Cara Pendaftaran Online PNK 2018/2019

PNK.ac.id - Biaya dan Cara Pendaftaran Online (PNK) Politeknik Negeri Kupang 2018/2019  Seperti yang sudah diketahui bahwa semakin tinggi pendidikan seorang anak, maka akan semakin tinggi juga prospek kerja nantinya. Oleh sebab itu sekarang lebih baik anak dibina untuk sekolah dengan sangat tinggi. Untuk itu setelah lulus dari SMA anak harus segera dikuliahkan baik itu di universitas negeri, swasta, maupun di politeknik. Perbedaan universitas negeri, swasta dan politeknik tentunya dari cara belajarnya dan juga biayanya. 

Jika universitas negeri biasanya akan terdapat suatu acara bantuan bagi yang tidak mampu seperti misalnya bidikmisi dan bebas biasa lainnya seperti beasiswa yang sering diselenggarakan dari prestasi mahasiswa yang raih. Sedangkan untuk swasta orang-orang cenderung menilai bahwa kuliah di universitas swasta akan lebih sedikit mahal karena fasilitas yang biasanya sedikit membedakannya. Politeknik juga cukup banyak peminatnya, oleh karena itu kita akan membahas bagaimana proses untuk menjadi seorang mahasiswa Politeknik Negeri Kupang, mulai dari pendaftaran politeknik negeri kupang sampai dengan pembayarannya.

Cara Pendaftaran Online PNK 2018/2019


Politeknik Negeri Kupang merupakan salah satu Politeknik di Indonesia yang masih aktif dalam proses belajar mengajar. Seperti yang sudah diketahui bahwa politeknik ini lebih mengarah kepada praktik kerja lapangan. Di Politeknik Negeri Kupang ini banyak sekali jurusan mulai dari program studi D3 sampai dengan program studi D4. Untuk program studi D3 mempunyai 5 Jurusan dengan masing-masing mempunyai program studi.
  1. Jurusan teknik elektro dengan program studi teknik listrik yang mempunyai konsentrasi teknik mesin, teknik elektronika, dan teknik komputer& jaringan.
  2. Jurusan teknik sipil dengan program studi teknik sipil yang mempunyai konsentrasi teknik bangunan gedung, dan teknik bangunan air
  3. Jurusan administrasi bisnis dari program studi administrasi bisnis. Dalam jurusan ini, para murid akan belajar tentang pemasaran, perbankan, keuangan.
  4. Jurusan akuntansi yang terdiri dari program studi akuntansi
  5. Jurusan teknik mesin dari program studi teknik mesin yang mempunyai konsentrasi teknik mesin produksi, dan teknik perawatan dan perbaikan mesin

Sedangkan untuk program D4 ada 4 jurusan, yaitu:
  • Jurusan Administrasi Bisnis dari program studi manajemen perusahaan yang meliputi studi tentang manajemen, pengelolaan perusahaan, dan juga kuangan perusahaan.
  • Jurusan Akuntansi mempunyai program studi akuntansi sektor publik
  • Jurusan teknik sipil dari program studi teknik perancangan irigasi dan penanganan pantai, program studi teknik perancangan dan pemeliharaan jalan dan jembatan
  • Jurusan pariwisata terdiri dari program studi perhotelan yang mempunyai konsentrasi business hospitality, administrasi perhotelan. Program studi usaha perjalanan wisata yang mempunyai konsentrasi manajemen bisnis perjalanan dan destinasi pariwisata.

Untuk siswa SMA yang akan mencoba mendaftar Politeknik Negeri Kupang ini bisa langsung saja melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Kupang melalui beberapa jalur. Sama halnya dengan pendaftaran pada universitas maupun politeknik lain. Politeknik Negeri Kupang juga mempunyai beberapa jalur pendaftaran seperti PMDK-PN atau yang sekarang disebut dengan PMDK, dimana untuk proses jalur ini pendaftaran akan diawali oleh Kepala Sekolah yang akan merekomendasikannya, kemudian para siswa mulai mendaftar ke pmdk.politeknik.or.id untuk mendapatkan username dan password untuk melakukan pendaftaran.

Kemudian ada juga pendaftaran Politeknik negeri Kupang melalui UMPN, dimana jalur ini biasanya dipakai oleh siswa yang tidak lulus pada jalur SNMPTN tadi. Pada jalur ini berbeda dari jalur sebelumnya, ketika jalur SNMPTN siswa hanya mendaftar dan langsung masuk tanpa ujian, sedangkan dalam UMPN siswa yang telah mendaftar akan mengikuti ujian masuk terlebih dahulu. Kemudian ada juga PNK jalur Mandiri dimana prosedur yang dilakukannya hampir sama dengan UMPN yaitu setelah mendaftar terdapat tes tertulis. Biasanya untuk yang mendaftar pada PNK Mandiri ini adalah siswa yang tidak lolos jalur UMPN.

Setiap universitas baik negeri swasta dan politeknik juga mempunyai biaya kuliah yang berbeda-beda. Seperti misalnya politeknik ini. setelah siswa melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Kupang, maka akan ada beberapa biaya yang harus dibayarkan apabila siswa tersebut lolos seleksi masuk calon mahasiswa. Untuk penetapan UKT di Politeknik Negeri Kupang ini terdapat 6 kelompok kategori dan tergantung jurusan. 

Misalnya saja terdapat 3 kategori kelompok yaitu untuk D1, D3, dan D4) atau pada jurusan tertentu hanya terdapat 2 kelompok UKT. Biaya UKT yang harus di bayarkan pada masing-masing jurusan berbeda setiap semesternya. Rata-rata besar UKT yang harus dibayarkan adalah sekitar Rp 1.175.000,- sampai dengan Rp 2.760.000,-. Sedangkan untuk UKT kelompok I hampir semua jurusan mempunyai nilai yang sama yaitu Rp 500.000,-. Namun berbeda untuk setiap kelompok berikutnya.

Ada jurusan yang hanya mempunyai kelompok biaya UKT sampai pada kelompok III ada juga yang sampai kelompok VI. Berikut merupakan sedikit penjelasan mengenai kelompok UKT di Politeknik Negeri Kupang:
  1. Untuk UKT yang harus dibayarkan sementara untuk D3 dan D4 reguler akuntansi sektor publik, D4 reguler manajemen perusahaan, dan D4 pariwisata menggunakan kelompok III. Hal ini disebabkan karena menunggu penetapan definitif, kemudian jika sudah ada ketetapan tersebut maka diharapkan UKT akan menyesuaikan dengan pedoman dan peraturan pendidikan Politeknik Negeri Kupang.
  2. Untuk kelompok VI biaya UKT diberlakukan bagi alih jenjang irigasi dan jembatan serta alih jenjang teknik perancangan irigasi dan penanganan pantai.
  3. Sedangkan untuk alih jenjang akuntansi sektor publik, alih jenjang manajemen perusahaan, dan D4 reguler perancangan jalan dan lembota, D4 reguler teknik perancangan irigasi dan penanganan pantai v mengikuti kelompok V untuk pembayaran UKT.

Diharapkan setelah siswa melakukan pendaftaran Politeknik Negeri Kupang dan telah lolos, kemudian membawa beberapa persyaratan yang diperlukan, dan dapat membayar biaya UKT sesuai dengan jurusannya masing-masing. Jangan khawatir apabila Anda menginginkan keringanan karena politeknik juga terdapat bidikmisi atau pembiayaan yang di tanggung oleh pemerintah tetapi dengan prestasi mahasiswa yang dimilikinya.
GET IT ON Google Play