Cara Pendaftaran Online CPNS.LIPI.go.id 2017/2018

CPNS.LIPI.go.id - Cara Pendaftaran Online CPNS.LIPI.go.id 2017/2018 CPNS merupakan salah satu pekerjaan paling diminati oleh masyarakat Indonesia, meski saat ini kena moratorium tetapi tidak membuat antusias masyarakat berkurang, salah satu Lembaga Non Kementerian yang sedang membuka pendaftaran CPNS adalah LIPI, atau dikenal dengan Lembaga Ilmu Pengetahun Indonesia, membuka rekrutmen CPNS baru bagi para lulusan terbaik di Indonesia. Info Pengumuman dapat diakses melalui pengumuman CPNS SSCN.BKN.go.id.

Bagi yang gemar melakukan Reset dan Penelitian mungkin LIPI cocok bagi anda, apabila berminat mengikuti pendaftaran CPNS LIPI caranya cukup mudah tinggal ikuti pendaftaran melalui online, melalui informasi kita akan membahas perihal mengani hal tersebut. Dalam kesempatan ini lulusan Sarjan dan Pascasarjana menjadi prioritas, paling banyak dibutuhkan adalah Sarjana dan pascasarjana Pendidikan.


Semantara itu lulusan Pascasarjan seperti S2 paling banyak dibutuhkan hanya saja untuk lulusan SMA tidak dibuka, untuk bisa mendaftar para pelamar harus memenuhi persyaratan baik persyaratan umum sampai dengan persyaratan dari masing-masing formasi. Setelah melalui moratorium CPNS cukup lama kini tiba saat yang dinanti untuk melakukan pendaftaran melalui online.

Pelaksanaan Pendaftaran dilakukan melalui situs sscn.bkn.go.id setelah melakukan pendaftaran CPNS melalui situs tersebut diharapkan para peserta melakukan pendaftaran kembali melalui situs cpns.lipi.go.id hingga selesai, login dan isi sesuai dengan petunjuk yang ada, untuk lebih jelas berikut kami akan berikan informasi lengkapnya :



Persyaratan Umum

Terdapat beberapa persyaratan yang bersifat wajib bagi peserta yang tidak bisa ditawar mereka yang tidak memenuhi syarat akan dinyatakan tidak bisa mendaftar maka dari itu untuk lebih jelas berikut informasi lebih lanjut mengenai Persyaratan Umum sebelum melanjutkan pendaftaran wajib baca terlebih dahulu.
  1. Warga negera Indonesia yang bertakwa terhadap tuhan yang maha esa, setia dan taat pada pancasila UUD 1945 dan Negara kesatuan republik Indonesia.
  2. Sehat jasmani dan rohani.
  3. Berkelakukan baik dan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap.
  4. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas perminataan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS anggota TNI/POLRI, Pegawai BUMN/BUMD atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.
  5. Tidak berkedudukan sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS). Prajurit TNI, Anggota Polri, dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah.
  6. Bukan anggota pengurus ataupun aktif dalam partai poliki atau praktisi.
  7. Tidak terlibat dalam ketergantungan obat Narkoba/NAPZA dibuktikan dari rumah sakit  atau pemerintah setempat (dilengkapi  setelah dinyatakan lulus pada pengumuman kelulusan akhir).
  8. Bersedia ditempatkan diwilayah Indonesia.
  9. Bagi wanita tidak betato/ bekas tato dan tidak ada bekas tindik selain telinga kecuali disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  10. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan, dan merupakan llusan dari PTN terakreditasi sesuai persyaratan masing-masing formasi.
  11. Bagi pelamar harus lulusan PTN/PTS luar dan dalam negeri kampus harus diakui oleh Kemenristk diktisesuai dengan persyatan Kemenristekdikti. 
  12. Memiliki Index prestasi kumulatif (IPK) sesuai dengan persyaratan masing-masing alokasi formasi.
  13. Usia pada tanggal 1 Desember maksial 33 tahun bagi pelamar S1 dan sedangkan S3 maksimal 35 tahun.
  14. Bagi lulusan PTN luar negeri yang tidak memiliki IPK diwajibkan menyatakan copy transkrip nilai atau disertasi sesuai ketentuan Disertasi Tesis bahas ainggris meliputi title page, abstract, condusion.

Formasi Khusus Lulusan Terbaik (Cumlaude)

Lulusan terbaik adalah satu lulusan perguruan tinggi baik swasta maupun negeri dengan IPK minimal 3.51 dan maksimal nilai C ada satu hanya saja untuk bisa mengikuti CPNS LIPI peserta yang mengikuti katagori ini hanya mereka dari kampus dan Jurusan/prodi Akreditasi A selain dari pada itu tidak termasuk dalam katagori Lulusan terbaik adapun syarat yang diajukan adalah sebagai berikut :




Persyaratan :
  1. Pelamar adalah lulusan dari perguruan tinggi negeri ataupun swasta yang terakreditas A/Unggul, di dalam maupun luar negeri tidak hanya kampus saja yang A tetapi juga jurusan atau program studi harus A. Dibuktikan dengan akreditasi dari BAN PT terbaru.
  2. Pelamar merupakan lulusan dengan predikat Cumlaude di ijasah untuk S1 lebih dari 3.51 denga nilai maksimal satu C yang ada pada transkrip nilai.


Formasi Khusus Penyandang Disabilitas

Tidak ada batasan untuk kita mengabdikan diri pada negara, keterbatasan bukanlah akhir dari segalanya karena bagi sebagian besar mereka yang tidak beruntung memiliki keterbatasan dan mampu mengelola dengan baik akan menjadikan kelemahan tersebut menjadi kelebihan, bagi Disabilitas terdapat beberapa formasi yang dibuka untuk seleksi CPNS LIPI untuk lebih jelas berikut informasinya :



Persyaratan :
  1. Untuk persyaratan Disabilitas lebih kurang sama dengan formasi yang ada pada Formasi Umum pelamar merupakan lulusan PTN/PTS baik dalam maupun luar negeri dengan akreditas minimal B dikeluarkan dari BAN PT dengan disertakan surat keterangan dari fakultas.
  2. Index Prestasi Kumulatif minimal 3.50

Formasi Khusus Putra/i Papua dan Papua Barat

Beruntunglah kalian yang lahir dan memiliki darah keturunan asli papua karena saat ini pemerintah memiliki aturan yang memberikan keleluasaan untuk para putra putri papua dan papua barat untuk mengikuti seleksi CPNS termasuk LIPI kelebihannya adalh anda sudah bisa mendaftar CPNS dengan modal ijasah SD saja, dan aturan ini hanya berlaku untuk papua saja. Adapun formasi yang akan dibuka seperti dibawah ini :



Persyaratan :
  1. Untuk Formasi khusus Papua dan papua barat pelamar harus memiliki riwayat Memiliki lulusan SD/SLTP, SMU/SLTA di wilayah papua dan papua barat dibuktikan dengan salinan ijasah yang dilegalisir
  2. Garis keturunan orang tua (bapak) ali papua harus dilengkapi dengan bukti KTP orang tua (Bapak) dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/desa.
  3. Pelamar merupakan lulsuan PTN/PTS baik dalam maupun luar negeri dengan program studi terakreditas minimal B/Sangat Baik dari badan akreditasi nasional dibuktikan dengan surat keterangan dari fakultas. 
  4. Index Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.50 (tiga koma lima puluh).


Formasi Umum

Ini yang paling ditunggu-tunggu masyarakat umum bagi anda lulusan Sarajan, Pascasarjana dapat mengikuti CPNS LIPI hanya saja formasi dibuka untuk beberapa jurusan tidak semua jurusan untuk bisa mendaftaran silahkan terlebih dahulu di cek seperti dibawah ini untuk lebih jelas seperti berikut ini :











Persyaratan :
  1. Pelamar adalah lulusan PTN dan PTS dari dalam negeri ataupun luar negeri tidak jadi masalah kemudian kuliah dengan akreditasi kampus minimal B yang dikeluarkan oleh BAN PT sesuai dengan tertulis pada ijasah, dan dibuktikan surat keterangan dari fakultas.
  2. Index Kumulatif (IPK) minimal 3.00 (tiga koma nol)


Jadwal

Untuk siapa saja yang memutuskan untuk mendaftar harap mengecek apakah sudah dibuka atau belum hingga selesai, kami disini akan memberikan tambahan formasi mulai dari registrasi hingga pengumuman untuk lebih rinci berikut kami berikan informais mengenai jadwal lengkap seperti dibawah ini :

Cara Pendaftaran CPNS.Lipi.go.id

Proses pendaftaran CPNS LIPI akan dilaksanakan melalui online bagi yang berminat silahkan melakukan pendaftaran melalui situs SSCN BKN dan CPNS LIPI untuk lebih jelas berikut kami akan berikan informasi mengenai tata cara pendaftaran CPNS LIPI sesuai dengan ketentuan yang ada seperti berikut ini :
  1. Peserta diwajibkan untuk melakukan pendaftaran secara online melalui situs resmi sscn.bkn.go.id baca juga Cara Pendaftaran Online SSCN.BKN.go.id untuk petunjuk pendaftaran SSCN BKN dapat menggunakan panduan Cara Pendaftaran SSCN BKN isi semua data sesuai dengan petunjuk yang ada kemudian ikuti sampai denan selesai.
  2. Bagi Pendaftaran CPNS Non SSCN BKN dapat mengunjungi situs resmi CPNS.Lipi.go.id kemudian ikuti petunjuk lanjutan pendaftaran yang ada pada situs sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.
  3. Setelah melakukan pendaftaran diharapkan semua peserta harus mencetak pendaftaran dan melengkapi persyaratan yang ada, harap dicatat semua berkas pendaftaran dikirim sesuai dengan instansi masing-masing.

Tahapan Seleksi dan Sistem Kelulusan.

Ditinjau dari jenis seleksi yang akan dilakukan masih sama dengan pendaftaran CPNS pada umumnya hanya saja ada beberapa kebijakan tertentu yang bersifat khusus adapun tahapan seleksi yang akan dilalui oleh peserta sebagai berikut :

  1. Seleksi Administrasi dimana dilakukan melalui online dari sini kita mengetahui mana yang akan lulus admintrasi.
  2. Seleksi komputer Dasar sama seperti seleksi Komputer dimana menggunakan sistem CAT dan SKD SKB sesuai alokasi formasi yang dibutuhkan sesuai jabatan.
  3. Kelulusan Akhir ditentukan berdasarkan bobot nilai dari masing-masing diumukan setelah akhir tes.

Informasi Lainnya :

Harap perhatikan beberapa hal terutama yang berhalangan hadir ataupun mengundurkan diri perlu diperhatikan dan harus mengikuti semua ketentuan berikut konsekuensi sesuai dengan ketentuan panitia seleksi penerimaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Untuk lebih jelas seperti berikut ini.
  1. Pelamar yang tidak hadir / mampu mengikuti tahapan seleksi dengan alasan apapun pada waktu dan tempat yang ditetapkan maka dinyatakan gugur.
  2. Pelamar yang dinyaakan lulus lekesi tetapi mengundurkan diri, diwajibkan membuat surat pernyataan mengundurkan diri bermatrai Rp. 6000. Panitia seleksi data menggantikan dengan pelamar lainnya memiliki peringkat terbaik berdasarkan hasil keputusan rapat.
  3. Apabila dalam pelaksanaan tahapan seleksi atau dikemudian hari setelah adanya pengumuman kelulusan akhir, diketahui terdapat keterangan pelamar yang tidak sesuai/ tidak benar. panitia seleksi dapat menggurkan kelulusan yang tersangkutan.
  4. Keputusan panitia seleksi tidak dapat diganggu gugat.
  5. Pendaftaran dan seluruh proses seleksi tidak dipungut biaya LIPI tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatas namakan LIPI atau panitia.
  6. Info resmi terkait pendaftaran hingga seleksi CPNS LIPI dapat diakses melalui situs resmi cpns.lipi.go.id.
  7. Pelayanan informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan seleksi dapat menghubungi call center telepon (021) 5225711 Ext. 1247 pada hari kerja (Senin s.d Jumat) pukul 08.30 s.d 16.00 WIB.

Dari beberapa informasi yang sudah kami berikan maka dapat disimpulkan bahwa pendaftaran CPNS LIPI dilaksanakan melalui online harap membaca terlebih dahulu persyaratan apabila ingin mendaftar bagi yang sudah memenuhi syarat bisa melanjutkan registrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku melalui informasi di harapkan bisa membantu anda untuk menemukan lowongan kerja yang diinginkan.

Demikianlah semoga bisa bermanfaat harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi penerimaan. LIPI tidak pernah meminta sejumlah uang apapun untuk proses pendaftaran hingga kelulusan sekaligus tidak bertanggung jawab apabila anda melakukan kesalahan pemberian uang kepada oknum tertentu. Terima Kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play