Beasiswa DAAD 2017/2018

Daadjkt.org - Beasiswa DAAD 2017/2018 Informasi Seputar Beasiswa DAAD Indonesia Mendapatkan beasiswa adalah solusi terbaik bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan dengan biaya yang sedikit atau bahkan bebas biaya. Program beasiswa sendiri terdapat banyak macam. Ada yang di dalam negeri, ada juga yang di luar negeri. Untuk beasiswa luar negeri, biasanya didukung oleh negara yang bersangkutan.

Misalnya beasiswa DAAD yang didukung oleh pemerintah Negara Jerman. Benua Eropa memang jadi benua yang banyak dipilih untuk menempuh bangku kuliah. Selain karena sistem pendidikannya yang dijamin berkualitas, negara-negara di dalamnya terkenal akan unsur pariwisata yang kuat. Begitu juga dengan Jerman. Selain itu sebagian negaranya dinilai ramah terhadapkeberadaan warga asing walau memang biaya hidupnya tidak lah murah.

Beasiswa DAAD 2017/2018


Kelebihan Memilih Negara Jerman Untuk Berkuliah

Sebelum membahas tentang beasiswa DAAD Jerman, mari kita ulas bersama, apa saja yang menjadi kelebihan negara tersebut di bidang pendidikan. Kelebihan memilih Jerman untuk berkuliah di antaranya:


1. Hampir semua universitas di Jerman tergolong terbaik dan berkualitas.

Mungkin ada dari Anda yang menganggap, kuliah di luar negeri akan selalu membuahkan hasil yang baik karena universitasnya yang terjamin. Sebenarnya tidak juga. Jerman menjadi negara yang merupakan tempat berdirinya banyak universitas terbaik dan berkualitas di Eropa.


2. Bidang-bidangnya tidak kalah terkenal.

Apakah Anda bertanya-tanya, ‘Bidang kuliah apa yang paling dianggap sempurna di Jerman?’ Jawabannya, tentu banyak. Semua bidang, dari mulai ekonomi, filsafat, sains, hingga musik pun dinilai sangat baik. Banyak ahli-ahli dunia yang menempuh pendidikan di Jerman.


3. Memiliki standar yang tinggi.

Tidak heran kalau banyak yang mengincar beasiswa DAAD karena selain biaya kuliah yang gratis, standarisasi yang dipasang oleh universitas-universitasnya tinggi. Sudah dijamin, yang lulus dari universitas di Jerman memiliki tingkat kepandaian yang luar biasa.


4. Negara yang sejahtera.

Alasan terakhir mengapa negara ini cocok untuk menjadi tempat menempuh pendidikan adalah karena negaranya yang sejahtera sehingga pemerintah Jerman menyediakan banyak lapangan pekerjaan bagi lulusan universitas di sana.


Tentang Beasiswa DAAD

Kemudian apa itu beasiswa dengan sebutan DAAD? DAAD adalah organisasi institusi Jerman yang mendukung pendidikan tingkat tinggi. Bukan hanya Indonesia, organisasi ini juga terbuka di banyak negara lainnya dan siap membantu warga negara bersangkutan untuk mendapatkan beasiswa berkuliah di Jerman.

Di Indonesia sendiri organisasi yang satu ini telah berdiri sejak tahun 1990. Tentu saja tujuan utamanya selain untuk terus membangun hubungan baik antara Indonesia dengan Jerman, juga menaikan tingkat pendidikan. Tidak hanya untuk program beasiswa saja, tetapi juga bagi mereka yang ingin berkuliah dan menempuh pendidikan di Negara Jerman.


Program Beasiswa yang Ditawarkan

Agar menghindari hasil yang tidak diharapkan, ada lebih baik kalau kita memang benar-benar memahami jalur beasiswa yang ingin kita ambil. Seperti program yang dirasa sangat cocok dengan diri kita dan keahlian yang kita miliki. DAAD memiliki 5 macam program beasiswa utama yang terdiri dari program-program turunan. Program beasiswa DAAD tersebut meliputi:


A. Undergraduates

Sesuai nama programnya, program beasiswa ini fokus diperuntukan bagi para mereka yang belum lulus yang bisa berupa pertukaran pelajar. Biasanya dibuka tiga kali dalam satu untuk masa pendaftarannya.


B. Graduates (S2/S3)

Dalam program beasiswa satu ini, terdapat banyak program turunan di antaranya yang pertama ada program lulusan Arsitektur, Musik, Seni, DKV, Film, dan sejenisnya. Lalu ada juga program bidang kesehatan, bidang air, bidang energi, bidang transportasi, dan lainnya.


C. Scientist

Program beasiswa Scientist ditujukan pada program akademik sains, bidang kesehatan, bidang energi, bidang transportasi, PRIME, dan lainnya.


D. Faculties

Faculties merupakan program yang bisa disebut juga sebagai program Higher Education Institution. Program ini meliputi program turunan di antaranya International Summer School, TNB, International Study & Training Partnership, Programmer, DAAD Medical, dan lainnya.


E. Alumni

Tidak cuma yang sedang menjalani beasiswa DAAD tapi juga bagi para alumninya masih bisa mendapatkan program beasiswa yang berupa Re-Invitation, Specialist Literature Suport Program, Alumni Events, dan lainnya.


Syarat dan Ketentuan Dasar

Untuk beasiswa yang ditawarkan DAAD, syarat dan ketentuan dasar tidak jauh dari lainnya atau secara umum. Seperti tidak boleh diikuti bagi yang sedang berkuliah di Jerman, golongan tertentu (sudah ditetapkan pihak DAAD) tidak boleh mengikuti, memahami bahwa setiap program difokuskan pada sasaran beasiswa yang berbeda, memiliki prestasi akademik dan non-akademik, dan lainnya. Sementara langkah-langkah yang harus Anda lakukan sebagai berikut:

  • Memilih program yang paling cocok dan sesuai dengan Anda.
Tidak sedikit peserta beasiswa gagal karena mengambil program tidak sesuai dengan pendidikan yang sebelumnya ditempuh atau bidang pekerjaan. Coba pilih program yang memang sesuai dengan pendidikan terakhir yang ditempuh  dan bidang pekerjaan.

  • Kirim dokumen lengkap dan rangkap.
Untuk mengikuti beasiswa DAAD Anda juga wajib memeriksa kembali dokumen yang harus dikirim seperti dokumen universitas di mana Anda sebelumnya menempuh pendidikan. Anda dapat menambahkan dokumen yang mendukung seperti sertifikat IELTS/TOEFL.

  • Memahami betul program beasiswa dari DAAD.

Anda juga lebih baik mempelajari program beasiswa dari DAAD secara lengkap karena nantinya bila Anda lolos, Anda akan diwawancarai langsung oleh universitas terkait, ditanyakan tentang banyak hal termasuk mengenai program beasiswa. Biasanya pihak universitas terkait (pada sesi wawancara) juga akan bertanya tentang apa saja yang Anda khawatirkan seperti kendala-kendala yang nantinya dapat terjadi. Beasiswa DAAD masing-masing memiliki waktu pendaftaran yang dapat Anda lihat di website resminya.


Semoga informasi yang sudah admin berikan bisa bermanfaat jangan lupa untuk terus update informasi seputar beasiswa lainnya apabila terdapat pertanyaan mengenai Beasiswa langsung bisa berkomentar, jangan lupa untuk terus update semua ketentuan pendaftaran lainnya, untuk proses pendaftaran Beasiswa DAAD dilaksanakan melalui situs http://www.daadjkt.org/index.php?scholarships kemudian ikuti sampai dengan selesai.

Anda akan diminta untuk mengisi semua form aplikasi pendaftaran Beasiswa khususnya untuk beasiswa yang dibuka hanya beasiswa yang dibuka saja bisa diikuti sementara untuk yang belum, tidak bisa dibuka, untuk beberapa informasi tambahan lainnya dapat ditemukan melalui situs resmu tersebut semoga informasi mengenai Beasiswa DAAD bisa bermanfaat selamat mencoba.