Cara Pendaftaran Online POLTEK CALTEX 2018/2019

PCR.ac.id - Informasi Cara Pendaftaran Online (PCR) Politeknik Caltex 2018/2019 Terbaru Politeknik Caltek Riau atau sering disebut dengan PCR ini menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berdiri pada 5 Juni 2001. Kampus ini berada di Pekanbari, Riau dengan jumlah mahasiswa sekitar 1727 mahasiswa. Perguruan tinggi ini didirikan atas kerjasama pemerintahan provinsi Riau dengan PT. Caltex Pasific Indonesia. 

Beberapa program studi yang ditawarkan meliputi Teknik Komunikasi, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Akutansi, Teknik Mekatronika dan Akuntasi untuk diploma dan sistem Informasi Industri, Teknik ELEKTRO Telekomunikasi, Sistem Informasi Industri, Teknik Mesin dan Teknik Listrik untuk Diploma 4. Berdasarkan catatan politeknik swasta di Indonesia, Politeknik Caltex Riau tercatat sebagai kampus swasta politeknik terbaik di Indonesia yang secara resmi dirilis oleh Kemenrstekdikti pada tahun 2015.


Cara Pendaftaran Online POLTEK CALTEX 2018/2019

Alumni PCR yang berprestasi sudah membangun karier di beberapa tempat sesuai dengan konsentrasi yang dulu dipilih ketika menempuh pendidikan.  Nah, bagi Anda yang melirik kampus ini sebagai pilihan maka Anda bisa tambah yakin dengan pilihan Anda. Beberapa posisi profesional di dunia perminyakan dan beberapa posisi non perminyakan diisi, bahkan lebih dari 40 orang mengisi beberapa posisi tinggi di Chevron dan puluhan lainnya bekerja di perusahaan-perusahaan ternama lainnya seperti perusahaan teknologi informasi, provider telekomunikasi, beberapa perusahaan pendukung industri perminyakan, perbankan, wiraswasta, PNS, dan beberapa perusahaan penerbangan. 

Kampus Politeknik Caltex Riau berada di Rumbai daerah Pekan Baru. Kampus ini terkenal dengan sebutan kampus anti asap rokok, cinta lingkungan, dan tertib lalu lintas. Disiplin, kebersamaan dan cinta lingkungan menjadi  Moto sivitas akademika PCR. Beberapa prestasi yang bisa diraih oleh kampus ini banyak sekali baik tingkat regional, nasional, dan internasional. Sejarah awal dimulainya aktivitas operasional ini sudah dimulai sejak bergabungnya 170 mahasiswa di tiga program studi yang pertama kali dibuka seperti elektronika, telekomunikasi, dan teknik komputer.


Syarat Pendaftaran Politeknik Caltek Riau

Hal-hal yang harus Anda persiapkan jika Anda ingin mendaftar sebagai calon mahasiswa baru di Politeknik Caltex Riau adalah sebagai berikut.
  1. Siswa kelas XII lulusan SMA/SMK/MA dengan beberapa ketentuan sebagai berikut. Persyaratan jurusan IPA SMA dengan nilai rapor dari semester 1 sampai dengan 4 untuk masing-masing mata pelajaran Bahasa Inggris, Fisika, dan Matematika dengan nilai rata-rata minimal 7,5 (tujuh koma lima). 
  2. Untuk persyaratan jurusan IPS SMA maka nilai rapor dari semester 1 sampai dengan 4 untuk masing-masing mata pelajaran seperti Ekonomi, Bahasa Inggris, dan Matematika dengan nilai rata-rata minimal 7,5 (tujuh koma lima), untuk siswa lulusan dari SMK persyaratannya meliputi nilai rapor mata pelajaran produktif, bahasa inggris dan matematika rata-rata minimal 7,5 (tujuh koma lima).
  3. Untuk persyaratan jurusan IPA SMA bisa memilih maksimal 3 (tiga) pilihan program studi dan wajib memilih program studi D3 kecuali program studi akuntansi. 
  4. Untuk lulusan IPS SMA, calon mahasiswa baru hanya boleh dua program studi yaitu Akuntansi (D3) dan sistem informasi (D4). 
  5. Sedangkan untuk lulusan SMK, program studi yang dipilih harus sesuai dengan jurusan yang dilampirkan pada formulir PSUD 2018.
  6. Mengisi formulir pendaftaran yang PSUD 2018 yang terlampir dan digandakan sesuai dengan kebutuhan dan mengisi surat pernyataan jalur PSUD.
  7. Melampirkan pas photo berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar dengan latar belakang merah atau biru.
  8. Fotokopi rapor dilampirkan dari semester 1 sampai dengan semester 4 yang dilegasilir sebanyak satu rangkap. Formulir pendaftaran dapat dikirim melalui pos.

Beberapa jalur pendaftaran yang dapat Anda tempuh melalui tiga jalur, yaitu melalui Ujian Masuk Politeknik Caltex Riau (UMPCR), Computer Based Test (CBT), dan penjaringan siswa unggul daerah (PSUD). Jalur PSUD hanya dilaksanakan satu kali dalam setahun. Sedangkan jalur UMPCR tiap tahunnya dilakukan sebanyak dua kali atau dua periode. Dua program studi yang ditawarkan hanya dua program studi yaitu Program Ahli Madya atau D3 dengan jumlah total lima program studi dan Program Sarjana Sains Terapan D4 dengan jumlah total 5 program studi.

Ujian masuk politeknik Caltex merupakan salah satu sistem ujian masuk politeknik Caltek Riau (UMPCR) melalui ujian tertulis untuk menjaring siswa dan siswi lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat. Beberapa persyaratan sebagai calon mahasiswa baru melalui jalur UMPCR yakni sebagai berikut, (1) lulusan SMA sederajat, (2) foto copy peserta UAN, (3) foto copy ijazah satu lembar, (4) melampirkan pas photo berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar, (4) foto copy rapor.


Informasi Biaya Pendidikan Politeknik Caltex Riau

Biaya pendidikan yang harus Anda persiapkan untuk menjadi mahasiswa di Politeknik Caltex Riau memiliki harga yang bervariasi. Untuk jalur PSUD uang matrikulasi pertama yang harus dibayarkan Rp 2.250.000,- untuk jalur UMPCRI uang yang harus dibayarkan sebesar Rp 2.250.000,- untuk jalur UMPCRII uang yang harus dibayarkan sama yaitu Rp 2.250.000,- uang tersebut adalah biaya untuk matrikulasi dan ISO yang dibayarkan hanya satu kali saja pada saat pendaftaran ulang. 

Untuk biaya SPP DIII melalui jalur PSUD, UMPCRI, UMPCRIII sebesar Rp 5.500.000,- biaya SPP DIV melalui berbagai jalur harus membayar sebesar Rp 6.500.000,- biaya SPP Teknik melalui jalur PSUD biaya sebesar Rp 17.100.000,- melalui jalur UMPCRI biaya sebesar Rp 20.100.000,- melalui jalur UMPCRII sebesar Rp 23.100.000,-. Untuk SPI DIII Akutansi membayar biaya sebesar Rp 14.100.000,- melalui jalur PSUD, biaya sebesar Rp 17.100.000,- untuk jalur UMPCR, biaya sebesar Rp 20.100.000 untuk jalur UMPCRII. SPP dibayarkan setiap semester saat daftar ulang semester. Untuk SPI dapat dibayarkan setelahnya.
GET IT ON Google Play