Cara Pendaftaran Online POLISENI 2018/2019

POLISENI.ac.id - Cara Pendaftaran Online (POLISENI)  Politeknik Seni Yogyakarta 2018/2019 Politeknik Seni Yogyakarta atau sering disingkat dengan Poliseni Jogja merupakan salah satu Perguruan Tinggi Formal Politeknik yang memiliki kekhususan di bidang seni, kriya, dan desain. Visi menjadi salah satu bentuk kekuatan dari suatu Perguruan Tinggi dalam eksistensinya menjadi pilihan masyarakat dan menciptakan SDM yang berkualitas. 

Politeknik Seni Yogyakarta ini memiliki visi yaitu sebagai pusat pendidikan industri kreatif berbasis seni budaya di Indonesia. Dalam mencapai visi tersebut tentu dibantu oleh adanya misi yang biasanya terdiri dari lebih dari satu tujuan. Namun, visi yang telah diungkapkan menjadi visi Politeknik Seni Yogyakarta memiliki tahapan yang perlu dilalui dari mulai terrendah hingga tertinggi. Tahapan tersebut yaitu Akses (agen pendidikan), Mutu (agen penelitian), Relevansi (agen transfer teknologi, pengetahuan, dan kebudayaan), dan Daya Saing (agen pengembang ekonomi). 


Cara Pendaftaran Online POLISENI 2018/2019

Kemudian untuk menunjang tercapainya visi tersebut, Politeknik Seni Yogyakarta menggunakan sistem pendidikan yang mengikuti perkembangan industri/kerja. Kurikulum yang digunakan adalah dengan mengembangkan kerja psikomotorik dimana 30% teori dan 70% praktik. Program studi yang bisa dipilih untuk dipelajari adalah DKV Advertising, DKV Konsentrasi Animasi, DKV Konsentrasi Game Design, Kriya Kayu (Furniture), dan Kriya Logam (Jewelry). 

Pada saat ini, Politeknik Seni Yogyakarta masih membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk gelombang khusus 2017. Program studi yang dibuka untuk gelombang ini adalah dari program Diploma III. Program studi terseut di antaranya adalah program studi advertising, Animasi, Game Technology, Furniture, dan Jewellery. Pendaftaran Politeknik Seni Yogyakarta ini dibuka sampai dengan 15 September 2017. Untuk formulir pendaftarannya bisa didownload langsung di website poliseni.ac.id.

Pendaftaran Politeknik Seni Yogyakarta melalui beberapa jalur masuk, antara lain :


1. Jalur Bibit Unggul

Jalur ini merupakan salah satu proses penerimaan mahasiswa baru yang mensyaratkan bagi calon mahasiswa memiliki juara LKS peringkat 1 sampai 3 tingkat Kabupaten/Kota. Selain itu, harus melampirkan pula surat rekomendasi dari sekolah. Syarat yang lain yaitu dengan melampirkan piagam/sertifikat juara lomba kompetensi sekolah. Hal ini sebagai pembeda dengan jalur masuk yang lainnya. 

Fasilitas yang akan diperoleh oleh calon mahasiswa adalah bebas biaya pendaftaran dan bebas tes masuk. Bagi yang mendapatkan juara 1 akan memperoleh beasiswa SPP tetap selama dua semester, sedangkan yang mendapat juara 2 dan 3 akan mendapatkan beasiswa SPP tetap selama satu semester.


2. Jalur Bibit Unggul Sekolah

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi di sekolahnya. Akan diberikan kebebasan untuk biaya pendaftaran dan biaya masuk. Bagi calon mahasiswa yang melalui jalur bibit unggul sekolah akan diberikan penghargaan dengan beberapa ketentuan jika peringkat 1 sekolah, akan mendapatkan beasiswa SPP tetap selama dua semester. Jika peringkat 2 sekolah, akan memperoleh beasiswa SPP tetap selama satu semester. 

Untuk peringkat 3 sekolah, maka juga akan memberikan beasiswa SPP tetap 50% untuk 1 semester. Sedangkan untuk siswa yang mendapat peringkat 4-15 akan mendapatkan bebas biaya pendaftaran dan tes masuk. Syarat untuk bisa mendaftar melalui jalur ini adalah calon mahasiswa harus memiliki peringkat 1-15 di sekolahnya. Peringkat ini terhitung dari sejak semester 1-5 di sekolah.


3. Jalur Poliseni Award

Pendaftaran Politeknik Seni Yogyakarta melalui jalur ini akan diberikan fasilitas bebas biaya pendaftaran dan tes masuk. Jalur ini mensyaratkan untuk memiliki juara 1 hingga 3 dalam kategori Advertising, animasi game, kriya kayu, dan kriya logam. Calon mahasiswa yang masuk menggunakan jalur poliseni award akan mendapatkan penghargaan sesuai dengan tingkat juaranya. Jika mendapatkan juara 1 poliseni award, maka bebas SPP tetap 2 semester. Juara 2 poliseni award, maka bebas SPP tetap untuk 1 semester. Dan jika mendapatkan juara 3 poliseni award, maka mendapatkan potongan SPP 50% untuk semester 1.


4. Jalur Tes

Jalur tes ini bisa disebut sebagai jalur reguler yang bisa mendaftar secara langsung ke kampus Politeknik Seni Yogyakarta (on the spot), atau bisa dilakukan secara online. Jalur ini terbuka untuk lulusan SMA/MA/SMK/MAK/sederajat. Pada jalur ini dikenakan biaya pendaftaran atau biaya untuk membeli formulir yang bisa dibayarkan secara langsung atau ditransfer melalui rekening bank.

Prosedur pendaftaran Politeknik Seni Yogyakarta bisa dilakukan secara online, melalui guru di sekolah atau datang langsung ke Sekretariat Politeknik Seni Yogyakarta. Kemudian mengisi formulir pendaftaran yang bisa di download di website resmi Politeknik Seni Yogyakarta. Persyaratan yang harus dilengkapi pun sesuai dengan yang sudah ditentukan di setiap jalur pendaftaran mahasiswa baru.

Biaya studi sudah pasti menjadi hal yang sangat penting dalam jenjang Pendidikan Tinggi. Seperti yang telah diketahui biaya studi untuk jenjang ini akan membutuhkan biaya yang lebih tinggi daripada jenjang sebelumnya. Politeknik Seni Yogyakarta merinci biaya studi menurut gelombang masuk yang dibagi menjadi 3 gelombang. Biayanya terdiri dari biaya pendaftaran, SPA, SPP tetap/semester, SPP variabel/SKS, dan untuk biaya kegiatan kemahasiswaan. Dari rincian biaya tersebut, yang membedakan hanya biaya pada SPA saja. Semakin cepat mendaftar (dalam artian mendaftar melalui gelombang 1) biaya studi akan lebih murah. Mekanisme pembayaran biaya pendaftarannya yaitu :
  1. Biaya pendaftaran bisa dibayarkan pada waktu pendaftaran atau awal masuk.
  2. Biaya SPA bisa diangsur sebanyak 2 kali angsuran dengan ketentuan angsuran pertama sebesar 75%.
  3. SPP tetap/ semester dibayarkan setiap awal semester.
  4. SPP variabel/ SKS bisa dibayarkan pada waktu pertengahan semester.
  5. Untuk biaya kegiatan kemahasiswaan bisa dibayarkan pada waktu daftar ulang.

Dari beberapa infromasi yang telah dijelaskan diatas semua informasi mengenai pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs POLISENI.ac.id apabila terdapat pertanyaan seputar pendaftaran dapat dilihat melalui website tersebut, perlu diingat bahwa sewaktu-waktu informasi mengenai pendaftaran online dapat berubah-ubah pastikan anda mengakses informasi secara rutin. Terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play