Beasiswa Pertamina 2018/2019

Pertaminafoundation.org - Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2018/2019 khusus Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk Mahasiswa S1 Bagi seorang pelajar, beasiswa adalah salah satu alternatif yang sangat penting yang dapat membantu para pelajar meringankan beban biaya pendidikan khususnya yaitu untuk mahasiswa yang saat ini sudah cukup tinggi biayanya. Sebagai seorang mahasiswa pasti teman-teman sudah sering mendengar adanya berbagai macam beasiswa yang diperuntukan untuk meringankan biaya pendidikan. 

Beasiswa biasanya diberikan kepada seorang mahasiswa yang kurang mampu di perekonomiannya serta untuk seorang mahasiswa cerdas dan pintar yang mampu berpartisipasi secara positif dalam pelestarian dan pembudidayaan sosial di lingkungan masyarakat. Salah satu dari beasiswa tersebut yaitu Beasiswa Pertamina yang saat ini sudah ditunggu-tunggu oleh para mahasiswa. Beasiswa ini merupakan beasiswa yang setiap tahunnya menyediakan berbagai macam bantuan untuk para mahasiswa. Pertamina Foundation selalu menyediakan bantuan melalui Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk yang sedang menempuh jenjang S1 (Sarjana) di suatu Perguruan Tinggi.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Apa Saja Syarat dan Ketentuan Beasiswa Pertamina Sobat Bumi?

Beasiswa adalah sebuah bantuan yang dapat meringankan beban biaya pendidikan untuk para pelajar yang kurang mampu ataupun juga memiliki prestasi di bidangnya. Mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini memang diwajibkan mampu berkontribusi dalam melakukan hal positif terhadap lingkungan yaitu mampu mengikuti kegiatan dalam melestarikan lingkungan dan juga memberdayakan sosial masyarakatnya. 

Biasanya seorang mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa juga harus mengikuti berbagai syarat serta ketentuan yang harus dilaksanakan selama mendapatkan beasiswa tersebut. Begitu pula dengan beasiswa Pertamina Sobat Bumi juga memiliki beberapa ketentuan dan syarat yang berlaku dalam pelaksanaan beasiswa ini. Sebenarnya beasiswa Pertamina ini ada dua kategori mahasiswa yang dapat diikuti yaitu Beasiswa Pertamina Sobat Bumi dan Beasiswa Pertamina Inspirasi. 

Untuk beasiswa Pertamina Sobat Bumi hanya ada di Perguruan Tinggi bagian Indonesia Barat dan Indonesia Tengah, dan sebaliknya jika Beasiswa Pertamina Inspirasi dibagikan di Perguruan Tinggi bagian Indonesia Timur saja. Program Beasisiwa Sobat Bumi untuk para mahasiswa S1 yang ditawarkan dari Pertamina Foundation ini hanya untuk empat Perguruan Tinggi atau Universitas ternama yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Airlangga (UNAIR). 

Program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi ini merupakan beasiswa yang diperuntukan para mahasiswa dan mahasiswi yang dapat menjalankan kegiatan yang berhubungan dengan kelestarian di lingkungan. Sebenarnya untuk beasiswa ini adalah salah satu program terusan dari suatu beasiswa Yayasan Kesejahteraan Pegawai Pertamina. Tentu saja program beasiswa diberi dana oleh PT. Pertamina Persero yang memang dikelola dan dijalani oleh Pertamina Foundation. 

Untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa ini bisa mencobanya pada semester V nanti. Tidak hanya itu, adapun beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku untuk mengikuti beasiswa Pertamina Sobat Bumi. Ada dua syarat yang harus diikuti untuk teman-teman yang ingin mendaftar yaitu syarat umum dan syarat khusus yang masih berlaku.


Syarat Umum
  1. Warga negara Indonesia (WNI) yang sah.
  2. Terdaftar sebagai seorang mahasiswa/mahasiswi dan tidak sedang mengambil cuti dari perguruan tinggi yang terdaftar, dengan menyerahkan bukti scan kartu mahasiswa.
  3. Mahasiswa sudah memasuki semester lima (V), kecuali untuk mahasiswa dari Indonesia Timur minimal mendaftar pada semester tiga (III).
  4. Ketentuan IPK: IPK (Indeks Presentasi Komulatif) minimal 3,00 (skala 4,00) dengan membawa bukti scan IPK terakhir yang diterbitkan oleh fakultas/universitas.
  5. IPK (Indeks Presentasi Komulatif) minimal 2,75 (skala 4,00) khusus mahasiswa Indonesia Timur dan dengan membawa bukti scan IPK terkahir yang diterbitkan oleh fakultas/universitas.
  6. Memiliki surat keterangan kesehatan (tidak menggunakan obat-obatan terlarang) serta surat berperilaku yang baik (tidak terlibat kejahatan atau kriminal) disertai dengan materai.
  7. Mengisi formulir secara online di beasiswa.pertaminafoundation.org
  8. Mahasiswa wajib mengikuti seleksi yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation.
  9. Melampirkan semua dokumen yang dibutuhkan di atas dan mengirimnya.

Syarat Khusus
  • Mahasiswa membuat karya tulis ilmiah yang dalam bentuk essay dengan ketentuan: Essay dibuat dengan tulisan sendiri atau tidak melakukan plagiat.
  • Ditulis dan dicetak dalam kertas A4 (quatro) dalam jumlah kata minimal 1200 kata dengan menggunakan spasi 1,5 dan jangan lupa disertai dua buah foto.
  • Tulisan yang dibuat dengan tema yang ditentukan yaitu “Aksi Untuk Peletarian Negeriku”.
  • Isi essay mengutamakan tentang pemanfaatan sumber daya lokal yang rendah, bagaimana berkontribusi positif dengan lingkungan, dan dampak pada lingkungan hidupnya.
  • Membuat surat pernyataan sedang tidak menerima beasiswa apapun dari fakultas yang akan diserahkan pada saat wawancara.
  • Turut aktif dalam organisasi sosial lingkungan hidup dengan disertai bukti scan surat dari tokoh atau pengurus organisasi tersebut.
  • Bagi siswa yang kurang mampu harus menyertakan bukti scan surat keterangan tidak mampu dari desa atau kelurahan.
  • Seluruh calon penerima beasiswa wajib melampirkan scan Kartu Keluarga.

Itulah beberapa informasi yang dapat diberikan dari beberapa persyaratan umum dan khusus yang masih berlaku dari Pertamina Foundation untuk Beasiswa Pertamina Sobat Bumi untuk diberikan kepada para mahasiswa S1. Bagi yang ingin mengikuti beasiswa tersebut diharapkan mampu mengikuti beberapa persyaratan yang berlaku di atas. Beberapa persyaratan di atas yang akan menentukan teman-teman dapat menerima atau tidaknya beasiswa tersebut. demikianlah tentang sedikit informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat serta untuk teman-teman yang berniat mendaftar bisa mendapatkan beasiswa tersebut.
GET IT ON Google Play