Cara Pendaftaran Online UNMER 2018/2019

UNMER.ac.id - Cara Pendaftaran Online UNMER 2018/2019 Seluk Beluk Pendaftaran Universitas Merdeka Malang Bagi Anda murid kelas 12 dan yang ingin meneruskan ke jenjang perkuliahan, persiapan sejak dini haruslah dilakukan. Hal ini karena dengan melakukan persiapan sejak dini, Anda dapat mendapatkan banyak keuntungan. Anda dapat memilih universitas yang sesuai dengan jurusan yang diinginkan.

Jika Anda ingin kuliah di malang, ada banyak universitas yang berada di malang. Salah sat universitas terkenal di malang adalah universitas merdeka. Pendaftaran universitas Merdeka Malang memiliki alur yang mudah dan dapat dilakukan secara online. Jika Anda tertarik masuk universitas ini, berikut ulasan cara pendaftarannya untuk Anda.

Cara Pendaftaran Online UNMER 2018/2019


Alur Pendaftaran Universitas Merdeka Malang

Nah, bagi Anda yang ingin mendaftar di universitas Merdeka Malang, ada alur pendaftaran yang harus Anda ikuti. Jangan khawatir, alur pendaftaran tersebut cukup mudah dilakukan dan diikuti. Anda dijamin tidak akan kesulitan untuk mengakses dan mendaftar ke universitas Merdeka Malang ini. Lalu, bagaimana alur pendaftaran universitas Merdeka Malang? Mari kita simak bersama


1. Membeli formulir

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai pendaftaran universitas Merdeka Malang tentunya membeli formulir. Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk membeli formulir. Cara pertama adalah dengan menggunakan sistem Sevimapay. Cara yang kedua adalah dengan menggunakan metode host to host dari bank BRI.


2. Daftar online

Setelah Anda membeli formulir, Anda dapat langsung melakukan pendaftaran secara online. Pendaftaran secara online dapat dilakukan melalui link pmb.unmer.ac.id. Setelah Anda membuka laman tersebut, yang perlu Anda lakukan hanya melakukan pengisian data.


3. Isi data

Nah, setelah Anda masuk ke laman yang ditentukan, Anda akan dihadapkan dengan formulir online. Isi semua kolom yang dibutuhkan sesuai dengan ketentuan dan diisi dengan data yang sebenar-benarnya. Setelah selesai mengisi, Anda dapat menyimpan data Anda dengan klik button simpan. Setelah Anda menyimpan data Anda, maka Anda akan mendapatkan nomor pendaftaran serta password lengkap dengan username nya.


4. Kirim berkas

Setelah Anda selesai melakukan pendaftaran secara online, langkah selanjutnya adalah mengirim berkas yang disyaratkan selambat-lambatnya 7 hari sebelum tes seleksi dilaksanakan. Pastikan Anda melakukannya dengan benar dan sesuai aturan agar Anda dapat melaksanakan tes dengan lancar.


5. Tes seleksi

Setelah pengiriman berkas, yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti tes sesuai dengan waktu yang ditentukan.


6. Berita kelulusan online

Berbagai pengumuman termasuk pengumuman hasil tes dan seleksi universitas Merdeka Malang dapat diketahui dengan membuka laman pmb.unmer.ac.id. Nah, di sini, fungsi password dan username yang kita dapatkan saat pendaftaran online menjadi penting. Anda harus melakukan log in terlebih dahulu sebelum mengetahui hasil tes Anda. Username Anda adalah nomor pendaftaran, sedangkan passwordnya adalah tanggal lahir dengan format tahun, bulan, hari (yyyymmdd).


7. Daftar ulang

Jika Anda dinyatakan lulus, Anda dapat melakukan daftar ulang sesuai dengan jadwal yang ada. Jika Anda sudah melaksanakan daftar ulang, maka Anda akan mendapatkan nomor induk mahasiswa dan sudah sah menjadi mahasiswa universitas Merdeka Malang.

Bagi Anda yang masih kebingungan dengan cara daftar secara online, Anda dapat menghubungi call center yang siap sedia untuk melayani calon mahasiswa yang mengalami berbagai kesulitan mulai dari cara pembayaran sampai dengan cara melakukan pendaftaran sesuai alur.


Biaya Pendaftaran Universitas Merdeka Malang

Sama seperti universitas lainnya, universitas Merdeka Malang juga memiliki rincian biaya yang harus dibayarkan sebelum masuk universitas. Biaya tersebut biasanya menjadi salah satu syarat daftar ulang. Jadi, hanya mereka yang telah membayar sesuai ketentuan yang akan mendapatkan NIM. Selain biaya pendaftaran universitas Merdeka Malang, biaya yang nantinya perlu dipikirkan adalah biaya yang disyaratkan sebagai uang masuk universitas. 

Adapun uang masuknya berbeda sesuai dengan program studi yang diambil. Untuk biaya SPP setiap semester disamakan setiap program studi, yaitu Rp 2.650.000,- untuk semua program studi kelas pagi dan Rp 2.950.000,- untuk semua program studi kelas malam. Adapun kisaran uang masuk yang perlu dibayarkan cukup beragam mulai Rp 6.000.000,- sampai dengan Rp 13.000.000,-. Sesuai dengan pilihan program studi yang diambil.


Program Studi yang Dapat Diambil

Universitas Merdeka Malang memiliki banyak program studi yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Program studi tersedia untuk jenjang strata 1 maupun diploma 3. Bagi Anda yang tertarik memasuki program studi yang termasuk dalam ranah sosial humaniora, Anda dapat mengambil program Si akuntansi, ilmu komunikasi, ekonomi pembangunan, dan administrasi publik. 

Untuk program studi sosial humaniora diploma 3, tersedia pilihan bahasa inggris, perbankan keuangan, usaha perjalanan wisata, psikologi, perhotelan, dan akuntansi. Untuk ranah sains dan teknik, ada banyak prodi pilihan. Diantaranya adalah program strata 1 teknik sipil, arsitektur, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik industri. Untuk pilihan diploma 3, ada program studi sistem informasi. 

Untuk program diploma 4 tersedia jurusan manajeen pariwisata. Selain program studi diploma dan strata 1, tersedia juga program pascasarjana strata 2. Adapun program studi yang dapat dipilih diantaranya adalah magister manajemen, hukum, administrasi publik, ilmu sosial, ekonomi, akuntansi, dan arsitektur.


Pendaftaran universitas Merdeka Malang dibuka sesuai dengan jadwal yang tersedia. Anda dapat memilih jalur pendaftaran yang sesuai dengan keinginan Anda. Jalur bidik misi pun tersedia jika Anda ingin melalui jalur tersebut. Selain itu, ada jalur prestasi, jalur mandiri, jalur tanpa tes, jalur tes, dan berbagai jalur pendaftaran lainnya. Agar tidak ketinggalan berita dan info mengenai pendaftaran universitas Merdeka Malang, jangan lupa untuk sering membuka website universitas tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui dengan cepat mengenai pengumuman pendaftaran di universitas tersebut.
GET IT ON Google Play