Beasiswa Sampoerna 2017/2018

Sampoernafoundation.org - Beasiswa Sampoerna 2017/2018 Informasi Beasiswa Sampoerna Terbaru Pendidikan di Indonesia masih menjadi hal yang penting dan diperhitungkan di dunia kerja. Hal ini membuat banyak masyarakat Indonesia yang berlomba mendapatkan pendidikan hingga setinggi mungkin. Namun, mahalnya biaya pendidikan di Indonesia membuat sebagian orang putus sekolah dan tidak bisa melanjutkan pendidikannya. 

Besarnya jumlah anak-anak Indonesia yang belum mampu mendapatkan pendidikan membuat beberapa instansi, lembaga, dan yayasan mengeluarkan dana beasiswa pendidikan. Dana beasiswa dikeluarkan untuk membantu para pelajar yang kurang mampu agar bisa menyelesaikan pendidikannya. Berbicara mengenai beasiswa, di Indonesia angka pemberi beasiswa sendiri dapat dibilang cukup banyak. Salah satu beasiswa yang populer di Indonesia adalah Beasiswa Sampoerna.

Beasiswa Sampoerna 2017/2018

Info Beasiswa Sampoerna

Beasiswa Sampoerna merupakan beasiswa yang dikeluarkan oleh Sampoerna Foundation, sebuah Institusi Bisnis Sosial terkenal dan pertama yang ada di Indonesia. Beasiswa Sampoerna memiliki tujuan untuk mencetak putra-putri calon pemimpin bangsa di masa depan dan meningkatkan angka wirausahawan di Indonesia yang profesional agar dapat menghadapi persaingan globalisasi. Beasiswa Sampoerna memiliki empat pilar penting yaitu:
  • Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas bagi pelajar berprestasi di Indonesia khususnya bagi keluarga yang kurang mampu.
  • Mencerahkan masyarakat umum dengan program pemberdayaan perempuan
  • Menciptakan lapangan kerja dengan program pengembangan kewirausahaan
  • Program penyaluran pertolongan dan bantuan rehabilitasi bencana

Dengan adanya beasiswa ini, Sampoerna Foundation berharap dapat menciptakan pemimpin-pemimpin baru yang dapat berkontribusi dan melakukan perubahan positif pada komunitasnya. Didirikan sejak tahun 2001, Samporna Foundation telah memberikan lebih dari 340.000 beasiswa. Selain itu, di tahun 2009 Sampoerna Foundation mendirikan Sampoerna Academy, yaitu sebuah sekolah yang memiliki standar internasional dan berasrama. 

Sekolah tinggi ini diharapkan dapat mencetak generasi baru sebagai pendidik masa depan Sampoerna School of Education dan Sampoerna School of Business. Beasiswa Sampoerna selain diberikan untuk program S1 juga diberikan untuk para pelajar SMP yang memiliki kesulitan finansial untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA. Sampoerna Foundation juga memberikan beasiswa untuk tingkat SMA hingga pascasarjana.

Persyaratan Beasiswa Sampoerna
Sama hal nya seperti beasiswa lainnya, Beasiswa Sampoerna juga memiliki persyaratan beasiswa tersendiri. Sasaran penerima beasiswa milik Sampoerna Foundation umumnya adalah masyarakat Indonesia yang masih memiliki status sebagai pelajar yang memiliki kesulitan dari segi finansial. Namun, para pelajar ini juga harus memiliki prestasi di bidang masing-masing. 

Untuk para pemohon beasiswa, akan lebih baik jika memiliki semangat untuk membangun bangsa dan negara dan juga memiliki jiwa pemimpin. Hal ini berguna agar pemohon beasiswa bisa lolos dalam seleksi penerimaan beasiswa dan menjadi penerima beasiswa Sampoerna Foundation. Selain hal tersebut, terdapat persyaratan Beasiswa Sampoerna lainnya yang wajib dipenuhi para pemohon beasiswa.. Berikut syarat-syarat khusus yang dikeluarkan Sampoerna Foundation sebagai syarat beasiswa:
  1. Pemohon beasiwa merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Memiliki nilai akademik rata-rata minimal 7.00 untuk jenjang SMA (dari kelas 10 hingga kelas 12)
  3. Melampirkan bukti bahwa pemohon beasiswa membutuhkan tunjangan untuk biaya sekolah yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu dan fotocopy tagihan listrik rumah.
  4. Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi/lembaga manapun
  5. Menyerahkan formulir pendaftaran

Adapun untuk persyaratan tersebut harus didukukung dengan adanya dokumen yang wajib dilampirkan sebagai berikut:
  1. Formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditandatangai
  2. Dua surat referensi dalam amplor tertutup
  3. Pernyataan pribadi
  4. Fotokopi KTP/passport yang berlaku
  5. Fotokopi KTP/Passport orang tua yang masih berlaku
  6. Fotokopi Kartu Keluarga yang masih berlaku
  7. Satu pas foto berukuran 4x6 terbaru
  8. Fotokopi Ijazah SMA (jika telah dikeluarkan)
  9. Fotokopi Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) (jika telah dikeluarkan)
  10. Fotokopi Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (jika telah dikeluarkan)
  11. Fotokopi masuk universitas yang terpilih
  12. Fotokopi rekening listrik selama 3 bulan terakhir
  13. Fotokopi bukti pendaftaran telah masuk universitas
  14. Fotokopi slip gaji orang tua selama 3 bulan terkahir
  15. Surat asli keterangan tidak mampu dari Lurah atau Camat setempat
  16. Surat keterangan belum menerima beasiswa dari instansi lain dari pihak sekolah

Keuntungan dan Anggaran Beasiswa Sampeorna

Setiap beasiswa pastinya memiliki keuntungan tersendiri. Namun, berbeda dengan instansi lainnya, Sampoerna Foundation menawarkan dana beasiswa yang cukup besar. Banyak keuntungan yang bisa didapat melalui beasiswa ini yaitu:
  1. Biaya penuh pendidikan selama kuliah
  2. Biaya penuh pendaftaran kuliah
  3. Tunjangan buku selama masa kuliah
  4. Tunjangan akses internet yang bertujuan agar penerima bisa mendapatkan akses internet untuk menunjang kegiatan belajar
  5. Uang saku biaya hidup selama kuliah

Dana tersebut merupakan dana beasiswa penuh yang anggaran akan ditanggung penuh oleh Sampoerna Foundation. Jadi, selama masa kuliah kamu akan mendapatkan dana beasiswa sampoerna. Seluruh dana 100% akan ditanggung oleh Sampoerna Foundation. Untuk mendapatkan beasiswa ini, kamu hanya harus melengkapi persyaratan yang telah disediakan oleh Sampoerna Foundation. Untuk pendaftaran beasiswa ini, Sampoerna Foundation biasanya akan membuka beasiswa ini di bulan Januari dan beasiswa akan ditutup pada pertengahan bulan Maret. 

Program beasiswa dari Sampoerna Foundation ini diberikan untuk siapaun selama masih Warga Negara Indonesia tanpa membatasi asal daerah pemohon dan asal sekolah. Semua pelajar di Indonesia bisa mendaftar selama sanggup untuk melenggkapi persyaratan yang telah ada. Untuk bisa berhasil lolos seleksi beasiswa ini, pastikan bahwa segala dokumen persyaratan telah lengkap. Hal ini sangat berpengaruh terhadap proses seleksi. Pendaftaran Beasiswa Sampoerna dilaksanakan melalui http://www.sampoernafoundation.org dan kerjasama kampus hampir diseluruh Indonesia. Dengan harapan dapat membangun pendidikan untuk negeri.