Beasiswa ITB 2018/2019

Kemahasiswaan.itb.ac.id/beasiswa - Beasiswa ITB 2018/2019 Informasi Lengkap Beasiswa di ITB. Beasiswa adalah sebuah bantuan untuk masalah pendidikan yang biasanya diberikan kepada pelajar yang cerdas ataupun yang kurang mampu di dalam perekonomiannya. Pada umumnya beasiswa ini ada banyak di Perguruan Tinggi yang diperuntukan kepada para mahasiswa/mahasiswi. Salah satunya adalah Perguruan Tinggi favorit di Indonesia yaitu ITB (Institut teknologi Bandung) yang bertempat di Bandung, Jawa Barat. 

Setiap Perguruan Tinggi memiliki beasiswa yang ditetapkan masing-masing begitu pula dengan Perguruan Tinggi ITB yang juga memiliki beasiswa. Mahasiswa yang masuk Perguruan Tinggi ini juga memiliki kondisi ekonomi yang berbeda-beda, oleh karena itu untuk rendah atau tingginya perekonomian dari setiap mahasiswa, dari pihak ITB tidak ingin membatasi kegiatan belajar mengajar dibangku perkuliahan terutama kepada mahasiswa yang kurang mampu. Untuk itu telah disiapkan beasiswa ITB yang diperuntukan kepada para mahasiswa baik yang cerdas maupun yang kurang mampu.

Beasiswa ITB 

Jenis Beasiswa ITB

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa biaya pendidikan di Indonesia ini memang sudah sangat tinggi. Namun bukan berarti tidak mampunya perekonomian seseorang menjadikan orang tersebut tidak dapat masuk ke dalam Perguruan Tinggi. Untuk itu ITB menyediakan berbagai fasilitas beasiswa untuk para mahasiswa baru yang akan masuk dan mengikuti pembelajaran di Perguruan Tinggi ITB. Biasanya beasiswa ITB untuk khusus bagi para calon mahasiswa yang baru akan mulai mendaftar ke Perguruan Tinggi  sama dengan di Perguruan lainnya yaitu dari pemerintah Dikti sudah menyediakan beasiswa Bidik Misi. 

Beasiswa Bidik Misi yaitu sebuah beasiswa yang akan memberikan kebebasan sebesar 100% untuk (BPPM) Biaya Penyelenggaraan Pendididkan yang harus dibayar di Muka dan akan memberikan (BPPS) Biaya Penyelenggaraan Pendidikan per semerternya selama 8 semester atau 4 tahun. Untuk itu sudah sepatutnya bagi para calon mahasiswa tidak perlu khawatir dan takut tidak dapat membayar biaya pendidikan di Perguruan Tinggi. Namun untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi harus dilakukan dengan bantuan dari pihak Sekolah.

Tidak hanya bagi calon mahasiswa saja, namun untuk para mahasiswa lainnya yang sudah sempat mengikuti perkuliahan di ITB juga memiliki kesempatan untuk mendaftar beasiswa lainnya. Karena ada beberapa fasilitas beasiswa ITB yang sudah disediakan bagi para mahasiswa. Bagi teman-teman mahasiswa ITB yang ingin mendapatkan beasiswa di ITB, mungkin ini akan bermanfaat untuk teman-teman. Ada banyak sekali beasiswa yang ada di Perguruan Tinggi ITB yang sesuai dengan kriteria teman-teman. beberapa beasiswa di ITB yaitu sebagai berikut:


1. Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa ini merupakan beasiswa untuk para calon mahasiswa yang baru akan mendaftar ke Perguruan Tinggi. Beasiswa ini akan memberikan kebebasan 100% BPPM dan BPPS selama 8 semester kepada calon mahasiswa. Beasiswa ini juga masih berlaku di ITB.


2. Beasiswa PPA dan BBP-PPA

Beasiswa PPA diperuntukan untuk para mahaiswa yang berprestasi biasanya dengan minimal IPK 3,00. Sedangkan beasiswa BBP-PPA diperuntukan kepada mahasiswa yang kurang mampu finansialnya yang penghasilan kedua orang tua masih dibawah UMR dengan minimal IPK 2,75.


3. Beasiswa Biaya Hidup

Untuk beasiswa biaya hidup ini adalah dari berbagai sumber. Beasiswa biaya hidup saat ini besarnya sekitar Rp. 100.000,- untuk penerima beasiswa Supersemar ebanyak 300 mahasiswa sampai dengan sekitar Rp. 650.000,-  untuk penerima beasiswa Sampoerna Foundation.


4. Beasiswa Makan Siang

Tidak hanya beasiswa untuk membantu biaya pendidikan saja, beasiswa ITB juga menyediakan beasiswa makan siang bagi mahasiswa yang makan sehari-harinya belum dapat terpenuhi sebanyak 3x sehari. Mahasiswa yang ingin mengajukan beasiswa ini dapat meminta dan menyerahkan surat rekomendasi yang didapat dari Fakultas/Prodi/Dosen Pembimbing Akademik bahwa mahasiswa tersebut membutuhkan beasiswa makan siang tersebut. Jadi beasiswa ini sangat diperuntukan bagi mahasiswa yang bertempat tinggal di kost.


5. Beasiswa Tugas Akhir

Beasiswa tugas akhir ini diperuntukan untuk mahasiswa yang sedang duduk di semester akhir dan sedang dalam proses menyelesaikan tugas akhir. Untuk besar biaya beasiswa Tugas Akhir yang diberikan kepada mahasiswa tingkat akhir ini sebesar Rp.750.000,- per mahasiswa.


6. Beasiswa Prestasi

Untuk beasiswa Prestasi juga disediakan oleh ITB, beberapa beasiswa Prestasi adalah  Beasiswa Lulusan TPB terbaik, beasiswa IP tertinggi, beasiswa Mahasiswa Berprestasi Utama mahasiswa yang dengan minimal IPK  sebesar 3.00 dan turut aktif serta berprestasi di kegiatan ekstrakulikuler, beasiswa Mahasiswa Berprestasi Tingkat Fakultas, beasiswa Karya Ilmiah, beasiswa Unggulan Akademik, dan beasiswa Peningkatan Prestasi Ekstrakurikuler Mahasiswa.


Nah, itulah beberapa beasiswa yang sudah disediakan oleh Perguruan Tinggi ITB. Dengan adanya berbagai macam fasilitas beasiswa yang sudah disediakan ini, diharapkan calon atau yang sudah mahasiswa/mahasiswi tidak perlu berkecil hati jika ingin melanjutkan pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Karena dengan rendahnya ekonomi, bukan berarti harus mengubur cita-cita tinggi yang sudah didepan mata. 

Dengan adanya bantuan tersebut yang sudah ditawarkan oleh pemerintah maupun oleh pihak ITB, teman-teman mahasiswa sekalian tidak perlu mengurungkan niatnya untuk melanjutkan pendidikannya dan mengubur cita-cita karena masalah ekonomi atau finansial. Untuk para mahasiswa yang terpenting adalah mendapatkan prestasi dan pendidikan yang tinggi. 

Jadi untuk masuk ke Perguruan ITB tidak perlu merasa takut karena tidak akan ada DO atau Drop Out karena adanya masalah ekonomi. Semua biaya sudah disediakan melalui beasiswa ITB yang dengan berbagai macam katergori untuk para mahasiswa yang memerlukannya dan memenuhi syarat untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk teman-teman yang sedang berjuang meraih impiannya.
GET IT ON Google Play