Cara Pendaftaran Online CPNS.Kemsos.go.id 2024/2025


CPNS.Kemsos.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS.Kemsos.go.id 2024/2025 - Untuk pembukaan cara pendaftaran CPNS Kementrian Sosial pada tahun ini akan dibutuhkan lulusan yang akan ditambahkan ke dalam beberapa unit kerja di antaranya, Sekretariat Jenderal, Direktorat Jenderal Pemberdayaan Sosial, Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial, Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Direktorat Jenderal Penanggulangan Fakir Miskin, Inspektorat Jenderal, Badan Pendidikan, Penelitian dan Penyuluhan Sosial serta Unit Pelaksana Teknis Rehabilitasi Sosial.

Jabatan yang dibutuhkan untuk cara pendaftaran CPNS Kementrian Sosial adalah Pekerja Sosial Ahli Pertama (S1 Kesejahteraan Sosial, D4 Pekerjaan Sosial), Penyuluh Sosial Ahli Pertama (D4 Pekerjaan Sosial), Pekerja Sosial Pemula (SMK Pekerjaan Sosial/Perawatan Sosial), Perawat Terampil (D3 Perawat), Dosen (S2 Kesejahteraan Sosial/Pekerjaan Sosial).




Auditor Ahli Pertama (S1 Ekonomi /Akuntansi /Manajemen /Teknik Sipil / Teknik Informatika /MIPA /Statistik), Auditor Terampil (D3 Ekonomi /Akuntansi /Manajemen), Widyaiswara Ahli Pertama (S2 Sosiologi /Kesejahteraan Sosial /Kependidikan /Hukum /Antropologi), Perancang Peraturan Perundang-undangan (S2 Ilmu Hukum), Verifikator Keuangan (D3 Ekonomi /Akuntansi), Pengelola Keuangan (D3 Akuntansi /Perbendaharaan), Pranata Komputer Terampil (D3 Komputer), Analis Kepegawaian Ahli Pertama (S1 Psikologi /Manajemen SDM /Sosiologi).


Sedangkan Cara Pendaftaran CPNS Kementerian Sosial juga didasarkan atas beberapa kriteria yang disesuaikan dengan kebutuhan dari tiap jabatan. Ada beberapa jabatan yang menyediakan formasi guna mereka yang memiliki posisi kelulusan yaitu:
  1. Cumlaude : S1 dari Perguruan Tinggi berakreditasi A dengan Program Studi yang Berakreditasi A
  2. Disabilitas : D3 dari Perguruan Tinggi Berakreditasi dengan IPK minimal 2,50
  3. Putra/Putri Papua dan Papua Barat : S1 dan D4 dari Perguruan Tinggi Terakreditasi dengan IPK minimal 2,50
  4. Umum : SMK dengan nilai ijazah minimal 6,00. D3, D3 dan S1 dari Perguruan Tinggi Terakreditasi dengan IPK minimal 3,00 dan S2 dari Perguruan Tinggi Berakreditasi minimal B dengan IPK minimal 3,00

Syarat utama untuk mendaftar menjadi CPNS dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Sosial adalah WNI berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun, yang sehat jasmani (kecuali untuk beberapa jabatan) serta rohani dan bebas ketergantungan obat. Pelamar juga tidak boleh pernah terlibat dengan perkara hukum pidana sehingga harus masuk ke dalam penjara, mereka harus bersih dari kasus pemberhentian secara tidak hormat dari tempat kerja semula.

Selain itu para pelamar juga tidak boleh tercatat sebagai CPNS atau PNS maupun anggota POLRI/TNI ataupun siswa yang bersekolah dan terikat dengan dinas pemerintah serta sanggup mengoperasikan komputer minimal office dan juga internet. Syarat selanjutnya adalah pelamar tidak boleh aktif maupun terdaftar sebagai pengurus maupun anggota partai politik.


Cara Pendaftaran CPNS Kementrian Sosial
  1. Menyerahkan dokumen yang harus dilengkapi dengan KTP asli atau Surat Keterangan dari Dukcapil yang menyatakan telah melakukan rekam kependudukan. Jika alamat pelamar tidak sesuai KTP maka harus disertai surat domisili. 
  2. Pelamar juga harus membuat surat lamaran bermeterai Rp. 6.000 yang ditulis tangan maupun diketik komputer yang ditujukan ke Menteri Sosial Rl di Jakarta. Kemudian harus menyerahkan transkrip nilai serta ijazah asli dan surat pernyataan bermeterai Rp. 6.000 yang diketik komputer yang dapat diunduh di laman http://cpns.Kemsos.go.id. Pelamar juga harus menyertakan satu lembar pas foto ukuran 3x4 dengan latar warna merah.
  3. Melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pelamar melakukan pendaftaran, kemudian setelah mendapatkan User ID dan Password harus melakukan login ke http://cpns.Kemsos.go.id serta pengunggahan dokumen yang sudah discan sebelumnya dan dibuat format PDF. Nomor Induk Kependudukan yang digunakan adalah yang ada di KTP atau KK dan Nomor KK.
  4. Pelamar dapat mendaftar serta mengunggah dokumen.
  5. Jika dinyatakan lulus seleksi administrasi maka pelamar dapat mencetak kartu peserta ujiannya dari laman http://cpns.Kemsos.go.id .

Dalam cara pendaftaran CPNS Kementerian Pertanian juga terdapat seleksi yang meliputi tahap seleksi administrasi berupa kelengkapan dokumen yang sudah disebutkan diatas,  SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar yang menggunakan sistem berbasis komputer (CAT/Computer Assorted Test) dan bobot untuk seleksi ini mencapai 40% dari total penilaian.

Serta SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang yang masih dibagi menjadi dua lagi yaitu seleksi menggunakan sistem CAT untuk jabatan fungsional serta  wawancara/psikotes untuk jabatan fungsional atau pelaksana. Bobot tes ini mencapai 60%.


Proses Kelulusan dan Kelanjutannya dalam Cara Pendaftaran CPNS Kementrian Sosial


Kelulusan Administrasi

Baik untuk lulusan SMK, D3, D4, S1 maupun S2 akan dilakukan seleksi atas dokumen yang sudah diserahkan. Pengumuman lolos atau tidaknya akan diberitahukan di dalam laman https://cpns.Kemsos.go.id dan bagi yang lolos harus mengunjungi laman https://sscasn.bkn.go.id guna pencetakan kartu sebagai syarat melakukan ujian selanjutnya.


Kelulusan SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar

Dilakukan sesuai dengan ketetapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Mereka yang lolos dilihat dari nilai yang berhasil diperoleh sesuai dengan ketetapan tersebut.


Kelulusan SKB atau Seleksi Kompetensi Bidang

Nilai Akhir yang diperoleh untuk menyatakan lulus atau tidaknya adalah berdasarkan akumulasi nilai yang didapatkan saat SKD dan SKB.


Tempat Ujian

Tempat Ujian Cara Pendaftaran PNS Kementrian Sosialbaik untuk ujian SKD maupun SKB terbagi menjadi 12 tempat. Untuk dapat mengetahui lokasi tempat ujian dapat mengakses laman https://cpns.Kemsos.go.id

Melalui informasi ini kita telah melihat terdapat beberapa formasi yang dibuka pada tahapan ini PKH Kemsos tengah dibuka jadi jangan lewatkan lowongan CPNS satu ini, anda harus mempersiapkan beberapa hal diantaranya dilakukan melalui online sesuai dengan ketentuan yang berlaku, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.