Beasiswa Chevening 2017/2018

Chevening.tal.net - Beasiswa Inggris 2017/2018 simak Beasiswa Chevening 2017/2018 Impian Kuliah Di Inggris Menjadi Kenyataan Dengan Beasiswa Chevening Setelah menjalani masa studi selama kurang lebih empat tahun di perguruan tinggi, banyak orang yang justeru tidak kapok dengan kuliah, namun banyak ynag memiliki keinginan untuk dapat melanjutkan kuliah ke jenjang master yaitu menempuh kuliah S-2. 

Wah, dapat melanjutkan kuliah ke janjang S-2 atau master pastilan menjadi dambaan banyak mahasiswa dan sarjana yang sudah lulus dari bangku kuliah. Ada yang ingin melanjutkan S-2 di Indonesia yaitu di universitas-univeritas negeri maupun swasta, namun ada pula yang ingin melanjutkan S-2 di luar negeri. Dapat melanjutkan s-2 di luar negeri saat ini bukan lagi menjadi sekedar angan bagi generasi muda Indonesia, karena saat ini banyak easiswa yang dapat diakses oleh para mahasiswa maupun sarjana yang ingin kuliah di luar negeri. 

Beasiswa Chevening 2017/2018

Salah satu negara yang banyak menjadi tujuan utama untuk melanjutkan studi adalah Inggris. Inggris memang terkenal sebagai salah satu negara dengan kualitas pendidikan yang sangat bagus dan maju, terbukti dengan banyaknya universitas terkemuka di Inggris. Untuk Anda yang tertarik untuk bisa melanjutkan kuliah master di Inggris, Anda tak perlu khawatir apalagi soal biaya kuliah, karena ada banyak beasiswa yang diperuntukkan untuk melanjutkan kuliah master di Inggris, salah satunya adalah yang beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Inggris. Beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Inggris untuk kuliah master adalah beasiswa Chevening. Kira-kira apa ya yang dimaksud dengan beasiswa ini? Yuk simak informasinya.


Motivasi Untuk Kuliah Lagi

Ada banyak orang yang setelah menjalani kuliah selama kurang lebih empat tahun sangat ingin untuk melanjutkan studinya ke jenjang master atau S-2 dan tidak merasa lelah dengan pengalamannya kuliah di S-1. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang memiliki keinginan yang kuat untuk ingin mencari ilmu lagi dan melanjutkan kuliah master, seperti :

1. Haus akan ilmu

Dapat lulus dari jenjang S-1 bagi sebagian orang belumlah cukup. keinginan untuk terus dan terus mencari ilmu hingga ke jenjang master menjadi salah satu faktor pendorong banyak orang termotivasi untuk melanjutkan sekolah ke jenjang S-2. Ada beberapa orang yang bahkan mengambil konsentrasi ilmu yang sama, semata-mata untuk mendalami ilmu yang pernah diperolehnya ketika S-1. 

Hal ini bukanlah sesuatu yang aneh, karena ada banyak ilmu di S-1 yang belum tersampaikan secara lengkap, dan dapat diperoleh dengan lengkap ketika telah menyelesaikan jenjang S-2. Namun, ada pula beberapa orang yang memutuskan untuk mengambil kompetensi ilmu yang berbeda ketika akan melanjutkan S-2. Hal ini bisa disebabkan karena orang tersebut ingin belajar hal baru dari ilmu yang pernah didapatkannya di jenjang S-1.

2. Ingin berkontribusi dalam pembangunan bangsa

Sudah banyak tercatat nama-nama generasi Indonesia yang merupakan lulusan dari luar negeri. Sebut saja Baharrudin Jusuf Habibie atau yang lebih dikenal dengan nama B.J. Habibie. B.J. Habibie adalah salah satu orang Indonesia lulusan luar negeri yang memiliki tingkat keilmuan yang sangat tinggi khususnya dalam bidang teknologi pesawat terbang. Kemampuan dan kejeniusan B.J. Habibie ini tak dipendamnya sendiri, namun beliau mampu mengangkat nama Indonesia ke kancah internasional dalam bidang kedirgantaraan. 

Tak berhenti disitu, Habibie bahkan mengabdi pada negara dengan membuat pesawat pertama buatan anak Indonesia yang diberi nama Gatotkaca. Bahkan beliau sempat menjadi Presiden RI ketiga menggantikan Presiden Soeharto. Hal ini membuktikan bahwa, banyak generasi Indonesia yang walaupun mencari ilmu di negara lain tapi tak pernah lupa dengan tanah airnya. Hal ini yang banyak memotivasi orang Indonesia untuk bisa melanjutkan sekolah ke luar negeri kemudian dapat pulang membawa ilmu dan dapat membangun Indonesia.


Tentang Beasiswa Chevening

Sebenernya apa yang dimaksud dengan beasiswa chevening? Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya tentang beasiswa ini. Beasiswa ini adalah beasiswa dari pemerintah Inggris yang ditujukan untuk Indonesia. Malalui beasiswa ini, pemerintah Inggris mengawarkan biaya kuliah sebesar 18.000 poundsterling atau Rp 300 juta rupiah. Dana beasiswa yang besar tersebut mencakup banyak fasilitas bagi mahasiswa, yaitu biaya hidup, pengajuan visa, tiket pesawat, biaya tesis, uang saku selama kuliah di Inggris, dan dana yang diperuntukkan untuk acara-acara seputar beasiswa chevening di Inggris. Wah, sangat menarik ya.


Syarat Beasiswa Chevening

Jika Anda tertarik untuk mendaftar beasiswa ini, maka ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Kira-kira apa saja yang persyaratannya? Yuk simak informasinya berikut ini.
  1. Pendaftar adalah warga negara Indonesia.
  2. Anda wajib memiliki ijazah S-1 untuk dapat mendaftar beasiswa ini.
  3. Anda harus memiliki pengalaman kerja minimal selama dua tahun dengan jumlah jam kerja selama 2.800 jam. Ada beberapa kriteria yang masuk dalam pengalaman kerja, antara lain : Pengalaman kerja yang dapat masuk dalam kualifikasi ini merupakan pengalaman kerja di perkantoran maupun perusahaan selama dua tahun.
  4. Pengalaman kerja seperti menjadi volunteer / relawan dalam suatu organisasi maupun komunitas dapat masuk dalam kualifikasi pengalaman kerja.
  5. Jika Anda pernah magang ketika S-1, maka dapat dimasukkan pula dalam kualifikasi pengalaman kerja.
  6. Pendaftar harus memperoleh surat referensi dari lembaga atau orang yang mengerti kompetensi Anda. isi surat harus dapat meyakinkan panitia seleksi dalam beasiswa Chevening ini bahwa Anda layak dan memenuhi kriteria sebagai penerima beasiswa.
  7. Terbuka untuk seluruh program studi dengan memilih tiga program studi S-2.
  8. Memiliki Letter Of Acceptance atau LoA dari program yang Anda pilih.
  9. Sudah melakukan tes Academic IELTS dengan skor minimal 6,5 dan 5,5 untuk masing-masing subtes, Person PTE Academic, TOEFL iBT, Cambridge English Advanced (CEA) atau Trinity ISE II (B2).
  10. Anda dapat mengundung formulir pada https://chevening.tal.net/vx/appcentre-1/brand-0/candidate/so/pm/1/pl/1/opp/846-Indonesia-Chevening-Scholarship/en-GB

Penutup

Untuk bisa mengikuti beasiswa Chevening peserta wajib menguasai bahasa inggris aktif, jadi pastikan hasil skor tes bahasa inggris anda mencapai minimal yang ditetapkan, mengingat beasiswa ini merupakan salah satu beasiswa internasional terbaik yang bisa diikuti oleh semua pelajar dari Indonesia, menjadi peluang besar bagi mereka yang menginginkan beasiswa ini. Selain itu tidak hanya mahasiswa Indonesia saja tetapi mahasiswa di negera lain bisa ikut karena beasiswa ini terbuka untuk umum.

Dari beberapa informasi yang telah dijelaskan maka dapat disimpulkan bahwa Beasiswa Chevening dilaksanakan setiap tahun untuk bisa mendaftar pastikan anda memenuhi semua persyaratan yang sudah ditetapkan apabila terbukti tidak memenuhi syarat maka dipastikan anda tidak akan bisa mengikuti program beasiswa ini, semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda terutama yang sedang mencari beasiswa.
GET IT ON Google Play