Cara Pendaftaran Online POLIJE 2018/2019

POLIJE.ac.id - Tata Cara Pendaftaran Online (POLIJE) Politeknik Negeri Jember 2018/2019 Politeknik Negeri Jember atau yang biasa disebut Polije merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyelenggarakan program pendidikan vokasional. Sebelumnya Polije adalah Politeknik Pertanian Negeri Jember yang merupakan politeknik pertanian satu-satunya di Jawa. Perguruan tinggi tersebut didirikan tahun 1988 dengan Asian Development Bank sebagai pemberi bantuan dana pembangunannya.

Pendaftaran Politeknik Negeri Jember diadakan setiap tahun dengan beberapa jalur pendaftaran. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa informasi seputar pendaftaran mahasiswa baru Politeknik Negeri Jember. Beberapa Cara Mendaftar Polije dan Syarat-syaratnya. Politeknik Negeri Jember menawarkan 3 jalur pendaftaran yang bisa diikuti oleh semua calon mahasiswa yang sesuai syarat. Jalur pendaftarannya antara lain adalah jalur PMDK-PN, pendaftaran UMPN nasional online, dan jalur mandiri. Berikut ulasan lebih lengkapnya.

Cara Pendaftaran Online POLIJE 2018/2019


1. Pendaftaran jalur PMDK-PN

Jalur pendaftaran yang satu ini merupakan jalur seleksi nasional yang dilaksanakan serempak di seluruh Indonesia untuk politeknik negeri. Pendaftaran Politeknik Negeri Jember melalui PMDK-PN diperuntukkan bagi semua siswa SMA sederajat yang mempunyai prestasi di sekolah. Pendaftaran untuk jalur ini biasanya harus disertai bukti rapot sekolah dari semester 1 hingga semester 5. Jalur PMDK-PN juga merupakan salah satu cara pendaftaran tanpa tes masuk.

Untuk pertimbangan diterima atau tidak menggunakan nilai rapot dan konsistensi nilainya. Pendaftarannya tidak melalui website Polije, melainkan di website resmi pendaftaran politeknik di pmdk.politeknik.or.id. Pendaftaran jalur PMDK-PN juga gratis, sebab semua biaya ditanggung langsung oleh pemerintah.


2. Pendaftaran jalur UMPN

Bagi peserta PMDK-PN yang tidak lolos, ada kesempatan untuk masuk ke Polije melalui jalur nasional ini. UMPN atau PMB online diselenggarakan untuk siswa yang ingin masuk ke Politeknik Negeri Jember dengan mendaftar melalui website resmi Polije. Berbeda dengan PMDK yang gratis, jalur pendaftaran Politeknik Negeri Jember yang satu ini ada biayanya.

Biaya pendaftaran bisa menjadi gratis, apabila merupakan pendaftar beasiswa bidikmisi. Untuk waktu pelaksanaan pendaftaran dilakukan serentak oleh seluruh politeknik negeri yang ada di Indonesia. Pendaftar jalur ini juga diwajibkan untuk mencetak kartu peserta sebagai identitas untuk seleksi masuk Polije.


3. Pendaftaran jalur mandiri

Untuk pendaftaran jalur mandiri merupakan seleksi masuk Politeknik Negeri Jember melalui tes tertulis. Jalur terakhir ini bisa menjadi alternatif untuk calon mahasiswa yang belum beruntung atau tidak lolos di seleksi-seleksi sebelumnya. Pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur mandiri semua ketentuannya diatur oleh Politeknik Negeri Jember sendiri, jadi tidak berlaku nasional.

Dari syarat, mekanisme, waktu, hingga biaya pendaftaran Politeknik Negeri Jember diatur oleh pihak politeknik sendiri. Semua proses seleksi juga dilaksanakan di Politeknik Negeri Jember atau tempat lain yang telah ditunjuk oleh pihak Polije.


4. Syarat Seleksi Mandiri Polije

Bagi yang akan mendaftar di jalur mandiri Polije, ada beberapa persyaratannya. Syarat untuk dapat menjadi peserta seleksi adalah lulusan SMA, MA, SMK, dan paket C. Pendaftar ujian mandiri masuk Polije ini harus mempunyai ijazah sekolah menengah atas atau sederajat. Pendaftaran Politeknik Negeri Jember juga hanya untuk peserta dengan umur maksimal 24 tahun per 1 September.

Seleksi jalur mandiri ini merupakan seleksi masuk melalui tes atau ujian tertulis untuk pendaftaran program Diploma III dan Diploma IV. Terdapat pilihan program studi hingga 19 program. Jurusan di Polije sendiri ada 7 yaitu produksi pertanian, teknologi pertanian, manajemen agribisnis, peternakan, kesehatan, teknik, teknologi informasi, serta bahasa, komunikasi, dan pariwisata.


5. Mekanisme Pendaftaran UM Polije

Peserta terlebih dulu melakukan pembayaran pendaftaran melalui teller Bank BRI. Setelah membayar, akan ada PIN yang diberikan untuk digunakan pada saat mendaftar. Pendaftarannya sendiri dilakukan secara online di polije.ac.id sekitar awal Juni hingga awal Juli. Klik pada menu register dan isi identitas dan password dengan PIN yang sudah diberikan. Pihak Polije akan memverifikasi PIN jika memang sudah melakukan pembayaran.

Kemudian pendaftaran dilanjutkan dengan login dan mengisi formulir pendaftaran online. Pendaftar juga diperbolehkan untuk memilih 2 pilihan program studi, satu untuk pilihan pertama dan satunya untuk cadangan jika tidak diterima di pilihan pertama. Setelah semua data diisi dengan benar klik pada simpan final. Dilanjutkan dengan mencetak bukti pendaftaran Politeknik Negeri Jember dan juga biodata. Sekitar awal Juli, akan dilaksanakan tes tulis masuk Polije. Terdapat beberapa materi tes, yaitu matematika, bahasa Inggris, bahasa Indonesia, dan IPA terpadu. Pengumuman hasil seleksi mandiri biasanya diberikan di pertengahan bulan Juli atau beberapa minggu setelah seleksi.


Biaya Pendaftaran Seleksi Mandiri Polije

Pendaftaran ujian mandiri Polije dikenakan biaya Rp 250.000,-. Biaya tersebut dibayarkan melalui transfer bank dan hanya  bisa dilakukan di teller bank. Jadi tidak bisa dibayar melalui ATM atau pun e-banking. Alamat penerima ditujukan ke BPN131 Politeknik Negeri Jember dengan nomor rekening yang tercantum di petunjuk pendaftaran.  Biaya pendaftaran dikirimkan ke rekening BPN131 BRI cabang Jember di nomor rekening 0021-01-001743-30-6.

Seputar biaya pendaftaran Politeknik Negeri Jember juga dapat Anda tanyakan pada pihak kampus, apabila menemukan kesulitan dalam pembayaran. Saat membayar, sebaiknya teliti dengan benar nomor rekening tujuan agar pembayaran bisa dilakukan dengan lancar. Demikian beberapa informasi yang perlu diketahui untuk Anda yang ingin mendaftar menjadi mahasiswa baru Polije. Anda bisa mengikuti seleksi dari seleksi di jalur PMDK, PMB online, atau secara mandiri. Peserta yang tidak lolos dapat mengikuti kembali seleksi pendaftaran Politeknik Negeri Jember selanjutnya.
GET IT ON Google Play