Beasiswa Kaltara Unggul 2024/2025


Beasiswa Kaltara Unggul 2024/2025 - Beasiswa Kaltara Unggul -Beasiswa yang diberikan langsung Gubernur Kaltara untuk membangun Sumber daya manusia dengan tujuan memberikan bantuan biaya pendidikan bagi pelajar, mahasiswa, yang akan diberikan selama 1 tahun dengan jumlah dana yang bervariasi dan tidak diwajibkan untuk diperpanjang.
 
Bagi pelajar atau mahasiswa semua jenjang pendidikan dapat mengajukan pendaftaran bahkan pemerintah Kaltara juga memberikan kuota tidak hanya bagi penduduk asli Kaltara tetapi bagi masyarakat diluar Kaltara dapat mengajukan beasiswa tersebut. Keunggulan dari beasiswa ini setiap katagori jenis beasiswa memiliki kuota masing-masing jadi meski dalam ruang lingkup yang sama kuotanya berbeda.
 
 

 
Jika salah satu kuota sudah terpenuhi dapat memilih pengajuan beasiswa di kota lainnya yang masih kosing, proses seleksi dilakukan masing-masing instansi bersama dengan panitia, nantinya hasil akhir akan diumumkan sesuai keputusan Gubernur Kaltara bagi yang berminat berikut rincian penjelasan Beasiswa Kaltara Unggul

 

Beasiswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Siswa/i yang mengajukan harus memenuhi syarat sebagai pelajar sekolah dasar atau tingkat menengah dengan salah satu kriteria berpestasi akademik atau non akademik, yang paling diutamakan bagi yang kurang mampu, hanya saja untuk pengajuan beasiswa dilakukan oleh kepala sekolah dengan kuota penerimaan sampai dengan 3 ribu orang, nantinya akan diterima sebesar 800 rb untuk tingkat dasar dan tingkat menengah 1.2 juta. 

 

Beasiswa Pendidikan Keagamaan

Tidak jauh berbeda dengan beasiswa pendidikan dasar dan menengah hanya saja bagi yang bersekolah di satuan pendidikan keagamaan dalam provinsi Kaltara dengan ketentuan memiliki prestasi akademik atau non akademik, diutamakan untuk keluarga kurang mampu. Untuk pengajuan besiswa diusulkan oleh lembaga sekolah keagamaa/yayasan. Kuota penerimaan mencapai 550 orang dengan rincian madrasah/Ibtida'yah/Tsanawiyah sederajat nominal pencairan 800 rb untuk jenjang  tsanwiyah dan 1.2 juta jenjang madrasah aliyah.

 

Beasiswa Pendidikan Kagamaan Luar Provinsi

Pemerintah Kalimantan Utara juga menyediakan beasiswa pendidikan keagamaan diluar wilayah provinsi kalimantan utara sebanyak 100 kouta dengan besaran sebesar 1.2 juta

 

Beasiswa Pendidikan Tinggi

Terbuka untuk mahasiswa asal Kaltara yang sedang mengambil pendidikan diploma, Sarjana, atau Magister, dokter spesialis, bahjan doktoran dengan persyaratan memiliki nilai IPK 2.60 - 3.00 diutamakan bagi kelaurga tidak mampu, dibuktikan dengan surat keterangan aktif kuliah, pengajuan dapat dilakukan oleh perorangan atau kolektif. kuota 8 orang untuk S3, 25 orang S2, 1.150 orang untuk jenjang Sarjana/DIV, diploma sebanya 70 orang dengan rincian dari 8 juta kebawah terendah 3 juta.

 

Beasiswa Mahasiswa Pendidikan Kesehatan

Khusus untuk yang mengambil program kesehatan juga memiliki kesempatan untuk mengajukan beasiswa khusus pendidikan kesehatan, hanya saja terbatas pada program studi pendidikan mulai dari diploma kesehatan, program profesi sampai dengan spesialis atau mengister.

 

Beasiswa Mahasiswa Prestasi Non Akademik

Khusus yang berprestasi bidang non akademik baik Seni, olahraga, teknologi atau lain dapat mengajukan program beasiswa, dan siap menerima konsekuensi lain yang timbul jika mengajukan beasiswa ini.

 

Beasiswa Tugas Akhir

Bagi yang sedang menjalani tugas akhir perkuliahan dapat mengajukan bantuan beasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku pastikan untuk mengecek terlebih dahulu persyaratan jika memenuhi syarat dapat melanjutkan proses pendaftaran.

 

Beasiswa Dalam Wilayah Kaltara atau Diluar Wilayah Kaltara

Kabar baiknya beasiswa yang diberikan Kaltara tidak hanya untuk mahasiswa atua pelajar yang berada di dalam wilayah Kaltara, tetapi diluar wilayah juga diberikan kuota, bagi yang berminat dapat mengikuti tahapan pendaftaran seperti berikut.

 

Cara Pendaftaran

Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

  1. Pendaftaran diajukan oleh kepala sekolah bagi siswa/i yang memenuhi syarat 
  2. Dapat mengunjungi website resmi https://beasiswakaltaraunggul.kaltaraprov.go.id/

 

Jenjang Pendidikan Keagamaan

  1. Diajukan oleh sekolah/yayasan/lembanga yang ditujukan langsung ke Gubernur Kaltara Biro khusus beasiswa
  2. Melampirkan berkas persyaratan

 

Jenjang Pendidika Tinggi

  1. Pemohon memilih jenis program beasiswa yang tersedia
  2. Mengajukan permohonan/proposal 
  3. Mengisi data yang sesuai petunjuk https://beasiswakaltaraunggul.kaltaraprov.go.id/ 
  4. Berkas ditujukan ke Gubernur Kaltara.
  5. Semua proses pengajuan bagi mahasiswa dapat dilakukan secara online melalui https://beasiswakaltaraunggul.kaltaraprov.go.id/
  6. Klik menu daftar baru
  7. Isi form pendaftaran buat akun
  8. Lengkapi biodata
  9. Lengkapi berkas persyaratan
  10. Kirim.

Setelah semua proses pendaftaran selesai maka pastikan semua berkas sudah ditujukan ke bagian panitia penerima beasiswa dengan melengkapi semua berkas, apabila sudah selesai tinggal tunggu proses seleksi yang akan dilaksanakan oleh panitian provinsi Kaltara, pengumuman dapat dilihat melaui website Beasiswa Kaltara Unggul.