Cara Pendaftaran Online POLBAN 2018/2019

POLBAN.ac.id - Cara Pendaftaran Online (POLBAN) Politeknik Negeri Bandung 2018/2019  Politeknik Negeri Bandung atau biasa disingkat POLBAN adalah sebuah perguruan tinggi advokasi negeri didirikan pada tahun 1982 dengan nama Politeknik Institut Teknologi Bandung (Politeknik ITB) karena berada dalam naungan ITB. Politeknik ITB awal hanya membuka program pendidikan diploma dalam bidang teknik/rekayasa, seperti D3 Teknik SIpil Jurusan Teknik SIpil, D3 Teknik Mesin Jurusan Teknik Mesin, D3 Teknik ELektronika Jurusan Teknk Elektro.

D3 Teknik Listrik Jurusan Teknik Listrik. Pendaftaran Politeknik Negeri Bandung yang dulu namanya masih Politeknik ITB ini pertama kali dibuka pada Tahun Akademik 1982/1983. Tiga tahun setelah ajaran baru dimulai, tepatnya pada 1986, Politeknik ITB membuka program pendidikan diploma bidang Tata Niaga di bawah jurusan Tata Niaga dengan tiga prodi, yaitu D3 Akuntansi, D3 Keuangan dan Perbankan, dan D3 Kesekretariatan dan Perkantoran. 

Cara Pendaftaran Online POLBAN 2018/2019


Kemudian semakin berkembang pada tahun-tahun berikutnya. Sejak politeknik ini berpisah dari ITB dan menjadi institusi mandiri pada 1999, namanya berganti menjadi Politeknik Negeri Bandung. Mulai Tahun Akademik 2006/2007, Politeknik Negeri Bandung mulai mengambangkanprogram pendidikan sarjana terapan dengan prodi yang semakin beragam.

Sejak berdiri, Politeknik Negeri Bandung memiliki visi “menjadi institusi yang unggul dan terdepan dalam pendidikan vokasi yang inovatif dan adaptif terhadao perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan”. Sedangkan misi dari Politeknik Negeri Bandung, yaitu pertama, menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa kewirausahaan, dan berwawasan lingkungan. 

Kedua, melaksanakan penelitian terapan dan menyebarluaskan hasilnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ketiga, melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan. Untuk mencapai visi dan menjalankan misi tersebut, Politeknik Negeri Bandung membuka 10 jurusan yang dibagi ke dalam dua prodi. Prodi Kelompok rekayasa, yang terdiri dari Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Konversi Energi, Jurusan Teknik Refrigerasi dan Tata Udara, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia, serta Jurusan Teknik Komputer dan Informatika. 

Sementara di Prodi Kelompok Tata Niaga terdiri dari Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Niaga, dan Jurusan Bahasa Inggris. Selain 10 jurusan tersebut, Politeknik Negeri Bandung juga membuka program pendidikan D4 PPL yang merupakan program ekstensi khusus bagi alumni D3 yang telah memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun. Program D4 PPL ini berjumlah 36 SKS yang diantaranya merupakan kuliah tatap muka dan e-learning. Program ini mulai dibuka pada tahun 2011 dengan program studi, yaitu D4 Teknik Perencanaan Jalan dan Jembatan, D4 Teknk Perancangan Konstruksi Mesin, D4 Teknik Komputer, dan D4 Teknik Kimia Produksi Bersih.

Dalam lingkungan kampus terdapat beberapa pusat pelayanan yang dapat dimanfaatkan untuk warga Politeknik Negeri Bandung, seperti Masjid Lukman Nul Hakim, Bank BRI, Bank BTN, Koperasi, Poliklinik Politeknik Negeri Bandung, Student Center, Pendopo Agung atau ruang serba guna, Telepon Umum, Koneksi Internet Menggunakan Wifi 24 Jam, Fiber Optic Backbone, Kantin, Pujasera, Sarana Olahraga, Polban Book Store, Inkubator Bisnis, hingga Biro Perjalanan Wisata Travelab. Selain itu, Politeknik Negeri Bandung juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung akademik, seperti UPT Perpusatakaan, UPT Komputer, UPT Studio Gambar, dan laboratorium lengkap pada masing-masing jurusan.

Politeknik Negeri Bandung memang termasuk politeknik negeri yang cukup diminati banyak calon mahasiswa. Mahasiswanya tidak hanya berasal dari Bandung, melainkan dari luar kota Bandung juga. Untuk mendaftar Politeknik Negeri Bandung bisa melalui online dan tidak membuka jalur pendaftaran Ujian Masuk Politeknik Negeri/UMPN. Berikut beberapa ketentuan pendaftaran Politeknik Negeri Bandung:

1. Seleksi Mahasiswa Baru (SMB) jalur ujian tulis Politeknik Negeri Bandung tidak membuka Program BIDIK MISI. Program BIDIK MISI Politeknik Negeri Bandung sudah tergabung dalam jalur penelusuran Minat dan Kemampuan PMDK – BM Politeknik Negeri bandung.

2. Pastikan calon pendaftar telah melihat detail program studi yang tersedia pada laman http://www.polban.ac.id

3. Pilihan program studi pada jalur SMB tulis sebagai berikut:
  • 2 pilihan (2 prodi Kelompok Rekayasa atau 2 prodi Kelompok Non Rekayasa)
  • 4 pilihan (2 prodi Kelompok Rekayasa atau 2 prodi Kelompok Non Rekayasa)
  • Aptitude Test (Hanya bagi pendaftar prodi Teknik Informatika, WAJIB)

Membayar biaya pendaftaran ujian tulis dengan biaya sebagai berikut:
  1. 2 Program Studi        Rp. 150.000,-
  2. 4 Program Studi        RP. 300.000,-
  3. Aptitude Test            Rp. 125.000,-

Pendaftaran secara online dapat dilakukan dengan cara berikut:
  • Kunjungi laman http://www.polban.ac.id
  • Pilih kategori formulir 2 pilihan (formulir SMB 2) atau 4 pilihan (formulir SMB 4)
  • Pilih DENGAN atau TANPA prodi Teknik Informasika (formulir Aptitude Test)
  • Isi data NISN dan data diri lengkap
  • Sebelum mencetak data, pastikan semua pilihan dan data yang dimasukkan sudah benar. Sebab, jika terjadi kesalahan, data sudah tidak dapat diubah kembali.
  • Cetak data sebagai pengantar untuk melakukan pembayaran di BANK BRI. Pilihla PORTAL pendaftaran SMB POLBAN

Perlu calon pendaftar pahami, pembayaran biaya pendaftaran Politeknik Negeri Bandung SMB ujian tulis hanya dapat dilakukan secara TUNAI melalui teller BANK BRI di seluruh Indonesia, baik cabang, capem, maupun kantor kas. Artinya, pembayaran pendaftaran ini tidak bisa dilakukan secara transfer ATM, Internet Banking atau Mobile Banking. Setelah transaksi dilakukan dan prosesnya berhasil, maka para pendaftar akan mendapatkan bukti pembayaran beserta nomor pendaftaran dan PIN dari teller untuk mendaftar via website.
GET IT ON Google Play