Cara Pendaftaran Online PNB 2018/2019

PNB.ac.id - Info Cara Pendaftaran Online (PNB) Politeknik Negeri Bali 2018/2019 Politeknik Negeri Bali adalah salah satu politeknik negeri dari total 43 politeknik negeri yang ada di Indonesia di bawah naungan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI (Kemenristekdikti) pada penyelenggaraan pendidikan tinggi khususnya di bidang vokasi iptek terapan.

Politeknik Negeri Bali juga memiliki sistem pendaftaran mahasiswa baru hampir dengan sistem yang diterapkan di universitas yaitu dengan menyelenggarakan tiga jalur penerimaan dalam setiap tahun akademiknya melalui pendidikan yang spesifik sehingga lulusan memiliki kemampuan yang relevan sesuai dengan kebutuhan industri. Jalur Penerimaan Siswa Politeknik Negeri Bali Berikut beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Bali.




1. Jalur UMPN-Mandiri

Jalur mandiri ini menjadi satu-satunya jalur yang dalam proses seleksinya secara langsung diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bali melalui ujian tulis. Pendaftaran dilakukan dengan cara online terlebih dahulu melalui laman http://sion.pnb.ac.id dan kemudian proses seleksi ujian tertulis dilakukan melalui tes TBS atau sering dikenal dengan Tes Bakat Skolastik.

Kuota penerimaan melalui jalur nasional menurut kemeristekdikti minimal 60% dari daya tampung setiap politeknik negeri sedangkan jalur mandiri yang dilakukan oleh masing-masing kampus tidak boleh lebih dari 15% dari total daya tampung. Masing-masing jalur penerimaan sudah tentu memiliki kuota yang berbeda-beda.


2. Jalur UMPN Nasional (Ujian Masuk satu Politeknik Negeri Nasional)

Jalur UMPN Nasional adalah salah satu jalur seleksi yang dilakukan melalui ujian tulis  yang diselenggarakan secara serentak oleh 43 politeknik negeri yang ada di Indonesia. Pendaftaran secara online menjadi bagian awal pelaksanaan pendaftaran  bagi calon mahasiswa baru yang dapat diakses melalui laman http://sion.pnb.ac.id dilanjutkan dengan proses ujian tertulis yang dapat ditempuh di politeknik negeri terdekat. Seleksi ini dilaksanakan setelah kelulusan siswa diumumkan.


3. Jalur PMDK-PN

Jalur PMDK-LN adakah salah satu jalur dengan sistem undangan bagi 42 politeknik negeri di Indonesia secara serentak. Proses pendaftarannya pun dilakukan secara online melalui laman http://pmdk.politeknik.or.id yang kemudian pada tahapan seleksi didasarkan pada kemampuan siswa dalam bidang akademik ketika masih duduk di bangku SMA/SMK/MA yang dinilai dari semenjak semester 1 sampai dengan semester 5.

Beberapa prestasi siswa seperti dalam bidang iptek, seni budaya, atau bahkan olahraga juga dapat dilampirkan sebagai penambahan poin atau bahkan dapat menjadi mahasiswa di salah satu politeknik negeri tanpa harus melalui ujian tulis. Biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa baru adalah disesuaikan dengan jalur seleksi yang ditempuh. Beberapa persyaratan pendaftaran bagi calon mahasiswa baru adalah sebagai berikut :

  1. WNI (Warga Negara Indonesia), 
  2. Lulusan dari SMK jurusan Listrik atau SMA jurusan IPA dengan melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah, 
  3. Belum menikah dan menyertakan surat keterangan belum menikah dan bersedia tidak menikah selama menempuh pendidikan, 
  4. Normal dan tidak memiliki gangguan dalam menyelesaikan studi seperti ketunaan, (5) melampirkan surat catatan kepolisian, 
  5. menyertakan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintahan sebagai bukti berbadan sehat dan tidak buta warna,
  6. menyertakan surat keterangan bebas dari narkoba dilengkapi dengan materai 6000, 
  7. menyertakan pas photo ukuran 4 x 6 sebanyak empat lembar, 
  8. melampirkan surat keterangan bersedia ditempatkan di seluruh PLN di Indonesia 
  9. membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 300.000,-

Kelengkapan berkas yang harus dicek dan disediakan kembali sebelum di kirim kepada panitia penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Bali adalah:
  1. print out form pendaftaran yang sudah diisi, 
  2. foto copy ijazah yang sudah di legalisir pihak kepala sekolah, 
  3. foto copy bukti pembayan dari bank,
  4.  foto copy akta kelahiran, 
  5. beberapa surat yang harus dilampirkan pada persyaratan pendaftaran seperti surat pernyataan belum menikah, keterangan sehat, keterangan bebas narkoba, keterangan catatan kepolisian, keterangan bersedia ditempatkan di seluruh PLN di Indonesia, dan pas photo berwarna 4 x 6 sebanyak 4 lembar.

Prosedur Pembayaran SPP

Mekanisme pembayaran  biaya pendidikan atau SPP dan pra-registrasi mahasiswa dilakukan dengan menggunakan sistem SPC atau system payment center di Bank BNI si seluruh Indonesia. Beberapa ketentuan yang perlu untuk diperhatikan sebelum melakukan pembayaran ke bank terdekat adalah sebagai berikut.
  • Penyetoran dana SPP di bank BNI untuk semester VIII (semester delapan untuk diploma VIII) sebesar Rp 2.650.000,- sedangkan untuk mahasiswa semester II (dua), IV (empat), dan VI (enam) di semester genap dan mahasiswa semester I (satu), semester III (tiga), dan semester V (lima) di semester ganjil melakukan pembayaran sesuai dengan level UKT yang sudah ditetapkan atau bisa dengan mendownloadnya terlebih dahulu.
  • Ketika melakukan pembayaran di bank, mahasiswa diharuskan melaporkan ke petugas jika sistem pembayaran yang digunakan adalah SPC di bank BNI’46 seluruh Indonesia, jangan sampai uang SPP yang disetorkan tersebut masuk ke rekening mahasiswa atau rekening direktur PNB).
  • Menunjukkan Kartu Mahasiswa kepada petugas bank atau menuliskan beberapa kolom identitas diri di kertas yang sudah disediakan
  • Mahasiswa yang melakukan transaksi di Bank BNI’46 dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 5.000,-
  • Slip pembayaran atau tanda bukti terima pembayaran dari bank di foto copy rangkap 2, setelah itu tulis identitas diri berupa nama dan prodi pada kertas foto copy tersebut.
  • Tanda terima pembayaran tersebut selanjutnya diserahkan di BAAK Pusat sekaligus melakukan proses re-registrasi. Untuk mahasiswa yang mendapatkan beasiswa bidik misi atau menjadi salah satu Adik Papua maka tidak dipungut biaya SPP alias gratis.

Terdapat beberapa jalur masuk yang bisa diikuti setiap tahun bagi siapa saja yang ingin mengikuti pendaftaran PNB silahkan ikuti prosedur yang sudah diberikan, berdasarkan hal-hal yang telah disebutkan diatas maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran dibagi menjadi beberapa jalur meski berbeda untuk proses pendaftaran masih menggunakan metode yang sama yaitu pendaftaran secara online.

Hal ini dapat memudahkan para peserta untuk melakukan pendaftaran, sesuai dengan ketentuan tersebut kita bisa melakukan pendaftaran kapan saja dan dimana saja, tidak ada alasan untuk tidak mendaftar, semoga informasi yang sudah diberikan bisa bermanfaat jika terdapat beberapa info lainnya akan segera kami update selamat mencoba.
GET IT ON Google Play