Beasiswa Gerbang Raja Kukar 2017/2018

beasiswa.kutaikartanegarakab.go.id - Beasiswa Gerbang Raja Kutai Kartanegara 2017/2018 Informasi Beasiswa Gerbang Raja Lengkap 2017 berikut Beasiswa Kukar 2017/2018 Ada banyak jalan menuju Roma. Pepatah ini mungkin sangat cocok bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan lebih tinggi lagi. Selama ada kemauan dan terus berusaha serta mencari peluang, Anda pasti bisa meraih apa yang Anda cita-citakan. 

Kini Indonesia banyak mendukung daerah di luar jawa untuk dapat mengembangkan potensi bibit unggul daerah untuk dapat melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi dengan harapan dapat kembali ke daerahnya dan menggunakan apa yang didapat selama mengenyam pendidikan tinggi untuk membangun daerah asalnya. 


Beasiswa Gerbang Raja 2017/2018

Berbagai macam beasiswa ditawarkan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk memacu para generasi muda putra daerah untuk lebih semangat dan melanjutkan pendidikan. Di Kutai Kartanegara, ada beasiswa yang ditawarkan khusus untuk putra daerah setempat. Nama beasiswa tersebut adalah beasiswa gerbang raja.

Jenjang pendidikan tinggi dalam beasiswa gerbang raja

Pendidikan merupakan salah satu masalah yang cukup penting untuk diperhatikan. Majunya suatu bangsa juga berkaitan dengan tingkat pendidikan rakyatnya. Untuk dapat memajukan suatu daerah dapat dilakukan dengan mengubah pola pikir rakyat untuk mau berubah menjadi lebih maju. Untuk dapat mengubah pola pikir akan sangat sulit jika tidak dibantu dengan pendidikan. Dengan pengetahuan yang semakin luas, pikiran akan semakin terbuka sehingga dapat melakukan inovasi dan memiliki pola pikir yang lebih kreatif untuk memajukan daerahnya masing-masing. 

Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten yang mendukung kemajuan pendidikan dengan menyediakan beasiswa daerah dengan tajuk beasiswa gerbang raja. Beasiswa ini adalah beasiswa yang ditujukan untuk warga Kutai Kartanegara untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun jenjang yang termasuk kedalam beasiswa ini diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Beasiswa jenjang D3
  2. Beasiswa jenjang D4
  3. Beasiswa jenjang S1
  4. Beasiswa jenjang S2
  5. Beasiswa jenjang S3

Beasiswa Kabupaten Kutai Kartanegara ini sangat lengkap dan membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin mendapatkan beasiswa sampai ke jenjang yang paling tinggi yaitu pendidikan S3. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi mereka yang ingin menuntut ilmu sampai ke jenjang tersebut.


Jenis Beasiswa yang Disediakan Kabupaten Kutai Kartanegara

Lengkapnya jenjang pendidikan yang termasuk kedalam beasiswa ini membuat kesempatan meraih pendidikan yang lebih tinggi terbuka lebar bag masyarakat Kutai Kartanegara. Yang perlu dilakukan adalah kemauan, niat yang kuat dan tidak berputus asa untuk terus berusaha. Kabupaten ini menyediakan peluang yang sebesar-besarnya bagi putra daerah berprestasi yang ada di kabupaten tersebut. Dengan adanya beasiswa ini tentunya minat masyarakat untuk mengenyam pendidikan lebih tinggi akan meningkat. Adapun jenis beasiswa yang diberikan diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Beasiswa bagi mereka yang kurang mampu untuk menempuh pendidikan sampai jenjang perguruan tinggi
  2. Beasiswa prestasi atau beasiswa yang berpatok pada prestasi akademik
  3. Beasiswa yang berpatok pada prestasi non akademik
  4. Beasiswa penelitian
  5. Serta, beasiswa kerja sama baik dalam maupun luar negeri

Syarat Mendaftar Beasiswa Gerbang Raja

Dana yang didapatkan dari beasiswa ini akan berjenjang. Semakin tinggi jenjang pendidikan maka akan semakin tinggi pula beasiswa yang akan didapatkan. Yang akan mendapatkan beasiswa paling tinggi tentunya untuk jenjang S3 karena kebutuhan biaya pendidikannya juga akan semakin besar. Bagi Anda yang tertarik dengan beasiswa ini, ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi sebelum mendaftar. 

Sebelum melakukan pengisian aplikasi secara online melalui website resmi kabupaten Kutai Kartanegara, ada baiknya Anda sudah melengkapi semua berkas yang dibutuhkan. Adapun syarat-syaratnya dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu kelompok beasiswa stimulan, beasiswa prestasi akademik, beasiswa pascasarjana, dan beasiswa kerja sama. Adapun syarat yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa gerbang raja ini adalah sebagai berikut.
  • Copy buku tabungan yang masih berlaku di bank yang ditunjuk (BPD Kaltim, BRI, dan BSM) dengan atas nama mahasiswa (3 lembar)
  • Copy KK legalisir DISDUKCAPIL Kabupaten Kutai Kartanegara atau kecamatan setempat (3 lembar)
  • Copy KTP legalisir DISDUKCAPIL Kabupaten Kutai Kartanegara atau kecamatan setempat (3 lembar)
  • Copy kartu mahasiswa legalisir oleh pejabat berwenang (3 lembar)
  • Surat pernyataan yang menerangkan bukan karyawan dan PNS (1 asli, 2 copy)
  • Copy KHS atau transkrip dengan IPK minimal 2,65 untuk eksakta dan 2,90 untuk sosial.
  • Surat keterangan masih aktif kuliah yang dikeluarkan Perguruan Tinggi atau Akademi atau Institut yang berwenang (1 asli, 2 copy)
  • Pas photo 4x6 berwarna (3 lembar)
  • Copy izin penyelenggaraan program studi yang dikeluarkan kementerian pendidikan dan kebudayaan nasional atau kementerian lain yang terkait serta perguruan tinggi luar negeri yang diakui negara serta bukan merupakan penyelenggara kelas jarak jauh (3 lembar)

Setelah melengkapi berbagai persyaratan tersebut, kini Anda sudah siap untuk mendaftar beasiswa gerbang raja jika kabupaten mulai membuka kembali kesempatan untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk saat ini, pendaftaran tahun 2017 belum dibuka sehingga Anda belum bisa mendaftar. Sering mencari informasi dan rajin membuka website resminya dapat membantu Anda mendapatkan informasi yang lebih cepat dan akurat.

Nah, itulah ulasan mengenai berbagai informasi beasiswa gerbang raja. Mempersiapkan sedini mungkin akan membuat Anda memiliki kesempatan yang lebih besar dalam menerima beasiswa ini. Bagi masyarakat Kutai Kartanegara yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi, Anda tidak perlu khawatir akan biaya yang dibutuhkan karena pemerintah sendiri sangat mendukung mereka yang ingin melanjutkan berkuliah dengan mengadakan beasiswa ini.