb.untag-sby.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNTAG Surabaya 2018/2019. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Secara Online Universitas 17 Agustus 1945 merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang tersebar di 7 kota yang berbeda, termasuk di Surabaya. Pada awalnya universitas 17 Agustus 1945 atau UNTAG berdiri di Jakarta. Setelah berdiri selama beberapa tahun, UNTAG Surabaya pun memisahkan diri dari UNTAG Jakarta.

Hal ini dilatar belakangi oleh dibentuknya Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 berdasarkan Undang-Undang No.22 Tahun 1961 tentang Perguruan Tinggi. Selanjutnya, pisahnya UNTAG Surabaya dengan UNTAG lainnya diperkuat dengan Surat Keputusan Rektor No. 789/UNTAG/K/1977. Dengan begitu, Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya pun bisa dilakukan secara terpisah dari UNTAG lainnya dan khusus untuk UNTAG Surabaya.

Cara Pendaftaran Online UNTAG 2018/2019


Program dan Biaya Pendidikan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya memiliki program pendidikan yang lengkap, mulai dari program sarjana (S1), program magister (S2) dan program doktor (S3). Program sarjana yang ada di UNTAG Surabaya terdiri dari 6 Fakuktas. Sementara itu, untuk program Magister di UNTAG Surabaya terdapat program studi Magister administrasi, magister manajemen, Magister hukum, magister teknik sipil, dan magister psikologi.

Kemudian untuk program Doktor, terdapat program studi Magister ilmu administrasi, magister ilmu hukum, dan magister ilmu ekonomi. Setiap program studi dari mulai program sarjana hingga program doktor sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dengan pilihan program studi yang lengkap dan terakreditasi tersebut, calon mahasiswa pun tidak akan bingung lagi menentukan pilihan prigram studi yang diinginkan dalam Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya.

Mengenai biaya pendidikan, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya mengenakan biaya Dana Pengembangan Pendidikan atau DPP. Nilai biaya DPP tersebut sangat bervariasi sesuai dengan program studi yang dipilih. Misalnya pada tahun ajaran 2016/2017 DPP untuk program studi S1 Manajemen sebesar 11 juta rupiah, S1 Ilmu hukum sebesar 8,5 juta rupiah, atau S1 Sastra Inggris sebesar 7 juta rupiah.

Biaya DPP paling tinggi pada tahun ajaran 2016/2017 adalah untuk program studi S1 Teknik Informatika yaitu sebesar 12,5 juta rupiah. Besarnya biaya DPP tersebut belum termasuk biaya formulir Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya sebesar 350 ribu rupiah, biaya oenyambutan mahasiswa baru sebesar 300 ribu rupiah, dan biaya praktikum, serta biaya her-registrasi sebesar 100 ribu rupiah.

Tidak seperti perguruan tinggi lain yang mewajibkan pembayaran biaya kuliah persemester, UNTAG Surabaya mengenakan biaya kuliah perbulan. Besaran biaya kuliah tersebut juga bervariasi sesuai dengan jam kuliah dan program studi yang dipilih. Misalnya program studi Administrasi publik menetapkan uang kuliah kelas pagi sebesar 600 ribu rupiah dan 750 ribu rupiah untuk jam malam. Selain itu, program ilmu hukum menetapkan uang kuliah untuk kelas pagi yaitu 700 ribu rupiah dan 850 ribu rupiah untuk jam malam setiap bulannya.

Rata-rata biaya kuliah setiap bulannya hampir sama untuk setiap program studi yaitu mulai dari 600 hingga 700 ribu rupiah untuk kelas pagi, dan 750 hingga 850 ribu rupiah untuk kelas malam. Meskipun pembayaran biaya pendidikan dilakukan setiap bulan, namun biaya Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang dikenakan tetap dibedakan dengan uang kuliah. Pembayaran uang kuliah tersebut bisa dilakukan setiao tanggal 1 hingga 10.


Persyaratan Pendaftaran

Bagi Anda yang berminat melakukan Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, ada beberapa persyaratan yng harus dipenuhi. Persyaratan tersebut yaitu:
  1. membayar biaya pendaftaran mulai dari biaya formulir, hingga biaya penyambutan siswa. 
  2. Selanjutnya peserta calon mahasiswa juga hsrus melengkapi dokumen persyaratan yang terdiri dari Pasfoto berwarna 3x4, 
  3. fotokopi ijazah yang telah dilegalisir, 
  4. fotokopi akta kelahiran, dan fotokopi KTP. 
  5. Masing-masing dokumen persyaratan tersebut sebanyak 2 lembar. 
  6. Selain itu, calon peserta didik baru juga harus melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter rumah sakit pemeribtah sebanyak 2 lembar khusus untuk calon mahasiswa jurusan teknik arsitektur, teknik elektro dan ilmu Psikologi. 
  7. Apabila semua persyaratan tersebut sudah terpenuhi, Anda bisa lanjut ke proses pendaftaran.

Cara Pendaftaran

Supaya proses pendaftaran bisa dilakukan dengan tepat, Anda dapat memahami alur Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Alur pendaftaran yang pertama yaitu membeli formulir pendaftaran yang hanya bisa dilakukan melakui bank Jatim. Ketika melakukan pembelian formulir pendaftaran tersebut, Anda akan langsung diberi nomor token agar dapat melanjutkan pendaftaran. 

Setelah itu, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran secara online melalui situs http://pmb.untag-sby.ac.id/. Melalui situs tersebut, Anda bisa langsung melakukan pengisian data diri. Jika pengisian data diri sudah selesai, akan ada pilihan menu untuk melakukan cetak formulir pendaftaran dan kartu ujian. Kemudian Anda pilih menu cetak formulir pendaftaran dan kartu ujian tersebut.

Dari kartu ujian yang didapatkan, Anda akan mengetahui jadwal ujian masuk Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya karena pada kartu ujian tersebut telah tertera tanggal ujian dan lokasi ujian. Jika sudah melakukan ujian, selanjutnya akses kembali situs web resmi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UNTAG Surabaya. Apabila Anda dinyatakan lulus seleksi atau tes, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan daftar ulang. Tahap registrasi fisik atau melakukan daftar ulang ini biasanya dilakukan langsung di kampus UNTAG Surabaya.

Tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk melakukan Pendaftaran Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sangat mudah dilakukan. Apabila Anda ingin mendapatkan informasi yang kebih lengkap baik mengenai profil Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, maupun cara pendaftarannya, Anda bisa langsung mengakses situs resmi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yaitu untag-sby.ac.id.
GET IT ON Google Play