Beasiswa PLN 2017/2018

PLN.co.id - Beasiswa PLN 2017/2018 khusus Beasiswa PLN Info Lengkap Peluang Beasiswa PLN Perusahaan Listrik Negara atau lebih dikenal sebagai PT. PLN merupakan BUMN negara yang tidak hanya mengurusi segala keperluan negara yang berkaitan dengan kelistrikan, tetapi juga memberikan bantuan keuangan kepada pelajar Indonesia. Beasiswa PLN ini diberikan melalui beberapa program yang bekerja sama dengan beberapa pendonor maupun institusi lain. Berikut adalah beberapa daftar beasiswa dari PLN yang bisa menjadi rujukan untuk meringankan pendidikan lanjutan Anda.


Beasiswa Cahaya Pintar LAZIS-PLN

PT. PLN bekerja sama dengan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqoh (LAZIS) memberikan bantuan beasiswa kepada mahasiswa jenjang perguruan tinggi melalui program beasiswa Cahaya Pintar. Beasiswa PLN dan LAZIS ini akan memberikan bantuan berupa dana pendidikan sebesar Rp 5 juta per tahun selama 4 tahun. Selain itu, penerima beasiswa juga akan mendapatkan pelatihan kepemimpinan dan manajemen bencana yang diselenggarakan LAZIS bersama dengan Diklat PLN. Adapun persyaratan untuk mendaftar beasiswa ini, meliputi:

Beasiswa PLN 2017/2018

Persyaratan Umum :
  1. Beragama Islam
  2. Sedang menempuh pendidikan tinggi Strata 1 (S1), Diploma 4 (D4 Politeknik), dan Diploma 3 dari semua disiplin ilmu.
  3. Dhuafa, atau berasal dari keluarga tidak mampu
  4. Berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik
  5. Aktif dalam kegiatan organisasi di dalam maupun di luar kampus
  6. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
  7. Mengajukan permohonan bantuan tertulis kepada Rektor dengan melampirkan berkas meliputi: fotocopy KTM, KRS dan bukti pembayaran SPP
  8. surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain dengan bermaterai Rp 6,000
  9. fotocopy KK dilegalisir Lurah atau Kepala Desa setempat
  10. fotocopy KHS terakhir
  11. Surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan dari kelurahan atau kepala desa dengan alamat orang tua.

Bagi penerima beasiswa PLN dan LAZIS ini akan diwajibkan untuk mengikuti berbagai kegiatan relawan kemanusiaan yang diadakan oleh kedua institusi ini. Penerima beasiswa akan diajak untuk berpartisipasi pada kegiatan seperti kegiatan sosial, relawan bencana, dan mentor untuk mengajar siswa SD, SMP, dan SMA yang berasal dari keluarga yang tidak mampu untuk menumbuhkan kepedulian sosial.

Selain itu, LAZIS dan PLN juga memberikan beasiswa PLN dalam bentuk lain dengan membuka kesempatan untuk melanjutkan pendidikan gratis melalui beberapa program, meliputi:
  1. Petik (Pesantren Teknologi Informasi dan Komunikasi)setingkat diploma 2 dengan program khusus studi programmer dan jaringan
  2. SMK Nurul Barqy dengan program khusus mekatronika dan listrik
  3. Beasantri Gontor dimana santri akan mendapat bantuan biaya pendidikan dan pembinaan di pesantren
  4. Beapendidikan Dhu’afa dan Prestasi bagi siswa tidak mampu mulai dari jenjang pendidikan TK hingga S1 mencakup biaya sekolah baik negeri maupun swasta
  5. Taman Qur’an Usia Dini yaitu lembaga pendidikan Al-Qur’an yang diperkenalkan kepada siswa sejak dini
  6. Beranda Qur’an yaitu lembaga pendidikan tahfidz Qur’an 30 juz melalui pendekatan pembinaan dan bimbingan terpadu
  7. Pesantren Tahfidz Qur’an yaitu program pengembangan pesantren tahfidz

Beasiswa Kelas Ikatan Dinas PLN

PT. PLN bekerja sama dengan beberapa universitas maupun politeknik untuk memberikan beasiswa PLN kelas ikatan dinas. Bagaimanapun, sistem ikatan dinas saat ini tidak seperti tahun 2012 ke bawah dimana terdapat 2 jalur yaitu reguler dan non-reguler. Dulu, jalur non-reguler sering disebut sebagai jalur ikatan dinas, sehingga bagi mereka yang lolos bisa langsung ditempatkan di PT.PLN.Sayangnya, kini hanya ada jalur reguler.Akan tetapi, bukan berarti jalur non-reguler ini tidak ada lagi. Masih ada penawaran program ikatan dinas untuk menjadi Mahasiswa Kerjasama bagi prodi D3 dan S1.

Sebagai contoh, beasiswa PLN bagi Mahasiswa Kerjasama ini ditawarkan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).Program D3KPLN atau Diploma 3 Kerjasama PLN merupakan salah satu program kerja sama antara PENS dengan ikatan dinas PLN dalam membuka penerimaan mahasiswa baru. Mahasiswa yang terpilih melalui program ini merupakan mahasiswa yang memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan oleh PT. PLN sehingga ketika lulus akan mendapat jaminan kerja di perusahaan tersebut sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Pelamar harus merupakan siswa lulusan SMA/MA jurusan IPA atau lulusan SMK jurusan segala teknik.


Persyaratan selama masa pendidikan meliputi:
  1. Program studi Teknik Elektro, konsentrasi Teknik Tenaga Listrik
  2. Program berlangsung selama maksimum 6 semester dengan bebas 120 SKS
  3. Diwajibkan mengikuti program magang selama 6 bulan di PLN. Setiap peserta akan mendapatkan uang saku selama magang sebesar Rp 850,000 per bulan dan Rp 200,000 dari PENS.
  4. Diwajibkan menyusukan Tugas Akhir berkaitan dengan proses bisnis PLN
  5. Beasiswa hanya diberikan kepada 3 peserta dengan prestasi terbaik di masing-masing jurusan. Beasiswa sebesar 1 juta rupiah diberikan pada semester 3 sesuai dengan prestasi semester 2. Beasiswa akan diberikan setiap satu semester yang dibayar sekaligus sebesar 6 juta rupiah melalui rekening penerima beasiswa.
  6. Untuk mendapatkan jaminan kerja di PT.PLN, mahasiswa harus memenuhi persyaratan minimal IPK 2,75 dengan masa studi 6 semester. Penerima beasiswa PLN haruslah sehat jasmani dan rohani.

Beasiswa PLN Politeknik Negeri

Ada beberapa beasiswa yang diberikan oleh PLN melalui Politeknik Negeri nah ini bisa anda gunakan sebagai salah satu peluang mendapatkan beasiswa apalagi sistem yang dipatok oleh Politeknik Negeri merupakan sistem kerjasama jaminan kerja, mereka yang lulus akan dipastikan langsung bekerja, untuk pendaftaran silahkan langsung kungungi situs Politeknik Negeri yang ada di Indonesia.


Beasiswa PLN PTN

Ada banyak perguruan tinggi yang membuka beasiswa kerjasama dengan PLN seperti perguruan tinggi negeri ternama agar bisa mengikuti beasiswa ini peserta wajib mengikuti ketentuan pendaftaran yang ada seperti mengecek apakah kampus tempat tujuan anda mendaftar adalah kampus yang berafiliasi dengan beasiswa PLN langsung atau tidak, jika memang tersedia semua mahasiswa yang memenuhi syarat bisa melakukan pendaftaran melalui PTN tersebut, silahkan kunjungi situs resmi PTN dengan katagori Beasiswa PLN.

Selain mendapatkan keringan biaya kuliah, memperoleh beasiswa PLN merupakan kesempatan emas bagi Anda untuk memastikan peluang kerja setelah lulus kuliah. Sebagai mahasiswa yang telah diakui kemampuan akademik maupun non-akademiknya dengan lolos sebagai penerima beasiswa, Anda telah memiliki nilai lebih ketika akan mendaftarkan kerja di PT. PLN. Jadi tunggu apa lagi? Jika Anda memenuhi persyaratan di atas, segera daftarkan diri Anda!
GET IT ON Google Play