Beasiswa Rusia 2017/2018

Beasiswa Rusia - Info Beasiswa Rusia 2017/2018 Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Beasiswa Rusia bagi kalian yang sedang ingin mencari beasiswa ke Rusia wajib baca ya Syarat dan Ketentuan Mengikuti Beasiswa Rusia. Rusia adalah negara yang unik dan menarik untuk dijadikan tempat menempuh pendidikan. Letaknya yang berada antara Benua Asia dan Benua Eropa membuat budaya dan kehidupan warganya berbeda. 

Begitu juga dalam hal pendidikan. Luas negara ini memang tergolong sangat luas, bagian negaranya yaitu Siberia memegang 75% luas wilayah. Sistem pendidikan di Rusia dikenal berkualitas dan ada beberapa bagiannya yang mirip dengan sistem pendidikan Indonesia. Makanya pemerintah Rusia selalu menawarkan beasiswa Rusia ke pada para warga Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi di negara tersebut. Mungkin ada dari Anda yang tertarik mengikuti program beasiswa yang ditawarkan pemerintah resmi Rusia, berikut ulasannya.

Beasiswa Rusia 2017/2018

Program Beasiswa S1, S2, dan S3 Rusia

Untuk program beasiswanya sendiri, pemerintah Rusia membuka pada jenjang S1, S2, dan S3. Pemerintah Rusia atau Federasi Rusia juga tidak hanya menawarkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke tiga jenjang tersebut, tetapi juga pelatihan khusus. Beasiswa Rusia jenjang S1 diberi waktu maksimal 4 tahun pembelajaran, S2 diberi waktu maksimal 2 tahun, dan S3 diberi waktu maksimal 5 tahun. 

Tujuan utama dari danya program beasiswa ini ialah meningkatkan tingkat pendidikan warga Indonesia melalui bantuan kerjasama Indonesia dengan Rusia. Para peserta beasiswa yang diterima sebagai mahasiswa akan memulai pembelajaran dengan pelatihan Bahasa Rusia selama 1 tahun terlebih dahulu. Jumlah mahasiswa Indonesia yang diterima tidak sedikit. Di tahun sebelumnya ada lebih dari 150 mahasiswa diterbangkan ke Rusia untuk melanjutkan pendidikan berbasis beasiswa resmi pemerintah Federasi Rusia. 

Terhitung kini ada lebih dari 300 mahasiswa asal Indonesia yang sedang mengikuti program beasiswa Rusia di Rusia dengan penempatan universitas berbeda-beda, serta bidang studi yang  berbeda-beda. Seperti yang sudah disebutkan, terdapat program khusus berupa pelatihan khusus yang juga masuk dalam program beasiswa. Pelatihan tersebut dilakukan dengan waktu  3 bulan, 5 bulan, dan 10 bulan. Sasaran utamanya pada guru, dosen, dan profesional. Ya, program beasiswa yang ditawarkan Federasi Rusia memang tidak tanggung-tanggung.

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Beasiswa Rusia

Tertarik mengikuti program beasiswa ini? Ada sejumlah syarat dan ketentuan yang wajib Anda penuhi. Syarat dan ketentuan tersebut meliputi:

1. Peserta beasiswa melakukan pendaftaran resmi dan menyiapkan dokumen.

Wajib untuk melakukan pendaftaran di situs resmi milik pemerintah Rusia, memilih bidang studi yang telah disediakan, dan menyiapkan dokumen-dokumen yang harus diserahkan ke pihak penyelenggara beasiswa. Jenis dan bentuk dokumen tersebut dapat Anda lihat di situs resmi pendaftaran.

2. Siap mengikuti proses wawancara langsung di Pusat Kebudayaan Rusia.

Anda yang lulus dalam tahap seleksi pertama, harus bersedia mengikuti proses wawancara langsung yang bertempat di Pusat Kebudayaan Rusia, Jakarta. Anda wajib membawa salinan dokumen-dokumen yang diminta dengan map berwarna khusus jenjang studi. Untuk jenjang S1 map harus berwarna kuning, jenjang S2 map harus berwarna merah, dan jenjang S3 map harus berwarna hijau. Sementara untuk peserta pelatihan khusus map dokumen harus berwarna biru. Dokumen disertai pas foto sebanyak 10 lembar ukuran 4x6.

3. Bersedia membayar biaya pemrosesan.

Bila pada tahan wawancara langsung beasiswa Rusia lulus, Anda harus menyediakan sejumlah biaya untuk memproses dokumen milik Anda. Setelah itu dokumen-dokumen akan dikirim ke pemerintah Federasi Rusia.

4. Memilih universitas yang telah disediakan.

Pendaftar wajib menyertakan 6 pilihan universitas karena pemerintah akan menempatkan pendaftar ke dalam 6 universitas pilihan tersebut.

5. Penerimaan beasiswa.

Para peserta calon mahasiswa dengan program beasiswa akan diberi pengumuman lulus seleksi atau tidaknya melalui Pusat Kebudayaan Rusia.

6. Melakukan persiapan pembelajaran.

Mahasiswa yang lulus tahap seleksi dan telah diterima harus melakukan persiapan pembelajaran yaitu membuat entry visa yang nantinya terlebih dahulu akan diberikan invitation letter.

7. Mengikuti pelatihan bahasa.

Syarat dan ketentuan selanjutnya adalah mahasiswa penerima beasiswa Rusia wajib mengikuti pelatihan khusus Bahasa Rusia selama 1 tahun di Fakultas Persiapan Bahasa. Sebab pembelajaran spesialis nantinya akan menggunakan Bahasa Rusia secara penuh. Setelah memahami syarat dan ketentuan sebagai pertimbangan, Anda dapat mulai menyiapkan dokumen yang wajib disertakan pada tahap pendaftaran dan seleksi. Dokumen-dokumen tersebut berupa:
  • Foto copy ijazah terakhir :Anda wajib menyiapkan foto copy ijazah terakhir. Bagi yang mengikuti program S1, persiapkan nilai rapor SMA/SMK dan ijazah SMA/SMK dengan minimal nilai 8. Bagi yang mengikuti program S2, persiapkan ijazah lulus S1 dengan minimal IPK 3,20. Sementara bagi yang mengikuti program S3, harus merupakan lulusan S2 universitas di Rusia.
  • Sertifikat kesehatan. :Dokumen berikutnya yang harus disediakan untuk beasiswa Rusia ialah sertifikat kesehatan yang merupakan keterangan bahwa diri kita sehat dan dapat mengikuti pembelajaran di luar negeri.
  • Foto copy identitas paspor : Wajib telah memiliki paspor dan membuat salinan identitas pribadi yang terdapat di paspor. Identitas harus asli dan benar.
  • Foto copy akte kelahiran.
  • Pas foto berwarna dengan latar warna putih.
  • Surat pernyataan orangtua atau wali.

Surat pernyataan ini berbentuk surat langsung yang ditulis atau diketik orangtua dan wali untuk perizinan menjalani program beasiswa di Rusia.
  • Sertifikat prestasi akademik dan non-akademik.
  • Esai yang berisi rencana penelitian atau tugas akhir yang akan dilakukan menggunakan Bahasa Inggris.
  • Esai dengan tema khusus menggunakan Bahasa Rusia bagi S2 dan S3, serta Bahasa Inggris atau Rusia untuk S1.

Itu dia sedikit informasi seputar beasiswa Rusia yang semoga bermanfaat. Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan bahwa ada beberapa beasiswa yang bisa diikuti oleh para peserta dengan catatan mereka yang ingin mendaftar harus memenuhi semua persyaratan, apabila terbukti tidak memenuhi persyaratan maka dipastikan tidak akan bisa mengikuti Beasiswa yang diinginkan.

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan apabila anda berminat mengikuti beasiswa di rusia bisa mengakses situs https://russia.study/en dan kemudian lakukan registrasi maka tahapan lanjutan akan anda temukan apabila mulai melakukan pendaftaran, semoga informasi yang sudah kami berikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update informasi lainnya terima kasih selamat mencoba.
GET IT ON Google Play