Beasiswa Etos 2017/2018

Beastudiindonesia.net - Beasiswa Etos 2017/2018 - Info Beasiswa Etos Terbaru 2017 Jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi namun terhalang biaya maka ada solusinya. Biaya kuliah yang mahal membuat sebagian orang menyerah akan mimpinya tersebut. Padahal kalau kita mau berusaha maka kita bisa mewujdukan impian untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Anda bisa mendaftarkan diri untuk pengajuan beasiswa. 

Di setiap universitas pasti selalu ada beasiswa. Salah satu beasiswa yang bisa Anda pilih adalah beasiswa Etos. Beasiswa ini bisa menjaid solusi Anda agar bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Beasiswa Etos adalah sebuah program investasi untuk sumber daya manusia dimana terdapat fokus pada pembinaan, pendampingan, dan pemberdayaan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi tapi mereke mempunyai keterbatasan dalam kemampuan ekonomi. 



Beasiswa ini mempunyai tujuan untuk membentuk sumber daya manusia agar mempunyai karakter yang mandiri, sebagai pemimpin, mempunyai disiplin yang tinggil, memiliki akhlak yang terpuji, unggul dalam prestasi, serta empunyai kontribusi yang nyata dalam masyarakat. Dengan adanya beasiswa Etos ini diharapkan mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dapat terwujud. 

Karena dengan melanjutkan kuliah di dalam negeri, apalagi jika diterima di salah satu PTN favorit yang ada di Indonesia, adalah suatu kebanggan dan keputusan yang tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan pendidikan dengan kualitas yang terbaik dan terjamin. Walaupun bukan berarti PTN favorit adalah yang terbaik di antara pilihan yang lain, namun memang PTN favorit sering dijadikan sebagai pilian utama saat menentukan akan melanjutkan pendidikan kemana.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa ada beberapa anak yang bisa melanjutkan kuliah jika mendapatkan beasiswa. Hal karena biaya kuliah yang sangat mahal membuat beasiswa dijadikan sebagai salah stau penunjang utama dalam menempuh pendidikan baik di sekolah ataupun perguruan tinggi. Dengan mendapatkan beasiswa memang akan terasa sangat terbantu sekali untuk membayar biaya kuliah yang berjuta-juta. 

Banyak sekali kawan kita dan mungkin termasuk Anda sendiri yang membutuhkan beasiswa. Salah satu beasiswa yang bisa Anda pilih untuk membantu meringankan beban orang tua adalah beasiswa Etos. Beasiswa ini adalah beasiswa yang berasal dari Dompet Dhuafa dimana beasiswa ini bisa Anda manfaatkan untuk dapat menempuh studi di beberapa PTN favorit yang ada di Indonesia. Beasiswa ini juga sangat membantu sekali bagi mereka yang berasal dari keluarga kurang mampu. 

Ada 15 PTN yang berada di 14 wilayah yang berbeda yang mempunyai kuota untuk beasiswa ini. Ada hal yang menarik dari program beasiswa tersebut yaitu pemohon beasiswa dapat mengajukan permohonan ke program beasiswa lain. Tentu saja hal ini akan menguntungkan penagju beasiswa karena terkadang mendapatkan satu program beasiswa saja maish belum cukup untuk menutupi kebutuhan kuliah.

Sekilas Tentang Beasiswa Etos

Program beasiswa inimerupakan beasiswa yang menawarkan beberapa keuntungan bagi penerimanya. Keuntungan ini bukan hanya dalam bentuk bantuan dana untuk biaya studinya saja, namun satu hal lagi yang akan didapatkan oleh penerima adalah program capacity building. Program yang satu ini akan dilangsung secara berkelanjutan selama 4 tahun yang terdiri dari pembinaan regular dan juga pembinaan sosial. 

Selain biaya dan capacity building, beasiswa ini juga mempunyai fasilitas asrama yang bisa Anda tinggali selama 2 tahun pertama kuliah dan uang saku selama 8 semester penuh sebesar Rp. 500.000 per bulannya. Masih ada lagi keuntungan dari beasiswa ini yaitu bagi Anda yang berminat untuk mengikuti lomba baik itu dalam lingkup nasional dan internasional, maka program beasiswa ini akan memberikan tunjangan mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 3.000.000 tergantung dari tingkatan lomba yang diikuti. 

Namun perlu diingat bahwa kuota untuk program beasiswa ini terbatas. Beasiswa ini mempunyai pembinaan untuk periode 4 tahun. Pembinaan ini sudah termasuk program untuk persiapan setelah lulus yang biasanya dilaksanakan pada tahun ke empat, bantuan dana untuk menunjang penelitian skripsi, tunjangan untuk prestasi baik skala nasional maupun internasional, serta biaya untuk pembuatan passport.

Persyaratan Beasiswa Etos

Jika Anda tertarik untuk mendaftarkan diri ke program beasiswa ini maka calon penerima yang berhak mendapat kesempatan untuk menjadi penerima dari beasiswa tersebut adalah siswa yang sudah lulus SMA atau sekolah yang setara dengan SMA dan akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi yan sudah direkomendasik melalaui jalur SNMPTN, SBMPTN, serta Ujian Masuk reguler, siswa yang sudah diterima di perguruan tinggi, dan siswa yang diterima di jurusan yang direkomendasikan atau diutamakan dari beasiswa ini.

Universitas yang Direkomendasikan oleh Beasiswa Etos
  1. Universitas Indonesia
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Teknologi Bandung
  4. Institut Pertanian Bogor
  5. Universitas Diponegoro
  6. Universitas Padjajaran
  7. Universitas Brawijaya
  8. Institut Teknologi Sepuluh November
  9. Universitas Sumatera Utara
  10. Universitas Hassanudin
  11. Universitas Andalas
  12. Universitas Mulawarman
  13. Universitas Pattimura
  14. Universitas Syiah Kuala
  15.  Universitas Airlangga
  16. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Etos 
  1. Surat keterangan penghasilan orang tua atau slip gaji,
  2. Formulir biodata yang dapat didownload dari situs
  3. Ijazah SMA yang telah dilegalisir
  4. KTP atau kartu identitas yang lain
  5. Kartu keluarga
  6. Rekening listrik pada bulan terakhir
  7. Raport setiap semester
  8. Pas foto yang paling baru serta berwarna
  9. Tulisan mengenai perjalanan hidup siswa
  10. Foto rumah dengan tampak keseluruhan, raung tamu, dapur, kamar tidur, dan kamar mandi.

Daftarkan diri Anda lewat website resmi Beasiswa Etos. Pendaftaran dilaksanakan melalui situs resmi beastudiindonesia.net kemudian dilakukan pada bulan ini sekitar tanggl 14 Juni - 30 Juni gelombang 2 SBMPTN jadi mereka yang lulus SBMPTN bisa langsung mengajukan beasiswa berasrama ini diikuti oleh 16 PTN dari 14 Wilayah, sedangkan gelombang pertama sudah ditutup pada saat pendaftaran SNMPTN lalu.

Mereka yang ingin mengusulkan beasiswa ini silahkan langsung menuju situs resmi, besaran beasiswa yang akan diterima hingga mencapai 3 juta persekali diberikan, untuk itu sayang sekali apabila anda melewatkan program beasiswa yang digalang oleh Yayasan Dompet Duafa ini, Beasiswa Etos juga memberikan peluang besar bagi yang kurang mampu dan berpestasi semoga informasi yang telah kami berikan bisa membantu peserta yang ingin mendaftar beasiswa Etos.