Cara Pendaftaran Online POLNEP 2018/2019

POLNEP.ac.id - Cara  Pendaftaran Online (POLNEP) Politeknik Negeri Pontianak 2018/2019 Hampir semua orang yang sudah menempuh pendidikan SMA menginginkan pendidikan yang lebih tinggi lagi. Oleh karena itu semua siswa tingkat akhir SMA ini berbondong-bondong untuk mendaftar di seluruh universitas yang ada di Indonesia, baik itu universitas negeri maupun swasta. Menganyam pendidikan negeri ataupun swasta sama saja, sehingga para siswa akan mendaftar kesana kemari agar mendapatkan universitas yang diinginkannya.

Meskipun begitu banyak juga universitas yang dibangun oleh pemerintah seperti STAN, Pertanahan, IPDN, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga universitas negeri dimana mengutamakan kerja praktek seperti Politeknik. Di Indonesia sendiri Politeknik ini sudah berada dimana-mana. Salah satunya adalah Politeknik Negeri Pontianak. Untuk Pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak pada siswa dapat langsung mendaftar lewat websitenya.


Cara Pendaftaran Online POLNEP 2018/2019

Politeknik Negeri Pontianak ini merupakan salah satu Politeknik yang berada di Pontianak Kalimantan Barat. Politeknik ini mempunyai 8 Jurusan, yaitu jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari program studi teknik sipil dan program studi Teknik Arsitektur, jurusan Teknik Mesin terdiri dari program Studi Operator dan Peralatan Alat Berat, dan Program Studi Teknik Mesin. Jurusan Teknik Elektro terdiri dari program Studi Teknik Listrik, program Studi Teknik Elektronika, dan program Studi Teknik Informatika. Jurusan Akuntansi terdiri dari Program studi Akuntansi, dan program studi Akuntansi Sektor Publik.

Jurusan teknik Artsitektur, jurusan Teknologi Pertanian yang di dalamnya terdapat program studi teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan, jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan, program studi Teknologi Penangkapan Ikan, program studi Teknologi Budidaya Perikanan. Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan juga terdapat Teknologi Budidaya Perikanan, Teknologi Penangkapan Ikan, dan juga Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan.

Dan yang terakhir adalah jurusan Administrasi Bisnis yang terdiri dari program studi Administrasi Bisnis, dan program studi Administrasi Instansi Pemerintah. Pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak ini sama seperti Politeknik lainnya. Untuk pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak  ini ada beberapa jalur online yang dapat digunakan, diantaranya adalah PMDK-PN dan juga UMPN.  Untuk PMDK-PN atau Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri ini selesainya berdasarkan nilai rapor dan prestasi lain, sekarang sering disebut dengan SNMPTN.

Biasanya untuk pendaftaran pada jalur ini sekolah akan merekomendasikan siswanya agar terdaftar pada peserta SNMPTN, dan tanpa di pungut biaya apapun. Untuk pendaftarannya sendiri siswa akan memasukan datanya ke pmdk.politeknik.or.id yang kemudian akan diberikan username dan password untuk login sendiri. Setelah itu isikan data diri ke alamat tersebut dan cetak kartu tanda pesertanya.

Sedangkan untuk pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak jalur UMPN atau Ujian Masuk Politeknik Negeri akan dilakukan oleh Politeknik se-Indonesia. Untuk UMPN ini biasanya dilakukan oleh siswa yang tidak lolos pada jalur sebelumnya. Untuk UMPN ini dapat dilihat pada pmb.polnep.ac.id. Ada juga untuk pendaftaran melewati jalur undangan (kerjasama). Dimana pada jalur ini diadakan langsung oleh Politeknik, sehingga Politeknik akan memberikan undangan ke sekolah-sekolah dengan persyaratan pendaftaran tertentu.

Kemudian ada juga jalur Bidikmisi, dimana jalur ini merupakan bantuan dana pendidikan oleh pemerintah sehingga calon mahasiswa yang mendaftar lewat jalur ini harus mempunyai prestasi. Untuk dapat melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak ini maka harus memenuhi beberapa persyaratan misalnya saja untuk pendaftaran UMPN. Syarat pendaftaran calon mahasiswa reguler adalah:
  • Umur maksimal 24 tahun
  • Fotocopy Ijazah atau Surat Keterangan Lulus dan di legalirsir 1 lembar
  • Softcopy foto

Kemudian ketika sudah lulus pendaftaran harus melengkapi beberapa berkas seperti:
  1. Fotocopy Kartu Keluarga
  2. Surat Keterangan Bebas Narkoba
  3. Surat Keterangan Sehat
  4. Surat Keterangan Tidak Buta Warna
  5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian
  6. Kwitansi Pembayaran Daftar Ulang

Setelah melakukan pendaftaran politeknik Negeri Pontianak ini maka siswa pasti akan mencari tahu berapa biaya yang akan ditanggung selama masa perkuliahan. Untuk Politeknik Negeri Pontianak sendiri ada beberapa biaya yang harus dibayarkan ketika kuliah di politeknik ini, seperti dana partisipasi, buku pedoman akademik, jaket almamater, baju seragam, dana pengembangan prodi, dan latihan dasar kepemimpinan.

Biaya-biaya ini harus dibayarkan sekali selama kuliah di Politeknik ini. Sedangkan untuk komponen biaya-biaya tadi akan dibayarkan ketika calon mahasiswa baru melakukan registrasi sebagai mahasiswa. Adapun beberapa komponen biaya yang harus dibayar setiap semesterannya, yaitu:
  • Kartu Mahasiswa atau Kartu Perpustakaan
  • SPP
  • Penerimaan Asuransi Mahasiswa
  • Praktek Pengembangan Kompetensi
  • Pengembangan Kemahasiswaan
  • Pelayanan Kesehatan Mahasiswa

Sama halnya dengan politeknik atau universitas lain, setiap siswa yang akan masuk kuliah biasanya akan memikirkan lagi bagaimana biaya untuk kuliah dan bagaimana prospek kerja pada jurusan pada universitas atau politeknik tersebut. Oleh karena itu setelah melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Pontianak ini para calon mahasiswa harus mengetahui jumlah bulat biayanya. Untuk biaya keseluruhan dari Politeknik negeri Pontianak ini adalah Rp 3.191.000,- bisa juga sampai pada Rp 3.441.000,- untuk Diploma III.

Sedangkan untuk Diploma IV biaya yang harus di bayarkan adalah sekitar Rp 3.841.000,- sampai dengan Rp 4.041.000,-. Adapun untuk biaya uang kuliah tunggal atau UKT per semesternya akan berbeda setiap jurusan dan juga mempunyai beberapa tingkatan. Dimulai dari tingkat yang paling murah yaitu tingkat I dengan jumlah pembayaran rata-rata semua jurusan adalah Rp 500.000,-. Semakin naik level maka semakin besar juga biasanya UKT yang harus dibayarkan persemesternya. Sedangkan untuk level yang paling tinggi adalah UKT level V dengan rata-rata setiap jurusan atau prodi akan membayar sebesar Rp 2.500.000,-.
GET IT ON Google Play