Cara Pendaftaran Online POLITANIKOE 2018/2019

POLITANIKOE.ac.id - Informasi Cara Pendaftaran Online (POLITANIKOE) Politeknik Pertanian Negeri Kupang 2018/2019 Sekarang ini sedang gencar-gencarnya Anda mencari berita atau informasi-informasi tentang perkuliahan, karena saat ini sudah hampir memasuki tahun ajaran baru. Bagi Anda yang sedang mencari-cari informasi tentang perkuliahan, Anda juga bisa mencoba mencari informasi tentang kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang, dimana disana menawarkan program studi dengan gelar DIV dan DIII. 

Anda bisa langsung mencari informasi tentang bagaimana cara pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang, jika Anda ingin tahu lebih lanjut dan mungkin Anda tertarik dengan kampus yang satu ini. Nah, berikut ini ada beberapa penjelasan singkat dari latar belakang Politeknik Pertanian Negeri Kupang, jurusan dan program studi apa saja yang disediakan, bagaimana sistem serta mekanisme pendaftaran untuk masuk ke Politeknik Pertanian Negeri Kupang.

Cara Pendaftaran Online POLITANIKOE 2018/2019


Latar Belakang Politeknik Pertanian Negeri Kupang

Politeknik Pertanian Negeri Kupang merupakan salah satu perguruan tinggi yang lokasinya berada di Kupang, NTT (Nusa Tenggara Timur). Politeknik Pertanian Negeri Kupang atau kalau disingkat menjadi POLITANIKOE awal berdirinya bersamaan dengan 5 kampus Politeknik Pertanian lainnya yang sejenis dengan berdasarkan kesepakatan bersama antara pemerintah Indonesia melalui Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan ADB (Asian Development Bank) di Manila pada tahun 1983. 

Kesepakatan bersama tersebut merupakan kesepakatan yang dibuat untuk dana pinjaman pembangunan Asia, karena pendirian Politeknik Pertanian di Indonesia ini memiliki tujuan untuk mempercepat pengembangan industri pertanian dalam arti luas di Indonesia. Awalnya POLITANIKOE ini dikenal atau memiliki nama Politani Undana. Namun sejak pada tanggal 6 Oktober 1997, nama dan statusnya diubah menjadi Politeknik Pertanian Negeri Kupang seperti yang Anda kenal hingga saat ini. 

POLITANIKOE biasanya menerapkan sekitar 35% teori dan 65% praktikum dalam pembelajarannya. Hal ini dikarenakan, POLITANIKOE memiliki 2 visi yaitu visi “menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Pertanian Semi Ringkai Berkualitas dan Berjiwa Kewirausahaan” dan visi untuk tahun 2020 “menjadi Lembaga Pendidikan Vokasi Bidang Pertanian Semi-Ringkai Terunggul”. Dengan memiliki misi sebagai berikut:
  • Menyediakan pendidikan di bidang pertanian guna mendukung industri pertanian nasional dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan regional yang berdaya saing.
  • Mengembangkan penelitian terapan, pengembangan dan atau industri berbasis  sumber daya lokal sesuai kebutuhan masyarakat.
  • Melakukan pemberdayaan kepada masyarakan dengan metode pertanian yang lebih inovatif.
  • Mengelola institusi dengan menerapkan sistem manajemen yang baik sehingga dapat memulai budaya kerja yang transparan dan profesional.
  • Mendorong terbentuknya masyarakat pertanian dan alumni yang mandiri dan berjiwa wirausaha.

Serta dengan motto “Aku Belajar, Aku Terapkan dan Aku Sejahtera”, sehingga itulah yang menjadi alasa dari penerapan sistem pembelajaran di kampus ini. Nah, untuk Anda yang ingin duduk di banku kuliah kampus POLITANIKOE, sebelumnya Anda harus mencari tahu jurusan dan program studi apa saja yang ditawarkan.


Jurusan dan Program Studi Politeknik Pertanian Negeri Kupang

POLITANIKOE memiliki 3 jurusan dengan 10 macam program studi yang memiliki gelar DIV dan DIII. Berikut ini jurusan dan program studi yang ditawarkan:


Jurusan Peternakan

Dengan program studi, Prodi Ternak, Prodi Kesehatan Hewan, dan Prodi Teknologi Pakan Ternak.


Jurusan Manajemen Pertanian Lahan Kering

Dengan program studi yang dapat membantu para mahasiswa mengelola lahan kering, pintar dalam manajemen Agribisnis, dan tersedia pula jurusan untuk yang mendidik mahasiswa agar mampu mengelola sumber daya hutan.

     
Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura

Dengan program studi, Prodi Teknologi Pangan, Prodi Tanaman Pangan dan Hortikultura, dan Prodi Teknologi Industri dan Hortikultura.

Nah, jadi itu beberapa prodi yang ditawarkan oleh POLITANIKOE. Jika Anda tertarik Anda bisa langsung mendaftarkan diri. Sistem dan Mekanisme Pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang Untuk pendaftaran di POLITANIKOE ini, membuka 3 jalur/cara pendaftaran yang bisa Anda ikuti.

    
Pendaftaran Jalur PMDK-PN POLITANIKOE

Dimana pendaftaran jalur ini menggunakan sistem seleksi secara Nasional dengan melihat prestasi akademik dari nilai rapor kelas X semester 1 hingga rapor kelas XII semester 1, dan prestasi lainnya. Pendaftaran ini bisa dilakukan secara online, dan persyaratan pendaftaran PMDK-PN ini untuk siswa/i SMA/SMK/MA/MAK yang mengikuti UN tahun ini dengan memiliki NISN dan memperoleh rekomendasi dari kepala sekolah, serta memilik prestasi akademik di sekolah di semua semester. Untuk biaya pendaftaran, jalur ini tidak dikenakan biaya.

    
Pendaftaran Jalur Bidikmisi POLITANIKOE

Dimana pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang jalur ini diikuti dan diutamakan untuk siswa/i yang mendapatkan rekomendasi dari sekolah dengan memberikan keterangan bahwa siswa/i ini merupakan berasal dari keluarga yang tidak mampu. Sehingga jalur Bidikmisi ini merupakan jalur yang diberikan oleh pemerintah untuk memberikan bantuan biaya pendidikan guna melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi. 

Siswa/i yang telah mendapatkan rekomendasi akan mendapatkan ID dan password untuk melakukan pendaftaran secara online. Untuk persyaratan lengkapnya bisa Anda kunjingi langsung website resmi Bidikmisi. Pendaftaran jalur ini tidak dikenakan biaya, dan bisa dilakukan secara offline dengan datang langsung ke POLITANIKOE.

    
Pendaftaran Jalur Mandiri POLITANIKOE

Dimana pendaftaran jalur ini merupakan kesempatan kedua bagi Anda yang ingin mask ke POLITANIKOE, namun di seleksi pendaftaran sebelum-sebelumnya tidak lulus.pendaftaran jalur mandiri ini bisa Anda ikuti dengan melakukan tes akademik yang biasa diselenggarakan di kampus. Biasanya jalur ini terdapat biaya pendaftaran sekitar Rp 200.000,- hingga Rp 300.000,- dan sistem pembayarannya melalui transfer ke rekening Bank yang bekerja sama dengan POLITANIKOE.

Jadi, itulah beberapa infornasi terkait latar belakang dan juga sistem serta mekanisme pendaftaran Politeknik Pertanian Negeri Kupang. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan gamabaran kepada Anda yang ini masuk ke kampus ini. Demikianlah informasi yang bisa kami berikan semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba.
GET IT ON Google Play