Cara Pendaftaran Online UNPAS 2018/2019

UNPAS.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNPAS 2018/2019 Pendaftaran Universitas Pasundan dan Biaya Pendidikan Beragam universista berbasis swasta di Indonesia memiliki akreditasi yang dikenal baik dan banyak dipilih sebagai solusi universitas swasta di samping universitas negeri. Salah satunya Universitas Pasundan atau UNPAS yang terletak di Bandung.

Mungkin ada dari Anda tertarik memilih universitas ini, berikut informasi seputar pendaftaran Universitas Pasundan beserta biaya, juga mekanisme alur registrasi mahasiswa. Ulasan ini disertai profil singkat Universitas UNPAS dan fasilitasnya. Untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi terkait dengan UNPAS.

Cara Pendaftaran Online UNPAS 2018/2019


Profil dan Sejarah Universitas Pasundan

Universitas berbasis swasta UNPAS berdiri sejak tahun 1960, tepatnya pada tanggal 14 November. Kepopuleran universitas satu ini karena masuknya mereka dalam peringkat ke-49 sebagai perguruan tinggi terbaik menurut Kemenristek Dikti. Mahasiswanya sendiri dikenal bukan datang dari Indonesia saja, tetapi juga luar negeri di antaranya Singapur, Thailand, Malaysia, Jepang, China, Korea, Polandia, Jerman, Hungaria, dan lain-lain.

Maka cara pendaftaran Universitas Pasundan dibuka secara online dengan paduan beberapa bahasa. UNPAS memiliki visi dan misi yang kuat yaitu untuk bisa menjadi bagian dari komunitas akademik di peringkat internasional dengan mengusung nilai Sunda dan Islam pada tahun 2021. Sementara misinya ialah mengadakan pendidikan dan mewujudkan penelitan yang bertaraf internasional, meningkatkan martabat manusia dengan mengabsi pada masyarakat, mengembangkan dan memelihara budaya Sunda, serta menjaga dan memelihara syi’ar Islam. Universitas Pasundan memiliki 5 kampus yang terletak di lokasi berbeda-beda di Kota Bandung. Kelima kampus tersebut terletak di Jalan Lengkong Besar, Jalan Tamansari, Jalan Wartawan IV, Jalan Setiabudhi, dan Jalan Sumatera.


Fasilitas, Jurusan, dan Program

Fasilitas dan layanan Universitas Pasundan tergolong lengkap, dari mulai fasilitas layanan yang mendukung sistem dan proses pendidikan mahasiswa, hingga fasilitas layanan yang hadir untuk menambah menyamanan serta kemudahan bagi mahasiswa. Sedangkan untuk jurusan dan program yang juga bisa Anda lihat dari pendaftaran Universitas Pasundan ialah Program S1, Porogram S2, dan Program S3. Jurusan terdiri dari di antaranya Hukum, Ilmu Sosial dan Politik, Teknik, Ekonomi, Keguruan dan Ilmu Pendidikan, juga Ilmu Seni dan Sastra.


Informasi Bagi Calon Mahasiswa

Khusus bagi para calon mahasiswa UNPAS, Anda perlu memahami beberapa hal mengenai UNPAS. Pertama, mengenai kalender akademik, Anda bisa mengikuti kalender akademik di situs resmi mereka untuk mengetahui jadwal kegiatan belajar-mengajar di kampus. Begitu juga informasi seputar fakultas. Setiap jurusan dan angkatan memiliki unit kegiatan mahasiswa dengan tujuan pengembangan.

Selain itu bagi mahasiswa kurang mampu dan berprestasi, Anda bisa mengikuti program beasiswa yang disediakan oleh UNPAS. Sementara bagi para calon mahasiswa dari luar daerah dan negara, Anda bisa memanfaatkan fasilitas asrama. Hal-hal ini bisa menjadi pertimbangan dalam pendaftaran Universitas Pasundan Bandung.


Cara Mendaftar Universitas Pasundan

Terdapat III gelombang yang dibuka pada penerimaan siswa bari di Universitas Pasundan atau PMB UNPAS setiap tahunnya. Pendaftaran gelombang ke-1 biasanya dibuka pada awal tahun dimulai antara Januari-Februari, gelombang ke-2 dibuka mulai Mei, dan  gelombang ke-3 biasanya dibuka mulai Juli. Kegiatan proses pendaftaran Universitas Pasundan terdiri dari pendaftaran, ujian masuk, pengumuman, registrasi, dan pendaftaran OPMB. Dua macam cara mendaftar PMB UNPAS yaitu:


Pendaftaran Online
  1. Calon mahasiswa wajib membuka protal resmi pendaftaran PMB UNPAS (Potal PMB Online) dan melakukan pendaftaran dengan mengisi identitas, juga mencetak bukti pendaftaran.
  2. Calon mahasiswa wajib melakukan pebayaran PMB sebesar Rp 300.000,- untuk program S1, Rp 500.000,- program S2, dan Rp 1.000.000,- untuk program S3 ke rekening pilihan resmi kampus yang telah disediakan. (Harap sebelum membayar, mendaftar terlebih dahulu melalui portal)
  3. Langkah berikutnya untuk pendaftaran Universitas Pasundan ialah dengan kembali mengunjungi portal pendaftaran, lalu log in menggunakan nomer kwitansi dan password pada bukti pendaftaran, Isi informasi asal sekolah dan jurusan yang ingin dipilih. Kemudian cetaklah kartu ujian masuk, sertai dengan pas foto 2x3.

Pendaftara Langsung di Sekertariat Kampus

Anda bisa melakukan pendaftaran secara langsung dengan mendatangi sekertariat pendaftaran mahasiswa bari di masing-masing kampus Universtas Pasundan Bandung. Jangan lupa membawa pas foto 2x3 minimal 1 lembar.


Biaya Pendidikan Universitas Pasundan

Biaya pendidikan di UNPAS tergantung pada program dan jurusan. Sedikit informasi, biaya pendidikannya terdiri dari 3 macam yaitu DP (Dana Pengembangan), DPP (Dana Penyelenggaraan Pendidikan), dan Biaya Pengenalan Kehidupan Kampus. Untuk biaya program S1 tahun 2017 Fakultas Hukum DP sebesar Rp 5.300.000,- dan DPP mulai dari Rp 13.000.000,- sampai Rp 15.000.000,-/tahun, Fakultas Teknik DP sebesar Rp 6.800.000,- dan DPP mulai dari Rp 18.000.000,- sampai Rp 20.500.000,-/tahun, 

Fakultas Ekonomi Bisnis DP sebesar Rp 5.300.000,- dan DPP mulai dari Rp 16.750.000,-/tahun, Fakultas Keguruan Pendidikan DP sebesar Rp 5.300.000,- dan DPP mulai dari Rp 8.750.000,-/tahun, Fakultas Ilmu Seni SastraDP sebesar Rp 5.300.000,- dan DPP mulai dari Rp 11.655.000,- sampai Rp 14.850.000,-/tahun. Besar biaya bisa berubah setiap tahunnya sehingga bisa Andda pertimbangkan sebagai bagian dari pendaftaran Universitas Pasundan di tahun lain.


Pembayaran Biaya Pendidikan

Beberapa pilihan untuk melakukan pembayaran di antaranya melalui Bank BJBTeller, ATM, Internet Banking, dan Transfer. Sebelum melakukan pendaftaran, para calon mahasiswa diharapkan menyiapkan sejumlah dokumen wajib seperti formulir pendaftaran resmi dari portal pendaftaran, foto copy ijazah yang telah dilegalisir, foto copy bukti pembayaran, foto copy tanda lulus ujian masuk UNPAS, 

Foto copy kartu keluarga, surat pernyataan, surat keterangan kelakuan baik dan surat keterangan kesehatan, pas foto, dan lain-lain. Lebih lengkap seputar pendaftaran Universitas Pasundan bisa dilihat langsung pada situs resminya www.unpas.ac.id atau pmb.unpas.ac.id (portal khusus pendaftaran PMB).
GET IT ON Google Play