Cara Pendaftaran Online UNISSULA 2018/2019

Unissula.ac.id - Tata Cara Pendaftaran Online (UNISSULA) Universitas Islam Sultan Agung 2018/2019. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Jawa Tengah, tepatnya terletak di Semarang. Unissula juga merupakan PTS yang bisa digolongan cukup tua, sebab kampus unissula didirikan pada 20 Mei 1962 M oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung (YBWSA).

Unissula berdiri atas perhatian sejumlah tokoh pentingnya terhadap keadaan dan perkembangan pendidikan Islam dan lebih luas lagi, bangsa Indonesia. Unissula didirikan dengan tujuan menyebarluaskan pendidikan dan ajaran agama Islam. Nilai-nilai keislaman memang yang menjadi dasar atau ruhnya Unissula.

Cara Pendaftaran Online UNISSULA 2018/2019


Profil Singkat Universitas Islam Sultan Agung

Sultan Agung sejatinya adalah nama salah satu pahlawan nasional yang memiliki jasa yang luar biasa bagi bangsa Indonesia. Beliau merupakan Sultan ke-tiga dari Kesultanan Mataram (1613-1645). Yang mmebuatnya istimewa adalah kehebatan Sultan Agung dalam memimpin Mataram hingga menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada masa itu. Terlebih lagi, pemilian nama Sultan Agung juga tak lepas dari pemikiran-pemikirannya.

Selain merupakan seorang raja yang begitu religius dan memiliki karakter yang unggul, Sultan Agung juga tak pernah lupa mencintai negaranya, di mana ia dengan sangat gigih melawan penjajahan. Sifat religiusnya dan kehidupan beragamanya mampu diimplementasikan melalui akulturasi budaya yang selalu dapat diterima oleh masyarakat dari kalangan manapun. Sehingga, atas jasa-jasa beliau sebagai pejuang dan budayawan, Presiden menetapkannya sebagai Pahlawan Nasional.

Dasar ini dirasa logis untuk menjabarkan alasan penamaan Unissula mengambil nama dari tokoh nasional. Seperti pepatah mengatakan ‘nama adalah doa’, diharapkan lulusan dari universitas ini mampu melanjutkan semangat perjuangan mulia Sultan Agung dalam membangun bangsa dan agama melalui dunia pendidikan.

Pada awal didirikannya, Unissula hanya membuka satu Fakultas, yaitu Fakultas Agama Islam yang kemudian diubah menjadi Fakultas Syari’ah. Setelah melakukan perombakan dan erkembangan disana-sini, Fakultas kemudian ditambah menjadi Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ilmu Pasti (kini Fakultas Teknik). Ketika Tahun ajaran berikutnya dibuka, pihak universitas menambah beberapa Fakultas baru demi kesempurnaan dan kelengkapan bidang keilmuwannya, yaitu Fakultas Kedokteran dan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (kini Fakultas Hukum).

Kemudian pada tahun 1985, dibukalah Fakultas Tarbiyah yang kini menjadi Fakultas Agama Islam karena penggabungannya dengan Fakultas Syari’ah. Menyusul tahun 1993 dibukalah Fakultas Teknologi Industri, pada 1999 dibuka Fakultas Psikologi, dan memasuki tahun 2000 dibukalah Program Pascasarjana untuk melengkapi bidang keilmuwan lainnya. Hingga kini total sudah ada 11Fakultas yang terdiri dari: 
  1. Fakultas Kedokteran, 
  2. Fakultas Kedokteran Gigi, 
  3. Fakultas Psikologi, 
  4. Fakultas Ilmu Keperawatan, 
  5. Fakultas Teknik, 
  6. Fakultas Hukum, 
  7. Fakultas Ekonomi, 
  8. Fakultas Agama Islam, 
  9. Fakultas Teknologi Industri, 
  10. Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi, dan 
  11. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. 
  12. Selain itu, Unissula kini telah memiliki 10 program Pascasarjana.

Secara akreditasi, Unissula telah terakreditas oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B, namun beberapa Program Studi sudah memilki nilai SANGAT BAIK (A), seperti Fakultas Hukum, Akuntasi dan Manajemen, dan Tarbiyah. Sebagiannya lagi, memiliki nilai Akreditasi BAIK (B). Meski bergitu, Unissula sudah menyabet sejumlah prestasi dari berbagai bidang yang didapatkan dari dalam maupun luar negeri.


Tata Cara Pendaftaran Universitas Islam Sultan Agung

Bagi Anda yang bermiat untuk melakukan pendaftaran Universitas Islam Sultan Agung, wajib memenuhi persyaratan umum berikut:
  • Calon mahasiswa terlebih dahulu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 untuk pendaftaran mahasiswa Non FK/FKG dan untuk pendaftaran mahasiswa FK/FKG membayar biaya sebesar Rp. 300.000. Pembayaran ini dilakukan di seluruh Cabang Bank Jateng Syari’ah dan Bank BNI Syari’ah dnegan menyebutkan nomor pendaftaran

Calon Mahasiswa wajib menyerahkan:
  • Fotokopi ijazah/STTB/Nilai UN yang telah dilegalisasi. Diharapkan juga menunjukkan yang aslinya (bagi yang sudah lulus SMA/SMK/MA/Sederajat)
  • Fotokopi raport semester 3 s/d 5 yang telah dilegalisasi dengan menunjukkan aslinya (bagi yang belum lulus SMA/SMK/MA/Sederajat)
  • Fotokopi kartu identitas (Kartu Pelajar/KTP/SIM) dengan menunjukkan juga aslinya
  • Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 2 lembar
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi dengan lengkap

Bagi Anda calon mahasiswa yang bermiat untuk melakukan pendaftaran Universitas Islam Sultan Agung untuk Fakultas tertentu, WAJIB memenuhi persyaratan khusus, sebagai berikut:
  1. Calon mahasiswa FK, FKG, FT, FTI WAJIB berasal dari jurusan IPA
  2. Calon mahasiswa yang berasal dari SMA/MA jurusan IPA maksimal kelulusan tahun 2016
  3. Calon mahasiswa wajib menyerahkan: Fotokopi ijazah/STTB/Nilai UN dan raport semester 3 s/d 5 yang telah dilegalisasi. Masing-masing berkas harus ditunjukkan yang aslinya (bagi yang sudah lulus SMA/SMK/MA/Sederajat)
  4. Fotokopi raport semester 3 s/d 5 yang telah dilegalisasi dengan menunjukkan aslinya (bagi yang belum lulus SMA/SMK/MA/Sederajat)
  5. Memenuhi persyaratan tidak buta warna dan tidak memiliki kelainan apapun, khusus Prodi Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, Teknok Elektro (FTI), Psikologi, Ilmu Keperawatan, dan D3 Kebidanan.
Khusus Prodi D3 Keperawatan dan Kebidanan harus memiliki tinggi badan minimal:
  • Perempuan   : 150 cm
  • Laki-laki      : 155 cm

Dalam melakukan pendaftaran Universitas Islam Sultan Agung, calon mahasiswa harus mengikuti prosedur pendaftaran. Berikut ini kami berikan penjelasan prosedur pendaftarannya:
  1. Melakukan pendaftaran online dengan mengisi form di laman http://pmb.unissula.ac.id
  2. Mencetak bukti pendaftaran
  3. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran yang dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu: Melalui teller seluruh cabang Bank Jateng Syari’ah atau BNI Syari’ah
  4. Melalui transfer atm
  5. Melakukan pemberkasan ke kampus Unissula
  6. Mencetak Kartu Ujian Peserta
  7. Melakukan Ujian Masuk Unissula
  8. Menunggu pengumuman peserta lolos Unissula

Proses pendaftaran dilaksanakan melalui situs http://pmb.unissula.ac.id/ kemudian jika semua persyaratan sudah di penuhi maka jangan ragu peserta dapat langsung mendaftaran secara online dan melengkapi semua berkas pendaftaran, pada intinya UNISSULA memiliki sistem sama seperti pada kebanyakan PTS ternama yang ada di Indonesia. Terima kasih semoga bisa dipahami.
GET IT ON Google Play