Cara Pendaftaran Online ITENAS 2024/2025


Pmb.itenas.ac.id - Cara Pendaftaran Online ITENAS 2024/2025 - Bandung Di era sekarang, sekolah tinggi sudah banyak diminati oleh para pelajar. Keinginan untuk mewujudkan cita-citanya, mereka memandang perkuliahan menjadi penting dan harus dijalani. Saat ini telah banyak berkembang perguruan tinggi negeri maupun swasta di berbagai daerah dengan berbagai macam bidang studi yang sejatinya ada dalam setiap lingkup kehidupan.

Salah satunya adalah Institut Teknologi Nasional Bandung yang selanjutnya dikenal sebagai ITENAS. Institut ini merupakan salah satu institut yang memiliki tujuan pendidikan dalam mengembangkan potensi di bidang teknologi, ilmu pengetahuan, dan seni dalam lingkup nasional hingga internasional. Institut Teknologi Nasional Bandung memiliki beberapa fakultas antara lain



  1. Fakultas Teknologi Industri, 
  2. Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan 
  3. Fakultas Seni Rupa dan Desain. 
Masing-masing fakultas tersebut memiliki beberapa program studi atau jurusan yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan minat. Jenjang studi di sana terdapat jenjang untuk Strata 1 dan Strata 2. Penerimaan mahasiswa baru di kampus ITENAS memberikan kesempatan pada jenjang Strata 1 dan Strata 2.  Semua fakultas membuka pendaftaran untuk jenjang Strata 1.

Sehingga banyak pilihan dan bisa disesuaikan dengan minat. Jenjang pendidikan Strata 2 di Institut Teknologi Nasional Bandung diselenggarakan atas ijin dari DIKTI yang dibuktikan dengan SK Mendikbud no. 477/E/O/2013 pada tanggal 13 Oktober 2013. Program studi untuk pendidikan Magister di ITENAS hanya dibuka untuk Magister Teknik Mesin, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Sipil.

Pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung bisa melalui jalur PMDK, Beasiswa Cahaya ITENAS, Jalur USM, One Day Test (ODT), Program Magister, Pindahan dan Lulusan Politeknik Program D3.


1. Jalur PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan)

Jalur ini dikhususkan untuk para siswa berprestasi yang memilih ITENAS sebagai kampus pilihan pertama dituju, dan masuk tanpa mengikuti USM. Peserta yang mendaftar melalui jalur PMDK harus mendaftar secara online di laman pmdk.itenas.ac.id, tetapi bisa juga mengisi formulir secara offline di ITENAS. Jalur ini sudah tentu banyak yang mengincar karena bisa meneruskan sekolah sampai di perguruan tinggi. Saat mengikuti jalur ini peserta harus membaca dengan saksama hal-hal yang perlu di bawa dan yang disyaratkan untuk dibawa.


2. Beasiswa Cahaya ITENAS

Beasiswa Cahaya ITENAS merupakan salah satu program dimana peserta mendapatkan bantuan bebas biaya hingga 4 tahun kuliah. Peserta yang melakukan pendaftaran melalui jalur beasiswa ini perlu mendaftar melalui bsc.itenas. ac.id.


3. Jalur USM

Jalur USM yang dikenal sebagai Ujian Saringan Masuk merupakan salah satu cara pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung yang menggunakan ujian seleksi dengan jadwal yang sudah ditetapkan. Ujian ini bisa diikuti oleh semua pelajar SMA/SMK/MA/sederajat.  Adapun pesyaratan untuk mendaftar yang harus dipenuhi. Bisa dilakukan secara online maupun offline.


4. One Day Test (ODT)

Penerimaan peserta didik baru pada jalur ini dengan memberikan layanan salama 1 hari mulai dari pendaftaran hingga pengumuman hasil ujian dimana waktunya sudah ditentukan. Peserta yang mendaftar melalui jalur ini harus melakukan pendaftaran secara online pada laman simpmb.itenas.ac.id. Tidak semua program studi membuka pendaftaran melalui jalur ODT. Program studi yang membuka pendaftaran melalui jalur ini yaitu program studi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, Informatika, Sistem Informasi, dan Teknik Geodesi.


5. Program Magister (S2)

Program ini dikhususkan bagi para Sarjana yang ingin melanjutkan ke jenjang Strata 2. Untuk mendaftar Pascasarjana, peserta harus mengikuti langkah berikut :
  • Pesan voucher dan cetak buktinya di simmagister.itenas.ac.id.
  • Membayar biaya pendaftaran agar bisa memperoleh nomor PIN.
  • Mengisi formulir online, unggah foto berwarna ukuran 100kb, dan cetak kartu.
  • Mengumpulkan persyaratan seperti surat pernyataan, salinan akte kelahiran, salinan ijazah S1 dilegalisir, transkrip akademik dilegalisir, dan sertifikat TOEFL ITP atau ELP ITENAS yang dikumpulkan di Biro Akademik.
  • Kemudian mengikuti USM sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan.

6. Pindahan dan lulusan Politeknik, Program D3

Kampus ITENAS juga membuka pendaftaran untuk peserta yang pindah, lulusan Politeknik, dan dari Program D3. Setiap ketentuan tersebut memiliki pesyaratan tertentu yang perlu dipenuhi dan diperhatikan.


Biaya Pendaftaran

Biaya pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung dibedakan berdasarkan jalur pendaftaran yang dipilih. Biaya pendaftarannya yaitu :
  • Jalur PMDK untuk bebas biaya pendaftaran. Selain itu, mendapatkan juga potongan biaya kuliah semester 1 Rp. 2.000.000,- untuk periode 1 dan sebesar Rp. 1.000.000,- untuk periode 2.
  • Jalur USM biaya pendaftarannya disesuaikan dengan jumlah jurusan yang diambil. Jika mengambil 1 pilihan jurusan maka biaya yang dibutuhkan yaitu Rp. 200.000,-. Sedangkan, jika mengambil 2 pilihan jurusan maka biaya yang dibutuhkan yaitu Rp. 250.000,-.
  • Jalur One Day Test biaya pendaftarnya menggunakan model seperti jalur USM. Jika mengambil 1 pilihan jurusan maka butuh biaya Rp. 225.000,-. Sedangkan, jika memilih 2 pilihan jurusan maka biayanya Rp. 275.000,-.

Institut Teknologi Nasional Bandung menggunakan sistem biaya studi dengan Uang Kuliah Tunggal. Untuk program Sarjana biaya studi  dirinci sebagai Uang Kuliah tetap, Uang Kuliah Variabel, Uang Praktikum, dan Dana Pengembangan Pendidikan Wajib ITENAS wajib hukumnya. Berdasarkan rincian tersebut biaya studi program Sarjana bisa dicek di pengumuman website dan

Biaya tersebut dibedakan berdasarkan bidang studi lainnya. Biaya untuk Program Magister (S2) terdiri dari dua komponen yaitu biaya pendaftaran, dan biaya per semester per program studi. Pendaftaran Institut Teknologi Nasional Bandung tersebut biasa diakses melalui laman pmb.itenas.ac.id.