Beasiswa Jakarta 2017/2018

Beasiswajakarta.com - Beasiswa Jakarta 2017/2018 simak Yayasan Beasiswa Jakarta Pendidikan merupakan hal yang penting dan masih memiliki peran besar di dunia kerja di Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah mengeluarkan dana untuk pendidikan dalam bentuk beasiswa guna meningkatkan dan meratakan pendidikan di Indonesia. Beasiswa di Indonesia sendiri umumnya terbagi menjadi dua, yaitu beasiswa berprestasi dan beasiswa bagi pelajar yang kurang dari segi ekonomi. 

Selain dari pemerintah, banyak perusahaan dan yayasan yang juga mengeluarkan beasiswa di bidang pendidikan. Sebelum melajutkan informasi beasiswa disini kami akan memberikan beberapa detail beasiswa yayasan Jakarta untuk lebih jelas berikut kami berikan informasi dikutip dari beberapa situs resmi untuk lebih jelas seperti berikut ini definisi dari Beasiswa Yayasan Jakarta


Beasiswa Jakarta 2017/2018
Profil Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta

Berbicara mengenai beasiswa di Indonesia, beasiswa yayasan beasiswa Jakarta merupakan salah satu beasiswa yang populer di kalangan mahasiswa Jakarta. Beasiswa ini diberikan khusus untuk para pelajar yang bertempat tinggal di wilayah DKI Jakarta dan juga berkuliah di DKI Jakarta. Oleh karena itu, para peserta beasiswa yayasan beasiswa Jakarta harus memiliki KTP DKI Jakarta. Yayasan Beasiswa Jakarta awal mula didirikan oleh DR. H. Sutiyoso, DR. Ing. H. Fauzi Bowo, Dra. Hj. Ny. Rohana Manggala, M.Si, Drs. H. Moch. Natsir, MM dan juga dr. H. Ritola Tasmaya. 

Berdirinya beasiswa yayasan beasiswa Jakarta yaitu dimulai dengan dikeluarkannya Peraturan Dewan Perwakilan Kota Sementara Jakarta Raya pada tanggal 18 Januari tahun 1952. Setelah itu, peraturan ini kemudian mengalami berbagai revisi hingga akhirnya terbentuk PERDA DKI Jakarta No 10 Tahun 1994 mengenai Pemberian Beasiswa kepada Para Pelajar dan Mahasiswa Warga DKI Jakarta. Peraturan daerah ini dinyatakan dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri No 425.31 - 024 tanggal 8 Januari 1996.

Namun, bersamaan dengan adanya UU No 28 Tahun 2004 Tentang Yayasan, dengan begitu adanya Yayasan wajib disesuaikan dengan UU yang berlaku. Dengan begitu, lewat Akte Notaris No 1 tanggal 4 Mei tahun 2004 dan melalui Akte Perubahan No 4 tanggal 25 Oktober 2007 mengenai Pendirian Yayasan Beasiswa Jakarta, mebuat beasiswa ini disahkan oleh Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tanggal 12 Nopember tahun 2007.

Fungsi dari beasiswa yayasan beasiswa Jakarta umumnya menjadikan lembaga sosial profesional yang memberikan layanan beasiswa bagi pelajar yang berprestasi dan kurang mampu dalam segi ekonomi. Dengan begitu Yayasan ini memiliki misi untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadao pendidikan di Jakarta. Beasiswa Yayasan Jakarta diselenggarakan dengan tujuan untuk meringankan biaya pendidikan pelajar DKI Jakarta yang berasal dari keluarga kurang mampu, sehingga dapat menyelesaikan pendidikannya. Selain itu, beasiswa ini juga bertujuan membina dan memotivasi para penerima beasiswa agar meningkatkan prestasinya di bidang pendidikan yang telah diambil.

Syarat Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta

Setiap beasiswa yang dikeluarkan baik dari pemerintah, yayasan, ataupun perusahaan swasta pasti memiliki prasyaratan tersendiri, begitupun dengan beasiswa Yayasan Jakarta. Untuk dapat lolos menjadi penerima beasiswa, terdapat beberapa syarat beasiswa yayasan beasiswa Jakarta yang harus dipenuhi. Ada beberapa tahapan seleksi yang harus diikuti hingga peserta dinyatakan lolos menjadi penerima beasiswa. 

Awalnya, peserta diminta untuk mengajukan permintaan mengenai beasiswa. Pengajuan ini bisa juga berupa proposal sebagai dana pengerjaan skripsi, penelitian, tesis, ataupun disertasi. Namun, setiap pengajuan pasti memiliki syarat tersendiri, berikut prasyarat beasiswa yayasan beasiswa Jakarta.

1. Bagi Pemohon Mahasiswa
  • Pemohon berusia maksimum 25 tahun saat mengajukan beasiswa
  • Tinggal dan kuliah di DKI Jakarta
  • Memiliki KTP DKI Jakarta
  • Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,8 untuk Ilmu Eksata dan 3,00 untuk Ilmu Sosial
  • Membuat surat keterangan tidak mampu dari Kepala Keluarahan setempat
  • Membuat surat keterangan belum menikah dan belum bekerja dari Kepala Kelurahan setempat
  • Membuat surat pernyataan secara tertulis sanggup mematuhi segala aturan yang telah ditetapkan oleh Beasiswa Yayasan Jakarta.
  • Melampirkan surat persetujuan dari Orang Tua/Wali
  • Memiliki surat berkelakuan baik, rajin, jujur, bebas narkoba, dan belum menerima beasiswa dari Lembaga/Instansi manapun dan dinyatakan melalui Surat Keterangan Pimpina Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
  • Melampirkan foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
  • Mengajukan surat permohona beasiswa yang ditujukan untuk Ketua Umum Yayasan Beasiswa Jakarta
  • Pemohon mahasiswa untuk program S1 minimal berada pada semester III dan maksimal pada semester VII dan untuk program D3 berada di semester V.

2. Pemohon Mahasiswa Berbakat
  • Melampirakn foto copy piagam penghargaan yang telah diperoleh minimal pada semester III
  • Diusulkan oleh Instansi yang bersangkutan

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Yayasan Beasiswa Jakarta

Selain syarat beasiswa yayasan beasiswa Jakarta, tata cara mengenai pendaftaran beasiswa yayasan beasiswa Jakarta juga harus dipahami.

  1. Pemohon mengajukan permohonan tertulis kepada Yayasan Beasiswa Jakarta dengan melampirkan persyaratan dan juga ketentuan yang telah ditetapkan secara langsung atau melalui sistem.
  2. Pemberi beasiswa menyeleksi kelengkapan dokumen para pemohon beasiswa.
  3. Pengumuman penerima beasiswa melalui SK Badan Pengurus Yayasan Beasiswa Jakarta atau sistem.
  4. Penerima mengambil formulir isian Biodata Penerima Beasiswa
  5. Penerima mengembalikan formulir Biodata.
  6. Pencairan dana beasiswa oleh penerima beasiswa melalui tabungan Bank DKI.

Anggaran beasiswa yayasan beasiswa Jakarta

Berbicara mengenai anggaran beasiswa yayasan beasiswa Jakarta umumnya berbeda setiap periodenya. Dana beasiswa bisa mengalami pertambahan maupun pengurangan. Anggaran dana beasiswa dari yayasan beasiswa Jakarta sendiri umumnya telah mencapai angka lebih dari 16 miliar di tahun 2015. Untuk periode 2017, dana beasiswa akan mengalami penambahan. Dengan begitu, akan banyak mahasiswa yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini. 

Namun, menjadi penerima beasiswa Jakarta bukan berarti penerima bisa menggunakan dana untuk segala hal. Terdapat beberapa kewajiban yang harus dilakukan para penerima beasiswa seperti melaporkan dan mendata ulang penggunaan dana tersebut melaporkan keterangan kelulusan kepada Yayasan.  Hal ini bertujuan agar dana yang diberikan digunakan dengan baik sebagaimana tujuannya. Yayasan Beasiswa Jakarta merupakan salah satu yayasan yang memberikan beasiswa kepada yang dianggap memenuhi persyaratan apabila anda berminat mengikutinya silahkan ikuti pendaftaran melalui situs resmi http://www.beasiswajakarta.com.
GET IT ON Google Play