Beasiswa Korea 2017/2018

Niied.go.kr/eng/ - Beasiswa Korea 2017/2018 khusus Beasiswa Korea Selatan 2017/2018 berikut Beasiswa Korea Utara 2017/2018  yang Menawarkan Beasiswa Penuh Belakangan ini beasiswa menjadi pilihan utama sebagai cara untuk menempuh pendidikan lanjutan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Salha satu Negara yang belakangan ini menajdi incaran adalah Korea Selatan. Negara yang terkenal dnegan Hallyu Wave nya ini ternyata menawarkan tiga jenis beasiswa untuk jenjang S1 higga S3.

Penawaran beasiswa Korea ini pun tidak tanggung-tanggung, hampir ketiga dari beasiswa yng ditawarkan merupakan beasiswa penuh. Artinya, bagi penerima beasiswa akan mendapatkan biaya hidup dan biaya tambahan lainnya tanpa dibebankan biaya perkuliahan selama masa studi. Tentunya beasiswa jenis ini merupakan beasiswa yangs angat diidam-idamkan. Berikut adalah tiga beasiswa penuh untuk studi di Korea Selatan.

beasiswa korea
Beasiswa Korea 2017/2018


1. Korean Government Scholarship Program (KGSP)

Beasiswa Korea yang bisa menjadi pilihan adalah beasiswa Korean Governement Scholarship Program atau Beasiswa Pemerintah Korea Selatan. Beasiswa ini juga dikenal dengan singkatan KGSP, yang menawarkan beasiswa penuh dengan berbagai macam biaya tunjangan. Seperti namanya, beasiswa ini berasal dari pemerintah Korea Selatan untuk mahasiswa international, termasuk Indonesia.

Untuk jenjang yang ditawarkan adalah S1 dengan lama pendidikan 4 tahun dan S2 dengan lama pendidikan 2 tahun. Namun, sebelum keberangkatan para penerima beasiswa diwajibkan untuk mengikuti kursus Bahasa Korea selama satu tahun sebelum keberangkatan. Biaya yang ditawarkan oleh pemerintah Korea Selatan ini pun sangat menggiurkan. Mengingat jenis beasiswa Korea ini merupakan beasiswa penuh, maka biaya yang akan diberikan pun cukup memenuhi. Untuk jenjang S1, penerima beasiswa akan dibebaskan dari tanggungan biaya kuliah selama 5 tahun.

Ada pula uang tunjangan untuk kedatangan dan saat pulang ke Negara asal, masing-masing 200,000 Won dan 100,000 Won. Kedua biaya ini terlepas dari biaya tiket pesawat Pulang Pergi, yang nantinya juga akan ditanggung oleh Pemerintah Korea Selatan. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa mahasiswa diharuskan mengikuti kursus Bahasa Korea sebelum keberangkatan dan mahasiwa tidak akan dipungut biaya untuk pelatihan ini. Yang paling penting adalah uang saku, Beasiswa KGSP akan memberikan uang saku ke masing-masing penerima beasiswa sebanyak 800,000 Won per bulan.

Sementara untuk S2, biaya yang ditanggung tidak jauh berbeda. Untuk beasiswa Korea S2, para penerima beasiswa akan diberikan uang saku sebesar 900,000 won per bulan dengan uang tunjangan kedatangan sebanyak 200,000 won. Yang membedakan dengan S1 adalah program S2 dicakup dengan biaya tunjangan penelitian sebesar 240,000 Won untuk Fakultas Ilmu Alam dan Mesin dan 210,000 Won untuk Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Adapula biaya penggantian percetakan disertasi hingga 800,000 Won yang dapat disesuaikan.



2. Beasiswa MS dan PHD National Institute of Science and Technology (UNIST)

Bagi Anda yang menginginkan beasiswa MS dan PHD, beasiswa Korea juga menawarkan beasiswa ini untuk mahasiswa Indonesia khususnya. UNIST atau Natiaonal Institute of Sciene and Technology merupakan salah satu universitas di Korea yang membuka kesempatan mahasiswa international untuk mengenyam pendidikan di Korea Selatan. Jenis beasiswa yang ditawarkan pun termasuk beasiswa penuh yang menanggung seluruh biaya kuliah dan juga memberikan uang saku dan biaya konferensi setiap tahunnya.

Untuk jurusan yang tersedia adalah Probabilistic Risk Assessment, Risk Based Structure and Management, Structural Engineering-Structural Reliability, dan System Reliability. Untuk lamanya pendidikan, beasiswa Korea ini menawarkan dua pilihan. Untuk MS (Master of Science) selama 2 tahun dan PhD selama 4 tahun. Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penerima beasiswa ini? Berikut persyaratannya:
  • Pendaftar beasiswa harus memiliki bukti kemampuan berbahasa Inggris. Sertfikat yang berlaku di antaranya TOEFL IBT dengan skor miminal 80 dan TOEIC dengan minimal skor 550. Untuk sertifikat jenis lainnya masih bsia dipertimbangkan dengan syarat tertentu.
  • Untuk pendaftar beasiswa MS, pendaftar beasiswa harus memiliki latar belakang pendidikan S1 Tekninl Sipil dan bidang yang berkaitan. Sedangkan untuk pendaftar PhD, maka pendaftar beasiswa diharuskan minimal telah melewati jenajng pendidikan S2 Teknik Sipil atau bidang yang masih berkaitan,
  • Mengisi dan mengumpulkan formulir pendaftaran dengan data lengkap beserta rencana studi dan personal statement,
  • Mengumpulan salinan transkrip, ijazah, dan tes Bahasa Inggris
  • Persyaratan tambahan lain memungkinkan untuk pengalaman riset jika dibutuhkan.

3. The Objective of the Arts Major Asian (AMA) Scholarship Program

Beasiswa Korea lainnya yang bisa menjadi pilihan adalah AMA Scholarship Program. Beasiswa ini sangat dikhususkan bagi Mahasiswa seni yang ingin bergabung dengan Korea National University of Arts (K’ARTS). Sama halnya dengan beasiswa KGSP, beasiswa dari K’ARTS ini mencakup jenjang S1 dan S2. Untuk program yang ditawarkan pun beragam, diantaranya: Arsitektur, Animasi, Acting, Broadcasting, Musik Vocal, Musik Instrumen, Seni Rupa, Seni Tari, Studi teater, Pembuatan Film, dan masih banyak lagi.

Yang pastinya beasiswa Korea ini ditujukan khusus bagi Anda yang memiliki kemampuan di bidang seni. Untuk biaya yang ditanggung merupakan jenis beasiswa penuh. Biaya tersebut meliputi uang saku sebesar 700,000 Won per bulan, tiket peaswat Pulang Pergi, dan akomodasi. Tak hanya itu, sebagai beasiswa penuh maka penerima beasiswa akan dibebaskan dari biaya kuliah dan biaya kursus Bahasa Korea sepenuhhnya. Ada pula tanggungan biaya tambahan, yaitu asuransi kesehatan. Namun, untuk asuransi kesehatan ini sangat terbatas.

Lalu, apa saja persyaratan untuk beasiswa Koreadi K’ARTS? Persyaratan utama dari beasiswa ini adalah para pendaftar harus memiliki bakat dan keterampilan dalam bidang seni dengan catatan akademik yang baik. Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan diatas maka dapat disimpulkan bahwa semua beasiswa yang sudah dijelaskan merupakan bagian dari beasiswa dengan tujuan negara korea semoga membantu. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui situs http://www.niied.go.kr/eng/contents.do?contentsNo=78&menuNo=349
GET IT ON Google Play