Beasiswa Finlandia 2017/2018

Beasiswa Finlandia - Beasiswa Finlandia 2017/2018 Meraih Impian Dengan Beasiswa Finlandia Siapa yang tidak ingin bersekolah ke luar negeri gratis? Hampir semua orang pasti berkeinginan untuk bersekolah di luar negeri. Namun karena keterbatasan biaya yang dimiliki adalah sebuah kendala untuk banyak orang. Menempuh pendidikan di luar negeri memang mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Tapi tidak perlu khawatir karena saat ini banyak beasiswa yang diperuntukan untuk orang-orang yang berprestasi dan kurang mampu untuk belajar di luar negeri. 

Bagi seorang pelajar, beasiswa adalah salah satu alternatif yang sangat penting yang dapat membantu para pelajar meringankan beban biaya pendidikan khususnya yaitu untuk mahasiswa yang saat ini sudah cukup tinggi biayanya. Sebagai seorang mahasiswa pasti teman-teman sudah sering mendengar adanya berbagai macam beasiswa yang diperuntukan untuk meringankan biaya pendidikan. Beasiswa biasanya diberikan kepada seorang mahasiswa yang kurang mampu di perekonomiannya serta untuk seorang mahasiswa cerdas dan pintar. Salah satunya yaitu beasiswa Finlandia.

Beasiswa Finlandia 2017/2018

Mengapa Harus ke Finlandia?

Negara yang dikenal dengan Negeri 1000 danau ini adalah salah satu negara di Eropa yang menyediakan banyak biaya pendidikan gratis. Finlandia juga merupakan negara yang aman, nyaman, serta makmur untuk ditinggali. Tidak hanya itu, sistem pendidikan di negara Finlandia juga sangat baik sehingga banyak sekali orang yang berkeinginan melanjutkan sekolahnya di negera tersebut.

 Kalian bisa mendapatkan biaya sekolah gratis mulai dari sekolah dasar sampai ke jenjang yang lebih tinggi S3. Namun kebanyakan beasiswa Finlandia ini diberikan kepada para mahasiswa yang ingin melanjutkan profesinya. Adapun beberapa Universitas terkenal di Finlandia yaitu Helsinki University, Aalto University, Tempere University dan Turku University. Jika beruntung kalian dapat melanjutkan pendidikan di salah satu Universitas tersebut.

Finlandia merupakan negara yang memiliki toleransi tinggi terhadap pendidikan. Salah satu contohnya adalah dengan harga makanan untuk para pelajarpun sangat murah. Hanya dengan membayar kurang dari 2 euro saja untuk para pelajar, sebaliknya jika untuk umum normalnya membayar sebesar 6 euro. Tidak hanya toleransi untuk para pelajar, di Finlandia juga sangat menghormati dan menghargai para pejalan kaki dan juga para pengguna sepeda. 

Untuk itu adapun jalan yang dikhususkan untuk pejalan kaki dan pengguna sepeda. Untuk tempatnya tidak perlu diragukan lagi, karena Finlandia terkenal dengan alamnya yang indah menawan. Apalagi pada saat malam hari, kalian bisa melihat aurora di keindahan langit malam. Namun jika musim panas, kalian tidak bisa melihat matahari terbit dan tenggelam. Meskipun begitu keindahan alam yang dimiliki negara 1000 danau ini sangatlah menajubkan dan membuat penghuninya betah untuk tinggal lebih lama lagi.

Pemerintah Finlandia memang pada umumnya telah menyediakan pendidikan gratis tanpa biaya atau beasiswa Finlandia untuk para mahasiswa di seluruh jenjang pendidikan. Baik yang baru memulai sarjana, melanjutkan ke pascasarjana, sampai menempuh jenjang tertinggi doktoral dan post-doktoral. Ini berarti pemerintah Finlandia memang memberikan subsidi penuh untuk biaya pendidikan secara gratis kepada para mahasiswanya. 

Namun untuk pemberian bantuan atau beasiswa untuk biaya hidup, biasanya hanya diberikan khusus untuk beberapa jenjang pendidikan saja misalnya seperti doktoral, post-doktoral, dan pascasarjana yang asal beasiswanya dari suatu badan usaha tertentu. Beberapa dibawah ini adalah beasiswa yang berhubungan dengan melanjutkan pendidikannya di Finlandia:
CIMO

Beasiswa ini secara umum untuk para mahasiswa tertentu saja seperti doktoral dan peneliti.

Erasmus Mundus

Secara umum jenis beasiswa ini hanya untuk mahasiswa pascasarjana, doktoral, dan exchange.

LPDP

Ini merupakan beasiswa Departemen Keuangan RI.


Namun pada umumnya beasiswa yang ditetapkan untuk melanjutkan sekolah ke Finlandia adalah beasiswa LPDP. LPDP merupakan beasiswa yang dibuat oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan dan berada di bawah pengawasan dari Kementerian Keuangan. LPDP ini adalah beasiswa yang dikhususkan untuk para pelajar Indonesia yang berniat ingin melanjutkan study di dalam negeri atau ke luar negeri. Adapun beberapa informasi tentang beasiswa LPDP:
  1. LPDP adalah beasiswa instansi yang berasal dari empat kementerian yaitu agama, pendidikan, riset, dan keuangan.
  2. Ada beberapa jenis beasiswa LPDP yang bermacam-macam yaitu magister dan doktoral, dokter spesialis, tesis dan disertasi, presiden RI, afirmasi.
  3. Wajib menentukan jurusan yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan yaitu yang berkaitan.
  4. Lulus  IELTS dengan score 6.5
  5. IPK minimal 3,00  dengan skala 4 untuk beasiswa magister, sedangkan minimal 3,25 untuk beasiswa doktor.
  6. Mendaftar beasiswa LPDP ini tidak harus dengan memiliki LoA. Jadi Anda juga bisa mendaftar sebelum mempunyai LoA. Namun jika sudah memiliki LoA yang sudah terdaftar di list LPDP atau di salah satu universitas terbaik, maka diperbolehkan mendaftar meskipun IPK kurang dari 3,00 dan score IELTS tidak mencapai stAndar persyaratan.
  7. Beasiswa LPDP tidak ada batasan atau bisa lintas jurusan.
  8. Batas waktu untuk wawancara ke masa perkuliahan minimal 6 bulan. Jika kurang dari 6 bulan tersebut, maka calon penerima tidak akan lolos beasiswa.
  9. Di tahap wawancara akan diberi kesempatan dua kali saja, jika wawancara kedua gagal maka yidak memiliki kesempatan untuk mendaftar beasiswa LPDP lagi.
  10. Jika sudah lolos seleksi menjadi penerima beasiswa LPDP yang di dalam negeri, tetapi ingin diganti untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan mengajukan sebuah surat pernyataan diri beserta argumen yang cukup kuat.
  11. Persiapkan diri minimal 1 tahun sebelum Anda mendaftar beasiswa LPDP.

Itulah beberapa informasi mengenai beasiswa Finlandia. Pada umumnya beasiswa untuk melanjutkan studi ke Finlandia adalah beasiswa LPDP. Dengan sedikit informasi di atas tersebut, berharap akan membantu proses pendaftaran Anda. Semoga berhasil. Proses pendaftaran dilakukan melalui situs masing-masing beasiswa seperti CIMO ataupun LPDP begitu juga beasiswa lainnya sesuai dengan yang anda pilih.

Untuk lebih jelas berikut kami lampirkan situs beasiswa yang bisa diikuti untuk lebih jelas seperti berikut ini http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/beasiswa/presidential-scholarship/ dan yang lainnya sampai pada informasi Beasiswa Fitlandia ini kami sampaikan hanya ini yang bisa diberikan semoga bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update semua informasi mengenai beasiswa lainnya. Semoga Sukses.
GET IT ON Google Play