Lowongan Kerja (Loker) Rekrutmen Alumni Mercubuana Yogyakarta 2024/2025


Lowongan Kerja (Loker) Rekrutmen Alumni Mercubuana Yogyakarta 2024/2025 - masih sangat banyak terdapat pengangguran usia produktif, dimana sekitar 20% dari total pengangguran tersebut merupakan para lulusan perguruan tinggi, bahkan banyak diantaranya yangmerupakan fresh graduate kisaran usia 17 hingga 30 tahun, menempati peringkat tertinggi di Asia Pasifik di bawah posisi Srilanka dan Filipina. 

Hal tersebut tentu sangat naas mengingat banyaknya jumlah populasi penduduk di Indonesia. Walau kian tahun kian menurun, namun tetap saja angka pengangguran tersebut terbilang masih sangat jauh dari negara-negara maju lainnya. Bahkan menurut data, pada tahun 2007 terdapat sekitar lebih dari 750.000 pemuda pemudi lulusan perguruan tinggi yang belum mendapatkan pekerjaan atau menganggur.  




Salah satu penyebab utama dari kasus ini yakni ketidaktersediaannya lapangan kerja yang cukup bagi para pencari pekerja. Bahkan untuk satu lowongan kerja dapat dipersaing oleh ribuan pencari dan hanya akan ada puluhan calon pekerja yang lolos seleksi. Dari sinilah terjadi ketidak-signifikan antara supply dengan demand persyaratan dan kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan dengan kompetensi para pelamar perkerjaan.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) merupakan salah satu institusi pendidikan yang mana dapat menghasilkan paralulusan berkompeten dengan melalui pembekalan kompetensi lulusan dan informasi lowongan pekerjaan. Pembekelan kompetensi lulusan dan informasi lowongan kerja diharapkan dapat memperpendek masa tunggu lulusan dalam memperoleh pekerjaan. UMBY juga mendapat pelatihan-pelatihan keterampilan yang menunjang yang kelak diaharapkan dapat membantu dalam menghadapi persaingan-persaingan dalam dunia kerja.

Di zaman modern ini, terdapat banyak sekali layanan-layanan atau lembaga baik off maupun onloine yang menawarkan lowongan pekerjaan. UMBY career center merupakan salah satu biro layanan yang menyediakan lowongan-lowongan pekerjaan bukan hanya bagi para lulusan atau alumni Universitas Mercu Buana Yogyakarta, tapi juga bagi universtas-universitas lainnya. 

Proses rekrutmen tenaga kerja dilakukan melalui online, kunjungan kampus, pelatihan, presentasi profil perusahaan, job fair, dan event-event lainnya. Namun, sebelum meninjau lebih lanjut tentang tata cara pendaftaran lowongan pekerjaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Anda perlu memperhatikan beberapa tips dan informasi tentang cara pencarian kerja online bawah ini : Anda perlu berhati-hati apabila terdapat tanda-tanda seperti di bawah ini:
  1. Meminta Anda untuk membayar biaya pendaftaran atau biaya lainnya sebelum memberikan Anda pelatihan pkerjaan.
  2. Ketidakjelasan jenis pekerjaan yang ditawarkan. Hal tersebut dapat dilihat dari judul lowongan, penjelasan pekerjaan dan perusahaan.
  3. Tahap wawancara yang tidak dilakukan secara langsung. Bisa jadi pada penjelasan persyaratan pekerjaan terdapat tahap seleksi wawanacara, namun ketika mendekati waktu wawancara,  justru diundur atau dibatalkan dengan alasan yang tidak jelas.
  4. Menggunakan alamat email berbasis web dengan alamat umum, bukan alamat email milik perusahaan atau alamat email khusus.
  5. Mencantumkan nomor rekening perorangan atau pribadi untuk sarana transfer biaya.

Namun kali ini Anda tidak perlu khawatir karena situs lowongan pekerjaan yang disediakan oleh Universitas Mercu Buana ini merupakan situs resmi milik UMBY sendiri. Cara pendaftaran lowongan pekerjaan Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga terbilang mudah, Anda cukup mengunjungi situs cc.mercubuana-yogya.ac.id. Untuk langkah-langkahnya ada di bawah ini:
  1. Buka situs lowongan pekerjaan Universitas Mercu Buana, caranya dengan mengklik cc.mercubuana-yogya.ac.id
  2. Pada beranda, akan muncul beberapa informasi lowongan pekerjaan yang ditawarkan dari berbagai instansi atau perusahaan.
  3. Untuk mengetahui persyaratan dan informasi lowongan, klik lowongan dan akan segera muncul keterangan-keterangan yang telah dicantumkan oleh perusahaan atau instantsi terkait.
  4. Apabila terdapat lowongan yangsesuai dengan kriteria Anda (syarat tercukupi) silakan kirim email yang tertera dalam keterangan lowongan atau dapat berupa alamat kontak yang perlu dihubungi.

Career Center Universitas Mercu Buana Yogyakarta sangat terjamin keaslian dan mutunya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan UMBY career center memiliki kerjasama lebih dari 20 perusahaan ternama yang ada di Indonesia. Diantaranya :
  • PT. Midi Utama Indonesia (Alfamidi)
  • PT. Nusantara Sakti
  • Tribun Jogja
  • PT. Ameeya
  • Waroeng Group
  • PT. K24 Indonesia
  • PT. AINO Indonesia
  • PT. Gamatechno
  • BNI Life
  • PT. Pharos Indonesia
  • Kapal Api
  • Bina Talenta
  • PT. Kontak Perkasa
  • Bina Busana
  • Hartono Mall
  • Asuransi Sinarmas
  • Lembaga Kinderstation
  • Teleperformance
  • PT. Clause
  • Dan beberapa perusahaan ternama lain di Indonesia

Selain itu, terdapat kuisioner yang harus diisi bagi para alumni UMBY untuk mempermudah dilakukan studi pelacakan sebagai bahan pertimbangan dalam melakukan usaha-usaha peningkatan mutu pendidikan lebih lanjut bagi UMBY. Terdapat juga kuisioner yang harus diisi bagi atasan alumni yang bekerja pada perusahaan tertentu sebagai bentuk perbandingan atau review tenaga kerja lulusan UMBY. Website UMBY career center juga melampirkan segala informasi seputar jurusan yang terdapat di Universitas Mercu Buana Yogyakarta lengkap dengan ulasan dan prospek kerjanya.

Bagi Anda yang membutuhkan situs atau biro layanan lowongan pekerjaan terpercaya, Anda cukup mengunjungi website cc.mercubuana-yogya.ac.id . Selain itu, bagi Anda yang merupakan alumni UMBY dapat mengisi kuisioner sekaligus mendaftarkan diri ke web alumni Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Terdapat berbagai informasi yang disediakan seputar kegiatan alumni UMBY seperti event alumni, kuisioner, hingga informasi lowongan kerja.

Selain informasi lowongan pekerjaan dan rekruitmen secara online, UMBY career center juga menyediakan berbagai macam pelatihan skill tenaga kerja dengan perusahaan, rekruitmen kunjungan kampus, dan juga seminar pengenalan profil perusahaan yang bekerjasama khusus dengan Universitas Mercu Buana Yogyakarta.