Cara Pendaftaran Online PNL 2018/2019

PNL.ac.id - Cara Pendaftaran Online (PNL) Politeknik Negeri Lhokseumawe 2018/2019 Pilihan setiap orang dalam menempuh pendidikan tentu sangat mungkin berbeda-beda. Apalagi memang pilihan yang tersedia juga banyak. Untuk Anda yang ingin melanjutkan pendidikan setelah SMA/SMK ke Politeknik maka kali ini kita akan membahas tentang pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe. 

Tentu ada berbagai alasan yang dimiliki oleh setiap orang yang memilih Politeknik setelah lulus SMA/SMK. Nah untuk Anda yang masih ragu-ragu akan memilih politeknik atau tidak, maka sebelum lebih spesifik membahas tentang Politeknik Negeri Lhokseumawe, mari kita bahas lebih dulu tentang beberapa hal yang membedakan politeknik dengan universitas atau bentuk perguruan tinggi lainnya.


Cara Pendaftaran Online PNL 2018/2019

Bentuk perguruan tinggi memang ada beberapa diantaranya yaitu universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Tentu akan sangat panjang jika dalam artikel ini dijelaskan satu persatu perbedaannya. Namun pada intinya, dari kelimanya ada yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan ada yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. 

Universitas, institus, dan sekolah dasar adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik, sementara politeknik dan akademi merupakan perguruan yang menyelenggarakan pendidikan vokasi. Nah, maksud dari “pendidikan vokasi” yaitu adalah pendidikan yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu. Jadi, lulusan politeknik diharapkan agar bisa mempraktekan keahliannya. 

Maka, dalam perkuliahan akan lebih difokuskan pada praktik keahlian. Gampangnya, kita bisa melihat universitas dan politeknik pada SMA dan SMK. Dalam pendidikan vokasi terdiri dari program diploma (D1, D2, D3, D4) dan lulusannya akan mendapatkan gelar vokasi. Sudah tau apa yang membedakan politeknik dengan bentuk perguruan tinggi lainnya bukan? maka mari selanjutnya kita bahas tentang pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Profil dan Jurusan Politeknik Negeri Lhokeumawe

Politeknik Negeri Lhokeumawe merupakan sebuah politeknik yang berada di Provinsi Aceh. Politeknik ini merupakan satu-satunya politeknik yang berstatus negeri di Provinsi Aceh. Politeknik ini sudah berdiri sejak tahun 1987, namun sebelum namanya seperti sekarang yaitu “Politeknik Negeri Lhokseumawe, terlebih dahulu politeknik ini bernama Politeknik Universitas Syiah Kuala. Nama memang selalu memiliki makna. 

Alasan kenapa politeknik ini awalnya memiliki nama Politeknik Universitas Syiah Kuala karena memang dahulu sejarah berdirinya tidak bisa dipisahkan dari Universitas Syiah Kuala. Universitas ini merupakan induk dan cikal bakal lahirnya Politeknik Negeri Lhokseumawe. Kini Politeknik Negeri Lhokseumawe telah sangat berkembang dan tentu patut untuk menjadi perguruan tinggi tujuan Anda setelah lulus SMA/SMK. Maka, jangan sampai melewatkan pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe.

Politeknik Negeri Lhokseumawe dengan visinya “Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagai Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi yang Mandiri dan Unggul di Tingkat Globalpada Tahun 2024” ini memiliki 6 jurusan yaitu Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Niaga, Dan Teknik Informasi Dan Komputer. Keenam jurusan ini masing-masing terdiri dari beberapa program studi D3 dan D4, dimana jumlah keseluruhan prodinya menjadi 17 prodi. 

Untuk Anda yang ingin menempuh pendidikan dengan jurusan seperti sipil, mesin, kimia, elektro, niaga, serta informasi dan komputer, maka inilah salah satu politeknik negeri yang bisa Anda pilih. Dari daerah manapun Anda tentu bisa mendaftar di politeknik ini, namun tentu khususnya bagi Anda yang berada di sekitar Sumatera. Lalu bagaimana pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe ini?

Tentunya sebagai politeknik negeri, Politeknik Negeri Lhokseumawe akan menyelenggarakan pendaftaran bersamaan dengan politeknik negeri lainnya di Indonesia. Hal ini karena memang sudah diserempakan untuk pendaftarannya di seluruh Indonesia. Namun, beberapa tahun belakangan biasanya Politeknik Negeri Lhoksemawe mengadakan pendaftaran mulai sekitar bulan Mei. Maka, kini Anda bisa memperkirakan berapa lama waktu yang masih Anda miliki untuk mempersiapkan diri. 

Jalur pendaftarannya pun terdiri dari beberapa jalur seperti jalur UMDK-PN, USMP PNL, jalur UMPN PNL, dan bidikmisi. Itulah beberapa jalur pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe yang bisa Anda ikuti. Jangan lupa untuk terus update tanggal pasti dari jadwal pendaftarannya. Ada banyak jalur yang tersedia, maka untuk itu Anda juga tidak hanya memiliki satu kesempatan saja. Jika tidak lolos di jalur satu maka Anda masih memiliki jalur-jalur lainnya. Jadi, kini Anda bisa terus optimis sambil mempersiapkan diri.

Syarat Pendaftaran Politeknik Negeri Lhokeumawe
Untuk syarat pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagi berikut :

  1. lulusan SMA/MA/Sederajat.
  2. berumur maksimal 23 tahun saat ujian berlangsung. 
  3. mendaftar online di http//:umpn.pnl.ac.id.
  4. upload pas foto 4x6 cm dengan ukuran file 200 kb.
  5. bebas dari narkoba.
  6. tidak buta warna sebagai syarat khusus bagi jurusan Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Informasi dan Komputer, Prodi Keuangan dan Perbankan Syariah, dan Keuangan Perbankan. 

Jika Anda sudah memenuhi syatar-syarat tersebut dan mantap untuk memilih menempuh pendidikan di perguruan tinggi berbentuk politeknik, maka tak usah ragu lagi untuk memilih Politeknik Negeri Lhokseumawe. Apalagi jika Anda adalah siswa yang berdomisili di sekitar Sumatera.

Nah, terakhir, salah satu keunggulan dari politeknik negeri ini biasanya yang paling menjadi pertimbangan adalah soal biaya. Ya, begitu juga di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Sebagai politeknik negeri, Politeknik Negeri Lhokseumawe memiliki biaya kuliah atau biaya pendidikan yang tergolong murah. Misalnya untuk SPP D3 Bidang Tata Niaga yaitu sebesar Rp1.300.000,00. Kemudian D3 Bidang Rekayasa yaitu sebesar Rp1.500.000,00. 

Kemudian selain biaya SPP ada juga biaya UKT yang terdiri dari 5 level dan tentunya masing-masing prodi memiliki nominal UKT yang berbeda. Namun, tentu masih terbilang murah. Kini, mulai tentukan jurusan dan prodi apa yang Anda inginkan di Politeknik Negeri Lhokseumawe dan lihat berapa biaya kuliahnya. Jangan lupa persiapkan diri menghadapi berbagai jalur pendaftaran Politeknik Negeri Lhokseumawe.
GET IT ON Google Play