Cara Pendaftaran Online PPDB Serdang Bedagai 2017/2018

Serdangbedagai.siap-ppdb.com - Cara Pendaftaran Online PPDB Serdang Bedagai 2017/2018 berikut Pendaftaran PPBD Online Kabupaten Serdang Bedagai Tahun Ajaran 2017/2018 Hampir semua aspek kehidupan dimudahkan sejak hadirnya internet. Berbelanja tidak perlu lagi ke warung, toko, atau pasar karena ada toko online atau aplikasi jual beli online yang membuat aktivitas berbelanja menjadi lebih hemat waktu. Mencari transportasi umum tidak perlu mendatangi halte, pangkalan, atau berdiri lama di pinggir jalan karena sudah ada transportasi umum yang berbasis online. 

Mencari informasi tidaklah sulit karena setiap detik selalu ada jutaan berita baru yang dipublikasikan di portal berita online. Kini keuntungan dari adanya internet sudah merambah ke dunia pendidikan. Internet memberikan kontribusi yang besar dalam dunia pendidikan seperti adanya e-learning yang diadakan di banyak perguruan tinggi. Adanya e-learning atau kuliah berbasis internet membuat mahasiswa dari daerah mana saja bisa mendapatkan akses ilmu pengetahuan tanpa beranjak dari dalam rumah.

Cara Pendaftaran Online PPDB Serdang Bedagai 2017/2018

Pilihan Jalur Masuk Pendaftaran PPBD Online Kabupaten Serdang Bedagai

Inovasi internet dalam bidang pendidikan yang beberapa bulan terakhir menggemparkan Indonesia adalah adanya pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai. PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru merupakan agenda tahunan yang wajib dilakukan setiap pergantian tahun ajaran baru. Dulu, PPDB dilaksanakan secara manual yang mana calon peserta didik baru mendatangi sekolah yang diinginkan dengan membawa berkas-berkas yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran. 

Sistem PPDB yang manual memang merepotkan karena calon peserta didik baru harus antre hingga berjam-jam untuk menyerahkan berkas pendaftaran. Pihak panitia PPDB juga direpotkan karena proses seleksi dilakukan secara manual. Oleh karena itu, dicetuskannya sistem pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai yang membuat sistem PPDB menjadi lebih mudah. Calon peserta didik baru tidak perlu mendatangi sekolah yang bersangkutan untuk melakukan pendaftaran. 

Pendaftaran bisa dilakukan secara online di situs PPDB online dengan mengunggah berkas-berkas pendaftaran ke situs PPDB tersebut. Sistem pendaftaran PPDB yang berbasis online memudahkan pihak panitia PPDB karena seleksi dilakukan secara otomatis melalui server situs PPDB. Pihak panitia PPBD juga tidak kewalahan menghadapi antrean calon peserta didik baru yang ingin mendaftar. Selain itu, calon peserta didik baru diuntungkan karena mereka tidak perlu datang ke sekolah dan antre untuk mendaftar hingga berjam-jam. 

Yang lebih menguntungkan dari pendaftaran PPBD Online adalah biaya pendaftaran yang digratiskan. Selain itu, calon peserta didik tidak perlu berdesak-desakan untuk melihat pengumuman PPDB karena pengumuman peserta didik baru yang diterima diberitahukan melalui akun PPDB milik calon peserta didik baru yang bersangkutan. Orang tua dari calon peserta didik baru ikut merasakan keuntungan dari pendaftaran PPDB Online karena pembayaran uang masuk sekolah bisa dibayarkan melalui transfer ke bank yang sudah bermitra dengan sekolah yang bersangkutan.

Ada juga keuntungan yang didapatkan oleh calon peserta didik yang mendaftar melalui sistem PPDB Online. Sistem pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai memiliki beberapa pilihan jalur masuk seperti Jalur Prestasi, Jalur Khusus, Jalur Luar Domisili, dan Jalur Domisili. Untuk informasi yang lebih lanjut, simak ulasan setiap jalur masuk yang ada pada pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai di bawah ini.

1. Jalur Prestasi

Jalur Prestasi merupakan jalur masuk pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai yang difavoritkan oleh para calon peserta didik baru. Hal ini dikarenakan calon peserta didik baru tidak memiliki batasan wilayah dalam memilih sekolah yang diinginkan. Selain itu, banyak sekolah yang memprioritaskan untuk menerima calon peserta didik baru melalui jalur prestasi. Calon peserta didik baru yang ingin mendaftar melalui jalur prestasi hanya perlu melakukan verifikasi nilai rapor dari semester satu sampai dengan semester lima beserta prestasi apa yang diunggulkan.

2. Jalur Khusus

Jalur Khusus atau jalur inklusif adalah jalur masuk pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai yang diperuntukkan untuk calon peserta didik baru yang memiliki disabilitas atau kebutuhan khusus. Jalur Khusus memberikan kesempatan yang besar kepada calon peserta didik baru yang memiliki kebutuhan khusus untuk mendapatkan akses pendidikan. Akan tetapi, pendaftaran PPDB Online melalui jalur khusus tidak tersedia di semua wilayah. Hanya wilayah perkotaan atau kabupaten yang sudah maju saja yang menyediakan pilihan jalur masuk khusus dalam pendaftaran PPDB Online, misalnya wilayah yang sudah memiliki SLB atau Sekolah Luar Biasa.

3. Jalur Luar Domisili

Jalur masuk pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai yang selanjutnya adalah Jalur Luar Domisili. Jalur Luar Domisili bisa diikuti oleh calon peserta didik baru dari dalam daerah yang ingin mendaftar ke sekolah yang ada di luar daerah domisili. Sekolah-sekolah yang favorit biasanya memiliki kuota untuk calon peserta didik baru yang berasal dari luar domisili. Akan tetapi, kuota untuk calon peserta didik baru yang berasal dari luar domisili sangatlah terbatas. Biasanya kebijakan sekolah hanya mengalokasikan 10% dari keseluruhan calon peserta didik baru untuk calon peserta didik baru yang masuk melalui jalur domisili.

4. Jalur Domisili

Jalur Domisili adalah jalur masuk dalam pendaftaran PPDB Online Kabupaten Serdang Bedagai yang paling banyak dipilih oleh para calon peserta didik baru. Jalur Domisili diperuntukkan untuk calon peserta didik baru yang ingin mendaftar ke sekolah yang ada di daerah tersebut. Jalur Domisili bisa berupa dalam ruang lingkup kabupaten, kota, atau provinsi. Jalur Domisili memberikan keuntungan kepada para calon peserta didik baru seperti jarak sekolah yang dekat serta kuota penerimaan calon peserta didik baru melalui jalur domisili lebih besar dibandingkan jalur masuk PPDB Online yang lain.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan dapat disimpulkan untuk Kabupaten Serdang Bedagai sistem pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui situs resmi https://serdangbedagai.siap-ppdb.com/ selanjutnya tinggal pilih katagori pendaftaran yang ada pada situs tersebut. sesuai dengan jenjang pendidikan yang anda pilih.

Itulah beberapa informasi mengenai PPDB Sedang Bedagai semoga bisa bermanfaat apabila terdapat beberapa informasi yang anda butuhkan silahkan kunjungi situs resmi PPDB kemudian pilih katagori sesuai dengan ketentuan panitia, semoga bisa memberikan manfaat apabila terdapat update terbaru akan segera kami kabarkan terima kasih salam sukses.
Sekolah Pramugari