Cara Pendaftaran Online UMI 2018/2019

UMI.ac.id - Cara Pendaftaran  Online (UMI) Universitas Muslim Indonesia 2018/2019 Universitas Muslim Indonesia atau yang sering dikenal dengan sebutan UMI Makassar merupakan salah satu perguruan tinggi swasta berbasis islam yang terkemuka dan terbesar khususnya di kawasan Indonesia bagian timur. Di bawah binaan secara langsung dari yayasan wakaf Universitas Muslim Indonesia menjadi salah satu lembaga pendidikan dengan mengemban tugas serta tanggung jawab berdakwah dan melahirkan sarjana yang memahami ilmu sekaligus agama. 

UMI Makassar memiliki tiga belas fakultas yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa meliputi Fakultas Kedokteran Gigi (Program Studi Pendidikan Dokter Gigi), Fakultas Kesehatan Masyarakat (Program Studi Profesi Ners, Ilmu Keperawatan, Kesehatan Masyarakat, Kebidanan), Fakultas Farmasi (Program Studi Farmasi), Fakultas Ilmu Komputer (Program Studi Teknik Informatika), Fakultas Pertanian (Program Studi Agribisnis, Agroteknologi).

Cara Pendaftaran Online UMI 2018/2019


Fakultas Perikanan Serta Ilmu Kelautan (Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan), Fakultas Teknik (Teknik Mesin, Teknik Sipil, Arsitektur, Teknik Elektro), Fakultas Teknologi Industri (Teknik Kimia, Teknis Industri, Teknik Pertambangan), Fakultas Sastra (Ilmu Komunikasi, PBSI PBI, Bahasa Sastra Arab, Bahasa Sastra Inggris, Bahasa Sastra Indonesia).

Fakultas Hukum (Ilmu Hukum), Fakultas Agama Islam (Hukum Ekonomi Syariah, PGMI, KPI, Pendidikan Bahasa Arab, Ahwal Al-Syakhshiyyah, Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam), Fakultas Kedokteran (Pendidikan Dokter), dan terakhir yaitu Fakultas Ekonomi (Manajemen, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan, Akuntansi).

Cara Pendaftaran Universtias Muslim Indonesia Lengkap

Berikut ini akan di jelaskan beberapa informasi yang bisa dilakukan oleh calon mahasiswa baru UMI Makassar terkait mekanisme atau alur pendaftaran mencakup cara pendaftaran dan cara pembayaran dari sejak mengambil formulir sampai dengan resmi diterima sebagai mahasiswa Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.
  1. Formulir pendaftaran calon mahasiswa baru dapat langsung diambil dengan terlebih dahulu melakukan pembayaran untuk formulir pendaftaran tersebut dengan biaya Rp 25.000,00 di Menara Universitas Muslim Indonesia, gedung rektorat lantai 2 dengan alamat kampus Jl. Urip Sumoharjo kilometer 5, Makassar.
  2. Formulir pendaftaran tersebut diisi lengkap sekaligus memenuhi beberapa persyaratan yang dibutuhkan.
  3. Setelah formulir offline sudah diisi secara lengkap, selanjutnya isi formulir online dengan cara login ke laman SPMB Universitas Muslim Indonesia lalu memasukkan nomor untuk pendaftaran dan password sesuai yang tertera pada formulir pendaftaran.
  4. Pembayaran biaya pendaftaran calon mahasiswa baru dapat langsung dibayarkan ke BMT Menara UMI Makassar atau dengan cara melakukan transfer melalui bank BRI dengan rekening tujuan atas nama Yayasan spasi Wakaf spasi UMI nomor rekening 0050-02-002426-30-0 dengan keterangan pembayaran SPMB UMI spasi #NomorPendaftaran. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan dengan setor tunai langsung ke bank BRI dan tidak diperbolehkan menggunakan layanan transfer via ATM. Jumlah biaya pendaftaran yang harus segera dibayarkan sebesar Rp 275.000,00 untuk calon mahasiswa baru melalui jalur reguler dan sebesar Rp 475.000,00 untuk jalur khusus pegawai.

Formulir yang sudah diisi dengan data-data yang lengkap dapat langsung dikembalikan ke sekretariatan pendaftaran calon mahasiswa baru pada jam kerja yaitu senin sampai dengan sabtu dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WTA dilengkapi beberapa persyaratan berikut.
  • Foto kopi hasil UN dan ijazah yang sudah dilegalisir atau DANEM (Daftar Nilai Evaluasi Murni) sebanyak dua lembar (persyaratan khusus bagi calon mahasiswa yang sudah memiliki ijazah)
  • Untuk calon mahasiswa baru yang memiliki ijazah dari luar negeri  maka surat kelulusan atau ijazah tersebut harus sudah dilegalisir oleh pihak Kemendikbud.
  • Lampirkan pas foto dengan latar belakang berwarna merah sebanyak dua lembar ukuran 3x4.
  • Khusus bagi calon mahasiswa baru yang memilih program studi kedokteran gigi dan pendidikan dokter harus memiliki ijazah dengan umur tidak lebih dari tiga tahun terhitung dari sejak tahun pendaftaran dilakukan. Selain itu juga wajib untuk melampirkan foto kopi rapor dari kelas X sampai dengan kelas XII yang sudah dilegalisir dari pihak kepala sekolah.
Bagi calon mahasiswa baru yang menggunakan jalur tanpa tes wajib untuk melampirkan berkas berikut ini (pilih salah satu saja).
  1. Piagam penghargaan atau surat keterangan pernah berprestasi pada kejuaraan bidang pengetahuan, seni, atau olahraga minimal tingkat provinsi sampai dengan nasional.
  2. Surat keterangan sudah hafal Al-Qur’an minimal 10 juz
  3. Surat keterangan pernah menjuarai peringkat umum antara peringkat 1 sampai dengan peringkat 10 sesuai dengan tahun pendaftaran
  4. Semua berkas pendaftaran harus diverifikasi terlebih dahulu dari pihak sekretariatan dan dapat dicek melalui laman resmi penerimaan.umi.ac.id.
  5. Calon mahasiswa baru dapat langsung mengambil kartu peserta untuk ujian setelah semua berkas sudah diverifikasi sesuai dengan jadwal (pelaksanaan untuk ujian masuk dilakukan 3 hari setelah melakukan pengambilan kartu ujian).
  6. Kartu ujian dan perlengkapan pelaksanaan ujian harus dibawa ketika ujian sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan dapat mengecek pengumuman untuk hasil ujian penerimaan mahasiswa baru melalui website atau laman resmi, media cetak, atau bisa langsung mengeceknya di kampus Universitas Muslim Indonesia.
  7. Pendaftaran ulang wajib dilakukan untuk mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus ujian seleksi dengan jadwal dan prosedur dari panitia penerimaan mahasiswa baru.
  8. Calon mahasiswa baru yang sudah melakukan daftar ulang sesuai dengan prosedur dan ketentuan akan secara otomatis resmi menjadi mahasiswa baru dan berhak untuk ikut pesantren kilat di salah satu pesantren di Pangkep (jadwal pesantren kilat akan diinformasikan beberapa saat setelah proses daftar ulang berhasil), dan pengenalan perpustakaan.

Dari beberapa informasi yang ada maka dapat disimpulkan bahwa lekasanaan pendaftaran Universitas Muslim Indonesia dapat dilakukan secara online, perlu diketahui bahwa fakta mengenai kampus satu ini masuk dalam katagori salah satu perguruan tinggi terbaik dengan pengelolaan alumni jadi anda akan mendapatkan keuntungan yang luar biasa apabila mengikuti pendaftaran dan mencoba bergabung dikampus ini.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bermanfaat jika anda ingin mengikuti pendaftaran silahkan kunjungi situs resmi umi.ac.id kemudian pilih link PMB, pelaksanaan pendaftaran saat ini berbasis online dan juga bisa melalui langsung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
GET IT ON Google Play