Pendaftaran Online Jalur Mandiri POLITANIKOE 2024/2025


POLITANIKOE.ac.id - Pendaftaran Online Jalur Mandiri POLITANIKOE 2024/2025 - Sekarang ini sedang gencar-gencarnya Anda mencari berita atau informasi-informasi tentang perkuliahan, karena saat ini sudah hampir memasuki tahun ajaran baru. Bagi Anda yang sedang mencari-cari informasi tentang perkuliahan, Anda juga bisa mencoba mencari informasi tentang kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang, dimana disana menawarkan program studi dengan gelar DIV dan DIII. 

Anda bisa langsung mencari informasi tentang bagaimana cara pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang, jika Anda ingin tahu lebih lanjut dan mungkin Anda tertarik dengan kampus yang satu ini. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan singkat dari latar belakang Politeknik Pertanian Negeri Kupang, jurusan dan program studi apa saja yang disediakan, bagaimana sistem serta mekanisme pendaftaran untuk masuk ke Politeknik Pertanian Negeri Kupang.




Politeknik Pertanian Negeri Kupang merupakan salah satu perguruan tinggi yang lokasinya berada di Kupang, NTT (Nusa Tenggara Timur). Politeknik Pertanian Negeri Kupang atau kalau disingkat menjadi POLITANIKOE awal berdirinya bersamaan dengan 5 kampus Politeknik Pertanian lainnya yang sejenis dengan berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan ADB (Asian Development Bank) di Manila pada tahun 1983. 

Kesepakatan bersama tersebut merupakan kesepakatan yang dibuat untuk dana pinjaman pembangunan Asia, karena pendirian Politeknik Pertanian di Indonesia ini memiliki tujuan untuk mempercepat pengembangan industri pertanian dalam arti luas di Indonesia. Awalnya POLITANIKOE ini dikenal atau memiliki nama Politani Undana. Namun sejak pada tanggal 6 Oktober 1997, nama dan statusnya diubah menjadi Politeknik Pertanian Negeri Kupang seperti yang Anda kenal hingga saat ini. 

POLITANIKOE biasanya menerapkan sekitar 35% teori dan 65% praktikum dalam pembelajarannya. Hal ini dikarenakan, POLITANIKOE memiliki 2 visi “menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian Semi Ringkai Berkualitas dan Berjiwa Kewirausahaan” dan visi “menjadi Lembaga Pendidikan Vokasi Bidang Pertanian Semi-Ringkai Terunggul”. Dengan memiliki misi sebagai berikut:
  • Menyediakan pendidikan di bidang pertanian guna mendukung industri pertanian nasional dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan regional yang berdaya saing.
  • Mengembangkan penelitian terapan, pengembangan dan atau industri berbasis  sumber daya lokal sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Melakukan pemberdayaan kepada masyarakan dengan metode pertanian yang lebih inovatif.
  • Mengelola institusi dengan menerapkan sistem manajemen yang baik sehingga dapat memulai budaya kerja yang transparan dan profesional.
  • Mendorong terbentuknya masyarakat pertanian dan alumni yang mandiri dan berjiwa wirausaha.

Serta dengan motto “Aku Belajar, Aku Terapkan dan Aku Sejahtera”, sehingga itulah yang menjadi alasa dari penerapan sistem pembelajaran di kampus ini. Nah, untuk Anda yang ingin duduk di banku kuliah kampus POLITANIKOE, sebelumnya Anda harus mencari tahu jurusan dan program studi apa saja yang ditawarkan.


Jurusan dan Program Studi

POLITANIKOE memiliki 3 jurusan dengan 10 macam program studi yang memiliki gelar DIV dan DIII. Berikut ini jurusan dan program studi yang ditawarkan:
  1. Jurusan Peternakan : Dengan program studi, Prodi Ternak, Prodi Kesehatan Hewan, dan Prodi Teknologi Pakan Ternak. 
  2. Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering : Dengan program studi yang dapat membantu para mahasiswa mengelola lahan kering, pintar dalam manajemen Agribisnis, dan tersedia pula jurusan untuk yang mendidik mahasiswa agar mampu mengelola sumber daya hutan. 
  3. Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura : Dengan program studi, Prodi Teknologi Pangan, Prodi Tanaman Pangan dan Hortikultura, dan Prodi Teknologi Industri dan Hortikultura.

Nah, jadi itu beberapa prodi yang ditawarkan oleh POLITANIKOE. Jika Anda tertarik Anda bisa langsung mendaftarkan diri. Sistem dan Mekanisme Pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang Untuk pendaftaran di POLITANIKOE ini, membuka 3 jalur/cara pendaftaran yang bisa Anda ikuti.
    
 
Persyaratan
  1. Memiliki NISN. 
  2. Lulusan SMA/SMK/MA/Paket C. 
  3. Memiliki Raport. 
  4. Memiliki Ijasah/SKL. 
  5. Tidak pernah di berhentikan dan mengundurkan diri sebagai mahasiswa Politeknikoe. 
  6. Tidak buta warna.
    
Pendaftaran Jalur Mandiri POLITANIKOE

Dimana pendaftaran jalur ini merupakan kesempatan kedua bagi Anda yang ingin mask ke POLITANIKOE, namun di seleksi pendaftaran sebelum-sebelumnya tidak lulus.pendaftaran jalur mandiri ini bisa Anda ikuti dengan melakukan tes akademik yang biasa diselenggarakan di kampus.
 
Registrasi Baru
  1. Kunjungi situs resmi http://pmb.politanikoe.ac.id
  2. Klik menu Daftar jalur Mandiri. 
  3. Silahkan registrasi Baru masukan nama, tanggal lahir, tahun lulusan, username, password dan klik Menu Daftar. 
  4. Kompirmasi Email. 

 Login

  1. Setelah akun aktiv langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah login menggunakan akun yang sudah dibuat masukan username dan password. 
  2. Isi form Pendaftaran PMB lengkapi profil. 
  3. Lengkapi Dokumen. 
Pembayaran
  1. Setelah selesai silahkan melakukan pembayaran pendaftaran melalui Bank Daerah. 
  2. Simpan bukti pembayaran. 
  3. Setelah melakukan pembayaran tunggu 30 menit akun peserta akan segera di aktifkan.
Cetak Kartu
  1. Download kartu ujian dan print out.
  2. Simpan Baik-baik sampai waktu ujian tiba.
Ujian dan pengumuman
  1. Pelaksanaan ujian akan dimulai sesuai dengan tanggal yang sudah ditetapkan pada kartu ujian.
  2. Pastikan melakukan pengecekan lokasi tes sebelum pelaksanaan.
  3. Pengumuman dapat diakses melalui  http://politanikoe.ac.id.

Jadi, itulah beberapa infornasi terkait latar belakang dan juga sistem serta mekanisme pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan gamabaran kepada Anda yang ini masuk ke kampus ini. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.