Cara Pendaftaran Online UMS 2018/2019

PMB.UMS.ac.id - Cara Pendaftaran Online UMS 2018/2019 Informasi Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surakarta Universitas Muhammadiyah Surakarta atau biasa disingkat UMS merupakan salah satu kampus yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di dekat perbatasan Kota Solo dan Kabupaten Sukoharjo. UMS sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berdiri dibawah naungan perserikatan Yayasan Muhammadiyah. Secara kelembagaan, mulanya UMS beridiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta yang berdiri pada 1957.


Profil Universitas Muhammadiyah Surakarta

Satu tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1958, lembaga ini diresmikan oleh Wali Kota Madya Surakarta yang pada saat itu dipimpin oleh Bapak H.M. Shaleh Werdhisastro. Saat diresmikan mahasiswanya baru mencapai 51 orang dengan 6 karyawan dan 7 dosen. Sementara itu, jurusan yang ada dan dengan status teraftar adalah Pendidikan Umum, Ekonomi Umum dan Studi Islam, dan Pendidikan Agama Islam tingkat Sarjana Muda. Jurusan-jurusan ini baru berstatus disamakan pada tahun 1963 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan No. 106/A Tahun 1963.


Cara Pendaftaran Online UMS 2018/2019

Dua tahun kemudian, tepatnya pada 1965, FKIP Universitas Muhammadiyah Jakarta cabang Surakarta mendapatkan izin berdiri sendiri yang terbagi menjadi dua lembaga Pendidikan Tinggi, yaitu berbentuk Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Surakarta dan Institut Agama Islam Muhammadiyah (IAIM) Surakarta. IKIP berdiri dengan jurusan Pendidikan Umum (PU) dan Ekonomi Umum (EU). Sementara, IAIM berdiri dengan jurusan Tarbiyah atau Pendidikan Agama Islam dan Ushuluddin atau Perbandingan Agama.

Singkat cerita, pada tahun 1979, IKIP dan IAIM digabung menjadi satu Perguruan Tinggi atas prakarsa dari Drs. H. Mohamad Djazman, Rektor IKIP Muhammdiyah Surakarta pada saat itu. Hal ini berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0330/O/1981 tanggal 24 Oktober 1981 tentang berubahnya status IKIP Muhammadiyah Surakarta dan IAIM Surakarta menjadi UMS.

Dalam perjalanannya hingga ada dititik ini, kampus UMS memiliki lebih dari 1.000 dosen pengajar, lebih dari 300 karyawan dan memiliki lebih dari 100.000 alumni. Secara akademis, kampus ini terdiri dari 12 fakultas dengan 54 program studi dan program khusus. Terdapat juga 4 program studi dalam Sekolah Vokasi, 12 program magister (S2) dalam Sekolah Pascasarjana, dan 1 Program Doktoral. Selain itu, terdapat pula 6 program profesi yang terdiri dari Profesi Apoteker, Profesi Ners, Profesi Dokter (CoAss), Profesi Dokter Gigi (CoAss), Profesi Advokat, dan Magister Psikologi Profesi.

Selain program dalam negeri seperti yang telah dijabarkan di atas, UMS juga membuka kerjasama luar negeri dengan program Double Degree, yaitu UMS dengan Kingston University UK, UMS dengan Derby University UK, UMS dengan Charles Darwin University Australia, UMS dengan Kyungdong University Korea Selatan, UMS dengan NTUST Taiwan, dan UMS dengan NTUT Taiwan.

Untuk dosen senior dan berprestasi, tersedia pula Program of Academic Recharging dengan kampus sasaraa, yaitu Sheffield University di UK, Nottingham University di UK, Minnesota University di USA, Waterloo University di Canada, dan Curtin University of Technoogy di Australia. Kampus UMS juga menyediakan program Student Exchange.


Tata Cara Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surakarta

Tidak hanya sebatas itu, bahkan UMS juga menyabet segudang prestasi. Prestasi tersebut, diantaranya sebagai universitas peringkat ke-8 se-Indonesia dan masuk dalam 50 Promising Universities di Indonesia Karena itulah, tidak ada lagi yang perlu diragukan dari kampus UMS. Segera lakukan pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan memenuhi persyaratan, sebagai berikut :
  1. Calon mahasiswa wajib melakukan pengisian data diri secara lengkap pada lama http://pmb.ums.ac.id/
  2. Menyerahkan fotokopi ijazah atau Surat Tanda Kelulusan atau STTB dan NEM/UNAS yang telah di legalisasi sebanyak 1 lembar. Jika belum memilikinya, dapat diserahkan dikemudian hari setelah masa masuk kuliah di Biro Administrasi Akademik UMS
  3. Menyerahkan pas foto warna berukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
  4. Membawa fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  5. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000
  6. Wajib menunjukkan identitas asli (KTP/Paspor/Kartu Pelajar/SIM), serahkan dengan menambahkan 1 lembar fotokopiannya.
  7. Menggunakan pakaian yang rapi dan sopan saat penyerahan berkas, seperti bersepatu dan berkemeja. Calon mahasiswa yang menggunakan selain yang tersebut, tidak akan dilayani.

Berikut ini adalah tambahan persyaratan calon mahasiswa, khusus Fakultas Kedokteran Umum dan Fakultas Kedokteran Gigi, yaitu sebagai berikut:
  1. Wajib berasal dari SMA/MA jurusan IPA
  2. Menunjukkan surat keterangan kesehatan fisik dan mental dari ahli jiwa di rumah sakit jiwa. Calon mahasiswa harus menunjukkan surat keterangan yang ASLI bukan fotokopi. Jangan lupa pula untuk menyertakan hasil tes MMPI (Minnesota Multiphasic Personality Inventory) atua tes-tes lainnya yang sesuai dengan kebutuhan
  3. Jurusan asal calon mahasiswa harus dari SMA/MA IPA, SMK Farmasi, SMK Kimia, atau SMK Analis

Pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dapat dilakuan pada jam-jam berikut:
  • Pagi hari pukul 08.00 s/d 12.00 WIB
  • Siang hari pukul 13.00 s/d 15.00 WIB

Registrasi dapat dilakukan pada jam-jam tersebut di Gedung Pusat Siti Walidah lantai 2, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Surakarta 57162. Selain mendaftarkan secara langsung, calon mahasiswa juga bisa mendaftar melalui online dengan membuka laman http://pmb.ums.ac.id/. Setelah membuka website tersebut, calon mahasiswa disuguhkan laman pengisian data diri. Isilah data diri tersebut dan isi juga pilihan program studi.

Demikian informasi pendaftaran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang dapat kami informasikan kepada Anda, calon mahasiswa UMS. Semoga informasi ini dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya bagi Anda calon mahasiswa baru UMS. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
GET IT ON Google Play