Cara Pendaftaran Online PPDB Kab Sidoarjo 2017/2018

Sidoarjo.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Sidoarjo 2017/2018 simak Pendaftaran PPDB Online Sidoarjo 2017/2018 Bulan Juni dan Juli bisa dikatakan bulan-bulan yang sibuk untuk dunia pendidikan di Indonesia. Pada bulan Juni dan Juli tengah berlangsung pendaftaran calon peserta didik baru. Biasanya pendaftaran calon peserta didik baru dilakukan secara manual yang mana calon peserta didik baru datang ke sekolah yang bersangkutan untuk melakukan pendaftaran. 

Namun, pada tahun ajaran 2017/2018 calon peserta didik baru bisa melakukan pendaftaran melalui online dengan sistem pendaftaran PPDB Online Sidoarjo. Dengan adanya sistem pendaftaran berbasis online, calon peserta didik baru bisa mendaftar ke sekolah mana saja yang diinginkan tanpa harus mendatangi sekolah tersebut. Sistem pendaftaran yang berbasis online memberikan keuntungan bagi pihak-pihak yang terlibat dalam proses PPDB seperti sekolah, calon peserta didik baru, bahkan orang tua calon peserta didik baru.

Cara Pendaftaran Online PPDB Sidoarjo 2017/2018


Sistem pendaftaran yang berbasis online membuat kerja pihak panitia PPDB di sekolah menjadi lebih ringan. Mereka tidak perlu menghadapi antrean panjang para calon peserta didik baru yang ingin mendaftar. Mereka tidak perlu begadang semalam suntuk demi menyeleksi calon peserta didik baru karena proses seleksi dilakukan secara otomatis oleh server dari situs pendaftaran PPDB Online Sidoarjo. Selain itu, pihak panitia PPDB di tingkat sekolah tidak perlu pusing dengan masalah uang untuk pendaftaran ulang calon peserta didik baru karena pihak PPDB Online sudah bekerja sama dengan bank tertentu.

Cara Pendaftaran PPDB Online Sidoarjo

Calon peserta didik baru merasa diuntungkan karena mereka tidak perlu membuang waktu dan tenaga untuk mengantre ketika melakukan pendaftaran. Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan mengunggah berkas-berkas yang dibutuhkan pada situs pendaftaran PPDB Online Sidaarjo. Dalam PPDB Online juga tidak ada tes seleksi masuk sehingga calon peserta baru tidak perlu belajar keras untuk mempersiapkan tes seleksi masuk. 

Seleksi masuk dilakukan hanya menggunakan nilai ujian nasional dan ujian sekolah. Selain itu, untuk mengetahui pengumuman PPDB tidak perlu dengan menunggu sejak pagi buta di depan gerbang sekolah atau berdesakan di depan papan pengumuman. Pengumuman PPDB Online dilakukan dengan log in ke akun PPDB Online milik calon peserta didik tersebut.

Sedangkan, bagi orang tua calon peserta didik baru keuntungan dari PPDB Online dirasakan dari segi pembayaran. Orang tua tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar biaya pendaftaran karena pendaftaran PPDB Online Sidoarjo tidak dipungut biaya sama sekali. Pembayaran dilakukan jika calon peserta didik baru yang bersangkutan sudah diterima dengan nominal sesuai dengan kebijakan sekolah. Orang tua calon peserta didik baru tidak perlu datang ke sekolah untuk membayar. Pembayaran bisa dilakukan dengan transfer bank sehingga lebih mudah dan menghemat waktu. Ada dua cara pendaftaran PPDB Online Sidoarjo yang bisa dilakukan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Pertama

Cara pertama untuk pendaftaran PPDB Online Sidoarjo dilakukan untuk sekolah yang sudah tergabung dengan SIAP-PPDB Online. Langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mendaftar ke sekolah dengan cara ini antara lain:
  1. Calon peserta didik baru mendatangi sekolah yang bersangkutan dengan membawa berkas-berkas pendaftaran yang diperlukan.
  2. Pihak sekolah akan memberikan formulir pendaftaran yang harus diisi oleh calon peserta didik baru.
  3. Calon peserta didik baru harus mengisi seluruh formulir tersebut sesuai dengan panduan pendaftaran peserta didik baru sekolah yang bersangkutan.
  4. Formulir yang sudah diisi beserta berkas-berkas pendaftaran yang dibutuhkan diberikan kembali kepada pihak panitia PPDB di sekolah tersebut.
  5. Pihak panitia PPDB sekolah yang bersangkutan akan melakukan entri data yang bersumber pada formulir pendaftaran yang sebelumnya sudah diisi oleh calon peserta didik baru. Entri data tersebut dilakukan melalui server SIAP-PPDB Online.
  6. Data yang sudah diunggah ke SIAP-PPDB Online menandakan bahwa calon peserta didik baru sudah terdaftar sebagai pendaftar di sekolah yang bersangkutan.
  7. Calon peserta didik baru akan diberi bukti pendaftaran yang digunakan untuk melihat pengumuman penerimaan peserta didik baru di sekolah yang didaftar.

Cara Kedua

Jika sekolah yang bersangkutan belum bergabung dengan SIAP-PPDB Online maka calon peserta didik baru bisa melakukan pendaftaran PPDB Online Sidoarjo dengan cara yang kedua. Cara kedua inilah yang tergolong mudah untuk dilakukan para calon peserta didik baru. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah pendaftaran PPDB Online di bawah ini.
  1. Buka situs PPDB Online melalui komputer atau gadget.
  2. Lakukan pendaftaran dengan cara mengentri seluruh data yang dibutuhkan pada formulir online yang disediakan.
  3. Unduh bukti pendaftaran PPDB Online Sidoarjo dari situs PPDB Online setelah mengisi seluruh data pada formulir yang bersangkutan.
  4. Calon peserta didik baru mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi ke sekolah yang sudah didaftar.
  5. Calon peserta didik baru harus melakukan verifikasi ke sekolah yang bersangkutan dengan membawa bukti pendaftaran PPDB secara online dan berkas-berkas yang diperlukan.
  6. Berkas-berkas pendaftaran akan diterima oleh pihak panitia PPDB di lingkup sekolah.
  7. Calon peserta didik baru yang sudah melakukan verifikasi berkas akan mendapatkan bukti verifikasi dari pihak sekolah.
  8. Calon peserta didik baru melakukan pengecekan perkembangan PPDB Online dan pengumuman melalui situs pendaftaran PPDB Online Sidoarjo.

Selain dua cara pendaftaran tersebut, calon peserta didik baru perlu tahu bahwa dalam sistem pendaftaran PPDB Online Sidoarjo ada beberapa jalur masuk yang bisa dipilih seperti jalur prestasi, jalur domisili, jalur luar domisili, dan jalur inklusif. Pendaftaran dilaksanakan melalui online situs https://sidoarjo.siap-ppdb.com kemudian pilih jenjang SD maupun SMP yang masih dibuka secara online.

Kemudian lakukan pendaftaran sesuai dengan jalur yang bisa diikuti sampai dengan selesai jika semua proses pendaftaran selesai jangan lupa untuk melakukan verifikasi pendaftaran, jika semua sudah dilakukan tinggal tunggu saja hasil yang dapat dipantau melalui sms, adroid, dan melalui situs serta bisa melalui datang langsung ke sekolah tujuan.
GET IT ON Google Play