Beasiswa Brunei Darussalam 2017/2018

Mofat.gov.bn - Beasiswa Brunei Darussalam 2017/2018 Peluang dan Persyaratan Beasiswa Brunei Darussalam Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Dengan menempuh pendidikan yang tinggi, maka kehidupan akan mulai berubah secara perlahan. Saat Anda menempuh pendidikan terdapat beasiswa yang ditujukan baik untuk menempuh Strata 1 maupun strata 2. 

Contohnya beasiswa Brunei Darussalam yang diminati oleh banyak orang. Beasiswa luar negeri memang sangat di cari-cari oleh sebagian besar orang. Selain kualitas pendidikan yang cukup baik, beasiswa luar negeri sangat menjanjikan sehingga diperlukan kiat-kiat khusus agar bisa mendapatkan beasiswa di Brunei Darussalam. Kiat-kiat tersebut diperlukan untuk melihat peluang mendapatkan beasiswa baik S1, S2, maupun S3.


Beasiswa Brunei Darussalam 2017/2018

Peluang Beasiswa Brunei Darussalam

Hampir setiap tahun, Brunei Darussalam menawarkan beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa Asing. Beasiswa ini biasanya diberikan kepada mahasiswa se-ASEAN, Commonwealth, OIC, serta keanggotaan yang lainnya. Beasiswa di Brunei juga memberikan peluang untuk menempuh pendidikan mulai dari Sarjana, Master, hingga Doktor. 

Universitas-universitas di Brunei Darussalam yang menerima dan menawarkan beasiswa yaitu University of Brunei Darussalam (UBD), Institut Teknologi Brunei (ITB), Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), hingga Politeknik Brunei (PB). Beasiswa yang diberikan biasanya disediakan oleh pemerintah Brunei Darussalam sehingga beasiswa tersebut hanya bisa diambil di negara tersebut.

Program Beasiswa Brunei Darussalam

Beasiswa ini ditujukan untuk semua jenjang sehingga banyak program beasiswa yang ditawarkan. Anda bisa mengajukan program beasiswa menggunakan bahasa Inggris yaitu Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students.  Selain itu, untuk Anda yang ingin mengambil jenjang pendidikan D3, Brunei Darussalam menyediakan beasiswa untuk Diploma di Ilmu Kesehatan yaitu di Politeknik Brunei. 

Untuk jenjang S1 serta S2, beasiswa Brunei yang dapat diambil di seluruh perguruan tinggi kecuali Politeknik Brunei. Batas waktu untuk menempuh pendidikan di Brunei yaitu 4 tahun untuk Strata 1, sedangkan untuk Strata 2 dapat diambil dengan batas waktu 2 tahun. Untuk program Strata 3 ditujukan untuk Universitas Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA) yang dapat ditempuh selama 3 Tahun.

Saat menjalankan beasiswa, mahasiswa yang telah terpilih akan terus dipantau prestasi-prestasi yang telah dicapai. Selain itu, perkembangan mahasiswa tersebut juga menentukan layak atau tidaknya pemberian beasiswa tersebut. Dalam sistem pemantauan yang dilakukan, mahasiswa wajib melaporkan nilai serta batas SKS yang sehingga mahasiswa tersebut layak untuk dipertahankan beasiswanya atau tidak.

Nilai Plus Beasiswa Brunei Darussalam

Beasiswa Brunei memiliki keuntungan atau nilai plus tersendiri bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan di luar negeri. Selain sistem pendidikan yang sudah bagus, Anda bisa menempuh pendidikan dengan mendapatkan sejumlah fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa penerima beasiswa dari pemerintah Brunei Darussalam. Lalu, apa sajakah fasilitas serta keuntungan beasiswa di Brunei Darussalamyang bisa didapatkan?
  • Gratis. Anda bisa menempuh pendidikan secara gratis atau bebas biaya kuliah selama masa studi di Brunei Darussalam. Pemberian beasiswa tersebut tentu disesuaikan dengan jenjang pendidikan serta program yang diberikan. Karena setiap jenjang telah memiliki program studi dan batas waktu masing-masing.
  • Tunjangan hidup per bulan sebesar BND 500. (1 BND = 9.400, total tunjangan yang diberikan senilai Rp 4.700.000,-)
  • Tiket Pesawat Pulang Pergi. Pemerintah Brunei juga memberikan tiket untuk pulang dan pergi satu kali selama masa studi. Tiket tersebut memiliki rute yang telah ditentukan oleh pemerintah Brunei Darussalam. Dalam tiket tersebut, pemerintah Brunei tidak akan menanggung biaya tambahan seperti airport tax, meals, taxi or bus yang digunakan ke lokasi Universitas yang ada di Brunei.
  • Tunjangan Pembelian Buku BND 600 atau setara dengan Rp 5.800.000,-
  • Uang makan per bulan BND 150 atau setara dengan Rp 1.400.000,-
  • Tunjangan untuk Kepulangan BND 250 atau setara dengan Rp 2.400.000,- untuk wilayah ASEAN, dan BND 500 atau setara dengan Rp 4.700.000,- untuk Non Asean.
  • Disediakan tempat tinggal
  • Biaya Asuransi Kesehatan selama masa Studi.

Persyaratan Permohonan Beasiswa Brunei Darussalam

Bagi Anda yang ingin mengajukan beasiswa, Anda bisa memperhatikan dan mempersiapkan persyaratan-persyaratan yang diberikan oleh pemerintah Brunei Darussalam berikut ini;
  1. Pemohon termasuk warga negara ASEAN, Commonwealth, OIC, dan negara lainnya yang memenuhi syarat.
  2. Pemohon berusia 18-25 Tahun untuk S1, kurang dari 35 tahun tepat sebelum bulan Juli untuk S2 dan S3
  3. Pemohon yang merupakan penduduk Brunei tidak diperkenankan mengikuti program beasiswa mahasiswa asing.

Dokumen-dokumen yang harus dilengkapi diantaranya;
  1. Formulir permohonan atau pendaftaran 3 rangkap yang bisa didapatkan di http://www.mofat.gov.bn/Pages/BDScholarship.aspx. 
  2. Fotokopi Ijazah yang disertai transkrip nilai yang telah dilegalisir sebanyak 3 rangkap
  3. Pasfoto terbaru 3 rangkap (ukuran standar paspor)
  4. Statement of Purpose 3 rangkap
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian sebanyak 3 rangkap
  6. Fotokopi akta kelahiran dan paspor yang telah dilegalisir 3 rangkap
  7. Dokumen yang tidak dalam bahasa inggris harus diterjemahkan secara resmi oleh notaris maupun pihak kampus sebelumnya.

Permohonan pengajuan beasiswa di Brunei tersebut harus dikirimkan ke Kedutaan Besar Brunei Darussalam yang ada di Jakarta. Selanjutnya beasiswa tersebut akan diteruskan ke Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam. Selain itu, Anda bisa langsung mengirimkan formulir pendaftaran tersebut ke Kementerian Luar Negeri.

Melalui Technical Assistance Division (Ministry of Foreign Affairs and Trade) yang ada di jalan Subok, Bandar Seri Begawan BD2710, Brunei Darussalam, Fax (673) 2230903, Email: Scholarship@mfa.gov.bn. Agar berkas beasiswa Brunei Darussalam terkirim dengan baik, Anda bisa mengirimkannya baik secara online maupun offline di Kementerian Luar Negeri Brunei Darussalam.