Beasiswa BRI 2017/2018

Bri.co.id - Beasiswa Bank BRI 2017/2018 Program BCN Beasiswa BRI untuk Mahasiswa 3T Pendidikan merupakan hak untuk seluruh rakyat. Tak ada pengecualian untuk mengeyam pendidikan. Belakangan beasiswa memang menjadi andalan untuk terus melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi. Sebenarnya ada beberapa jenis beasiswa. Salah satu beasiswa yang palings sering ditemui adalah beasiswa prestasi yang diperuntukan bagi mahasiswa aktif yang berprestasi di bidangnya. 

Beasiswa yang ditawarkan pun berasal dari berbagai pihak, salah satunya adalah beasiswa dari Bank di Indonesia. Bank Rakyat Indonesia atau lebih dikenal dengan sebutan Bank BRI merupakan salahs satu penyedia beasiswa di Indoensia. Program beasiswa BRI ini pun beragam. Bank BRI sendiri mengajukan program BCN (Beasiswa Nusantara Cerdas) dengan tiga kategori, yakni 3T (Terdepan, Terpencil, dan Terluar).

Beasiswa BRI 2017/2018


Beasiswa BCN dari Bank BRI

Jenis beasiswa yang ditawarkan oleh beasiswa BRI merupakan beasiswa penuh. Biaya ditanggung mencakup biaya pendidikan penuh selama 8 semester (4 tahun), biaya perlengkapan kuliah, dan juga biaya pengembangan diri. Yang menariknya lagi, bagi para penerima beasiswa dari Bank BRI ini tidak dibebani dengan masa bakti dari Bank BRI. Dengan demikian, para penerima beasiswa diberikan kebebasan untuk memilih karir setelah pendidikan. 

Begitu pun sebaliknya, jika menginnginkan menjadi bagian dari Bank BRI maka para penerima beasiswa harus memenuhi persyaratan yang berlaku sama halnya dengan calon pendaftar non-beasiswa dari BRI. Untuk menjangkau seluruh tingkatan pendidikan, Bank BRI bekerja sama dengan beberapa universitas terkemuka di Indonesia. Jadi, para calon penerima beasiswa bisa memilih dan tidak akan khawatir untuk pilihan yang dimiliki tidak terdaftar dalam beasiswa BRI.

 Biasanya beasiswa ini diberikan saat setelah calon penerima beasiswa telah memasuki masa perkuliahan. Tidak heran jika pengumuman yang diberikan biasanya tercantum dalam website-website resmi dari masing-masing perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan Bank BRI. Sama halnya dengan beasiswa untuk mahaiswa aktif, beasiswa ini berlaku untuk seluruh mahasiswa dari seluruh jurusan.

Persyaratan Beasiswa BCN dari Bank BRI

Lalu, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengkuti beasiswa BRI? Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dimiliki oleh calon penerima beasiswa:
  • Calon penerima beasiswa merupakan mahasiswa aktif S1 dari berbagai  jurusan
  • Mengunggah dan mengisi fomulir pendaftaran secara lengkap
  • Calon penerima beasiswa harus memiliki nilai rata-rata UN minimal 8.00
  • Calon penerima beasiswa harus memiliki nilai Indeks Prestasi Kumulatif sebesar minimal 3.00 dari 4.00
  • Mengumpulkan beberapa fotocopy identitas, seperti : KTM (Kartu Tanda Mahasiwa), KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK (Kartu Keluarga), Ijazah, Nilai UN
  • Calon penerima beasiswa juga harus mengumpulkan beberapa berkas utama, diantaranya: fotocopy SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari Kelurahan masing-masing atau lembar penghasilan Orangtua dan menyertakan foto diri dengan latar belakngan rumah, tempat tidur, ruang tamu, dan dapur sebanyak 4 lembar
  • Jika calon penerima beasiswa memiliki prestasi yang diakui, maka sertakan fotocopy sertifikat-sertifikat prestasi sebagai nilai tambah

Universitas-Universitas untuk Pernerima Beasiswa BRI

Untuk universitas yang menjalin kerja sama bersama Bank BRI sebagai program BCN di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan masih banyak lainnya. Namun, cakupan universitas untuk beasiswa BRI baru di daerah pulau Jawa. Sehingga bagi Anda yang tertarik dengan beasiswa ini, maka Anda diharuskan aktif sebagai mahasiswa di salah satu universitas di pulau Jawa.

Namun, kemungkinan untuk semakin berkembang ke daerah lain pun sangat memungkin. Jika beasiswa BRI telah terpenuhi, maka besar kemungkinan penyeberan beasiswa ini akan merata hingga ke seluruh Indonesia. Seperti nama programnya, maka penerima calon beasiswa harus memiliki kriteria termasuk ke dalam daerah 3T. Untuk itu, beasiswa ini diasumsikan sangat membantu penerus bangsa untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan lebih layak.

Tidak seperti beasiswa lainnya yang kebanyakan di antaranya harus mengikat kegiatan dan masa pengabdian kepada pemberi beasiswa. Beasiswa BRI ini membebaskan para penerima beasiswa untuk melanjutkan bidang yang diinginkan sesuai dengan minat masing-masing. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jika penerima beasiswa ingin bergabung dengan PT Bank Rakyat Indonesia, maka penerima beasiswa diharuskan mengikuti seleksi sesuai dengan kriteria yang diberikan secara umum.

Sedangkan untuk periode beasiswa BRI 2017/2018 tengah berlangsung. Biasanya pemberitahuan mengenai beasiswa ini berlangsung pada sekitar akhir tahun. Seperti periode sebelumnya yang sedang berlangsung, beasiswa ini membuka pendaftaran pada sekitar akhir bulan pada thaun 2016. Jadi, kemungkinan untuk periode berikutnya yakni periode 2017/2018 akan diprediksi dibuka pada sekitar bulan di akhir tahun, Agustus-Desember. 

Namun, beberapa perubahan memungkinkan untuk beberapa kondisi tertentu. Biasa jadi periode berikutnya baru akan dibuka sekitar awal tahun 2018. Untuk itu, sangat penting untuk terus mengikuti perkembangan informasi beasiswa dari Bank BRI. Anda bisa memantau dari website resmi pada universitas masing-masing. Sebagai pilihan lainnya, Anda juga bisa mendapatkan informasi resminya dari website resmi Bank BRI yang biasanya akan memberikan informasi yang lebih akurat tentang beasiswa yang ditawarkan. 

Untuk jangka waktu, setiap universitas memiliki kebijakan masing-masing. Jadi, bisa saja penerimaan beasiswa dari Bank BRI dari universitas Anda lebih dulu dimulai dari universitas lainnya. Beberapa kondisi dan kemungkinan sangat mungkin terjadi. Untuk lebih pastinya bisa melihat beberapa informasi terkait di website Bank BRI.